Kamis, 19/09/2024 05:53 WIB

Jika Ukraina Diizinkan Gunakan Rudal Jarak Jauh, Rusia Bisa Serang Aset Militer Inggris

Jika Ukraina Diizinkan Gunakan Rudal Jarak Jauh, Rusia Bisa Serang Aset Militer Inggris

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Valery Zorkin di Saint Petersburg, Rusia 12 September 2024. Sputnik via REUTERS

LONDON - Pilihan Vladimir Putin untuk membalas jika Barat membiarkan Ukraina menggunakan rudal jarak jauhnya untuk menyerang Rusia dapat mencakup menyerang aset militer Inggris di dekat Rusia atau, dalam keadaan darurat, melakukan uji coba nuklir untuk menunjukkan niat, kata tiga analis.

Saat ketegangan Timur-Barat atas Ukraina memasuki fase baru dan berbahaya, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan Presiden AS Joe Biden mengadakan pembicaraan di Washington pada hari Jumat mengenai apakah akan mengizinkan Kyiv menggunakan rudal jarak jauh ATACMS AS atau rudal Storm Shadow Inggris terhadap target di Rusia.

Presiden Putin, dalam peringatannya yang paling jelas, mengatakan pada hari Kamis bahwa Barat akan langsung melawan Rusia jika Rusia melanjutkan tindakan tersebut, yang menurutnya akan mengubah sifat konflik.

Dia menjanjikan tanggapan yang "tepat" tetapi tidak mengatakan apa yang akan terjadi. Namun, pada bulan Juni, dia berbicara tentang pilihan untuk mempersenjatai musuh-musuh Barat dengan senjata Rusia untuk menyerang target-target Barat di luar negeri, dan untuk menyebarkan rudal konvensional dalam jarak serang Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa.

Ulrich Kuehn, seorang ahli senjata di Institut Penelitian Perdamaian dan Kebijakan Keamanan di Hamburg, mengatakan dia tidak mengesampingkan kemungkinan Putin memilih untuk mengirim semacam pesan nuklir - misalnya menguji senjata nuklir dalam upaya untuk menakut-nakuti Barat. "Ini akan menjadi eskalasi konflik yang dramatis," katanya dalam sebuah wawancara.

"Karena intinya adalah, panah macam apa yang tersisa untuk ditembakkan oleh Putin jika Barat masih terus melakukannya, selain dari penggunaan nuklir yang sebenarnya?"

Rusia belum melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1990, setahun sebelum jatuhnya Uni Soviet, dan ledakan nuklir akan menandai dimulainya era yang lebih berbahaya, kata Kuehn, sambil memperingatkan bahwa Putin mungkin merasa ia dipandang lemah dalam tanggapannya terhadap peningkatan dukungan NATO untuk Ukraina.

"Uji coba nuklir akan menjadi hal baru. Saya tidak akan mengesampingkannya, dan itu akan sejalan dengan Rusia yang menghancurkan sejumlah pengaturan keamanan internasional yang telah disetujuinya selama beberapa dekade selama beberapa tahun terakhir," katanya.

Gerhard Mangott, seorang spesialis keamanan di Universitas Innsbruck di Austria, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia juga berpikir mungkin saja, meskipun menurutnya tidak mungkin, bahwa tanggapan Rusia dapat mencakup beberapa bentuk sinyal nuklir.

"Rusia dapat melakukan uji coba nuklir. Mereka telah melakukan semua persiapan yang dibutuhkan. Mereka dapat meledakkan senjata nuklir taktis di suatu tempat di bagian timur negara itu hanya untuk menunjukkan bahwa (mereka) bersungguh-sungguh ketika mengatakan bahwa kita akhirnya akan menggunakan senjata nuklir."

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat bahwa NATO akan "menjadi pihak langsung dalam permusuhan terhadap negara berkekuatan nuklir," jika negara itu mengizinkan Ukraina menggunakan senjata jarak jauh terhadap Rusia.

"Anda tidak boleh melupakan hal ini dan memikirkan konsekuensinya," katanya. Rusia, negara berkekuatan nuklir terbesar di dunia, juga sedang dalam proses merevisi doktrin nuklirnya - keadaan di mana Moskow akan menggunakan senjata nuklir.

Putin ditekan oleh seorang politikus garis keras yang berpengaruh untuk membuatnya lebih fleksibel guna membuka pintu untuk melakukan serangan nuklir terbatas terhadap negara NATO.

BALASAN INGGRIS
Dalam kasus Inggris, Moskow kemungkinan akan menyatakan bahwa London telah beralih dari perang proksi hibrida dengan Rusia menjadi agresi bersenjata langsung jika mengizinkan Kyiv menembakkan rudal Storm Shadow ke Rusia, kata mantan penasihat Kremlin Sergei Markov di platform media sosial Telegram pada hari Jumat.

Rusia kemungkinan akan menutup kedutaan Inggris di Moskow dan kedutaannya sendiri di London, menyerang pesawat nirawak dan pesawat tempur Inggris yang dekat dengan Rusia, misalnya di atas Laut Hitam, dan mungkin menembakkan rudal ke pesawat tempur F-16 yang membawa Storm Shadow di pangkalan mereka di Rumania dan Polandia, prediksi Markov.

Putin telah mencoba dan gagal untuk menarik garis merah bagi Barat sebelumnya, yang mendorong Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy - yang mendesak Barat untuk tidak terlalu berhati-hati dalam menghadapi Moskow - untuk mengabaikan pentingnya garis merah tersebut.

Namun, peringatan terbaru Putin tentang rudal jarak jauh dipandang di dalam dan luar Rusia sebagai sesuatu yang harus ditindaklanjutinya jika London atau Washington mengizinkan rudal mereka digunakan untuk melawan Rusia. Mangott dari Universitas Innsbruck mengatakan cara peringatan Putin ditayangkan berulang kali di televisi pemerintah Rusia menciptakan harapan bahwa ia harus menepatinya.

Dmitry Peskov, Juru bicara tin, mengatakan dalam jumpa pers pada hari Jumat bahwa pesan Putin "sangat jelas dan tidak ambigu." Markov, mantan penasihat Kremlin, mengatakan "Rusia telah memutuskan untuk menghentikan" strategi "merebus katak di atas api kecil," mengacu pada peningkatan bertahap bantuan Barat ke Ukraina yang bertujuan untuk tidak memancing respons tajam Rusia.

"Langkah yang direncanakan Barat selanjutnya, merupakan langkah kecil, tetapi melewati batas merah yang sebenarnya harus kami tanggapi. Kami akan menganggap bahwa Anda berperang dengan kami."

Sergei Mironov, pemimpin partai politik pro-Kremlin, mengatakan dalam pernyataan pers pada hari Jumat: "Momen kebenaran telah tiba bagi Barat, apakah mereka menginginkan perang skala penuh dengan Rusia."

Eskalasi Ukraina Selain ancaman senjata nuklir atau serangan terhadap aset Inggris, respons yang lebih dapat diprediksi mungkin termasuk Rusia meningkatkan serangan terhadap infrastruktur sipil Ukraina, kata Kuehn.

Mangott memperkirakan Kyiv akan menanggung beban respons militer Rusia jika Barat memberinya lampu hijau yang diminta, dan ia tidak memperkirakan serangan militer Rusia di wilayah NATO.

Pilihan lain adalah Rusia meningkatkan tindakan "hibrida" seperti sabotase di Eropa atau campur tangan dalam kampanye pemilihan AS, kata Kuehn.

Mangott mengatakan bahaya bagi Barat adalah mereka tidak tahu di mana garis merah Putin sebenarnya.
"Membiarkan Ukraina menggunakan persenjataan Barat, dibantu dengan citra satelit Barat (dan) penasihat militer Barat adalah sesuatu yang sangat mengganggu kepentingan vital Rusia," katanya.

"Jadi saya pikir (orang-orang) itu salah jika mengatakan `Yah tidak akan terjadi apa-apa, mari kita lakukan saja.`"

KEYWORD :

Putin Rusia Ancaman Barat Siapkan Rudal Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :