Rabu, 18/09/2024 22:00 WIB

Pekerja Boeing Mogok Kerja, Utang Menumpuk dan Saham Anjlok Dua Persen

Pekerja Boeing Mogok Kerja, Utang Menumpuk dan Saham Anjlok Dua Persen

Pekerja pabrik Boeing menunggu pemungutan suara untuk kontrak penuh pertama mereka dalam 16 tahun, di Renton, Washington, AS, 12 September 2024. REUTERS

SEATTLE - Pekerja pabrik Boeing (BA.N), di Pantai Barat AS mogok kerja pada hari Jumat setelah menolak kesepakatan kontrak. Hal itu menghentikan produksi pesawat terlaris milik pembuat pesawat itu dan membuat saham anjlok lebih dari dua persen.

Mogok kerja pertama sejak 2008 terjadi saat produsen pesawat itu berada di bawah pengawasan ketat dari regulator dan pelanggan AS setelah panel pintu pesawat 737 MAX meledak di udara pada bulan Januari.

Krisis yang meningkat menghantam saham Boeing dan memicu pergolakan kepemimpinan. Sahamnya turun 2,1% dalam sesi perdagangan pagi. Sahamnya telah turun hampir 38% sepanjang tahun ini, kehilangan nilai pasar sebesar $58 miliar.

Saham Spirit Aerosystems (SPR.N), pemasok yang dibeli Boeing, turun 0,6%.

CEO baru Kelly Ortberg diangkat beberapa minggu lalu untuk memulihkan kepercayaan pada produsen pesawat itu dan mengusulkan kesepakatan termasuk kenaikan gaji sebesar 25% selama empat tahun, jauh lebih rendah dari 40% yang diminta pekerja.

Sekitar 30.000 anggota International Association of Machinists and Aerospace Workers (IAM) yang memproduksi pesawat 737 MAX terlaris Boeing dan jet lainnya di wilayah Seattle dan Portland memberikan suara untuk kontrak penuh pertama mereka dalam 16 tahun, dengan 94,6% menolaknya dan 96% mendukung pemogokan dalam pemungutan suara dua bagian.

"Ini tentang memperjuangkan masa depan kita," kata Jon Holden, yang memimpin negosiasi untuk serikat pekerja terbesar Boeing, sebelum mengumumkan hasil pemungutan suara pada Kamis malam.

Serikat pekerja akan kembali ke meja perundingan secepat mungkin, kata Holden kepada wartawan, tanpa mengatakan berapa lama menurutnya pemogokan akan berlangsung atau kapan pembicaraan akan dilanjutkan.

Boeing mengatakan siap untuk kembali ke meja perundingan, sebuah tanda bahwa hal itu dapat mempermanis kesepakatan.

"Pesannya jelas bahwa kesepakatan sementara yang kami capai dengan pimpinan IAM tidak dapat diterima oleh para anggota. Kami tetap berkomitmen untuk mengatur ulang hubungan kami dengan karyawan dan serikat pekerja," kata pembuat pesawat itu dalam sebuah pernyataan.

Boeing mengatakan telah menawarkan kepada para pekerja segala yang dapat dan perlu ditawarkan untuk merencanakan investasi yang dibutuhkan guna mengganti model lorong tunggal terlarisnya sambil menenangkan para pekerja yang mogok.

Pemogokan yang panjang dapat berdampak buruk pada keuangan Boeing, yang sudah terpuruk karena tumpukan utang sebesar $60 miliar. Untuk menutupi jatuh tempo utang, Boeing perlu menghasilkan arus kas yang cukup.

Bank of America mengatakan Boeing kemungkinan harus bergerak lebih dekat ke proposal upah awal IAM.

Kesepakatan yang diusulkan mencakup bonus penandatanganan sebesar $3.000 dan janji untuk membangun jet komersial Boeing berikutnya di wilayah Seattle, asalkan program tersebut diluncurkan dalam jangka waktu kontrak.

Data dari firma riset ekuitas Melius Research menunjukkan median kompensasi karyawan untuk perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan yang dipantaunya tumbuh 12% antara tahun 2018 dan 2023. Kompensasi turun 6% untuk Boeing dan 19% untuk Spirit Aerosystems.

Meskipun pimpinan IAM merekomendasikan Minggu lalu agar anggotanya menerima kontrak, banyak pekerja menanggapi dengan marah, dengan mempertahankan tuntutan awal dan bonus tahunan.

MOGOK!
Pekerja telah berunjuk rasa sepanjang minggu di pabrik-pabrik Boeing di wilayah Seattle yang merakit jet Boeing MAX, 777 dan 767.

Pada hari Jumat, anggota di aula serikat pekerja bersorak dan meneriakkan "Mogok! Mogok! Mogok!" dan tak lama setelah tengah malam, pekerja yang mogok mulai berkumpul di luar pabrik-pabrik Boeing di wilayah Seattle. Banyak yang melambaikan plakat bertuliskan: `Mogok Melawan Boeing`, dan para pengemudi membunyikan klakson sebagai bentuk dukungan.

"Saya bersedia mogok selama dua bulan atau bahkan lebih lama. "Mari kita berjuang selama yang diperlukan untuk mendapatkan apa yang pantas kita dapatkan," kata James Mann, pria berusia 26 tahun yang bekerja di divisi sayap pesawat.

Pemerintah Biden telah berkomunikasi dengan kedua belah pihak, kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean Pierre pada hari Kamis. "Kami akan mendorong kedua belah pihak untuk bernegosiasi dengan cara itu, dengan itikad baik dan mencapai kontrak yang kuat," katanya.

Pemogokan yang berkepanjangan akan membebani maskapai penerbangan yang bergantung pada jet Boeing dan pemasok yang memproduksi suku cadang dan komponen.

JPMorgan mengatakan Boeing dapat menyesuaikan kecepatan pengambilan materialnya. "Minimal, pemogokan yang berkepanjangan dapat memengaruhi ekspektasi pertumbuhan pemasok," kata analis Seth M. Seifman.

Pemogokan pekerja Boeing terakhir pada tahun 2008 menutup pabrik selama hampir dua bulan dan memukul pendapatan sekitar $100 juta per hari. Menurut TD Cowen, pemogokan selama 50 hari dapat merugikan arus kas Boeing sebesar $3 miliar hingga $3,5 miliar.

CFM, pemasok mesin tunggal untuk 737 MAX, mengatakan tidak ada dampak langsung pada operasinya.

Southwest Airlines (LUV.N), mengatakan tetap berkomunikasi erat dengan Boeing, menambahkan awal tahun ini telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi potensi gangguan pengiriman. Cathay Pacific (0293.HK), dan flydubai mengatakan mereka telah menghubungi Boeing. Seorang juru bicara flydubai mengatakan maskapai itu berharap Boeing segera menyelesaikan masalah tersebut.

S&P Global Ratings mengatakan bahwa pemogokan yang diperpanjang dapat merusak peringkat keseluruhannya. Baik S&P maupun Moody`s menilai Boeing satu tingkat di atas status sampah.

KEYWORD :

Mogok Pekerja Boeing MAX Produksi Terhenti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :