Kamis, 19/09/2024 06:00 WIB

Produksi Terancam karena Pemogokan Pekerja, Boeing dan Negosiator segera Berunding

Produksi Terancam karena Pemogokan Pekerja, Boeing dan Negosiator segera Berunding

Pekerja pabrik Boeing berkumpul di garis piket selama hari pertama pemogokan di dekat pintu masuk fasilitas produksi di Renton, Washington, AS, 13 September 2024. REUTERS

SEATTLE - Boeing (BA.N), dan negosiator serikat pekerja akan kembali ke meja perundingan awal minggu depan, kata mediator federal AS pada hari Jumat, saat kedua belah pihak mencoba mengakhiri pemogokan yang mengancam perubahan haluan pembuat pesawat terbang tersebut.

Layanan Mediasi & Konsiliasi Federal AS pada Jumat malam mengatakan bahwa pihaknya akan mempertemukan para pihak dengan mediator federal setelah berbicara dengan kedua belah pihak, kurang dari sehari setelah anggota serikat pekerja memberikan suara mayoritas besar untuk menolak tawaran kontrak Boeing dan melakukan pemogokan.

"Para pihak akan melanjutkan pertemuan awal minggu depan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Lebih dari 30.000 anggota Asosiasi Pekerja Mesin dan Dirgantara Internasional (IAM) yang memproduksi 737 MAX terlaris Boeing dan jet lainnya di wilayah Seattle dan Portland memberikan suara untuk kontrak penuh pertama mereka dalam 16 tahun, dengan 94,6% menolak tawaran Boeing dan 96% mendukung pemogokan. Para pekerja bersumpah untuk memperjuangkan tawaran gaji yang lebih baik daripada yang telah dibuat perusahaan.

Tak lama setelah tengah malam di Pantai Barat, para pekerja yang mogok mulai berkumpul di luar pabrik Boeing di wilayah Seattle. Kepala Keuangan Brian West mengatakan Boeing ingin kembali ke meja perundingan, dengan mengatakan aksi mogok akan mempersulit pembuat pesawat itu untuk memenuhi target produksi jet 737 MAX dan menstabilkan rantai pasokannya. Serikat pekerja juga ingin kembali ke meja perundingan secepat mungkin.

"Ini tentang memperjuangkan masa depan kita," kata Jon Holden, yang memimpin negosiasi untuk serikat pekerja terbesar Boeing sebelum mengumumkan hasil pemungutan suara pemogokan pada hari Kamis.

Boeing menolak mengomentari pernyataan mediator dan serikat pekerja tidak segera bersedia memberikan komentar.

Pekerja telah berunjuk rasa sepanjang minggu di pabrik-pabrik Boeing di wilayah Seattle yang merakit jet Boeing MAX, 777 dan 767. Pada Jumat malam, anggota di aula serikat pekerja bersorak dan meneriakkan "Mogok! Mogok! Mogok!"

Saham Boeing turun 3,7% pada hari Jumat. Saham itu telah jatuh hampir 40% sepanjang tahun ini, memangkas nilai pasar perusahaan sekitar $58 miliar. Obligasi korporasi Boeing juga kehilangan nilai, dengan selisih antara imbal hasil obligasi dan obligasi pemerintah AS yang sebanding melebar tajam.

Pemogokan yang berlangsung lama dapat semakin merusak keuangan Boeing, yang sudah terpuruk karena tumpukan utang sebesar $60 miliar. Pembuat pesawat itu perlu menghasilkan arus kas yang cukup untuk memenuhi pembayaran utang. Pemogokan juga akan membebani maskapai penerbangan yang menerbangkan jet Boeing dan pemasok yang memproduksi suku cadang.

Moody`s meninjau peringkat pembuat pesawat itu, sementara Fitch mengatakan pemogokan yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko penurunan peringkat. Pada hari Kamis, S&P Global Ratings mengatakan pemogokan yang berkepanjangan dapat merusak peringkat keseluruhan Boeing, yang satu tingkat di atas status sampah. Penurunan peringkat dapat meningkatkan biaya Boeing untuk menerbitkan utang.

Boeing mengatakan telah menawarkan kepada para pekerja segala yang dapat ditawarkan dan sekarang harus mencapai kesepakatan untuk mengakhiri pemogokan sambil merencanakan investasi yang diperlukan untuk mengganti model lorong tunggal terlarisnya.

CFO West mengatakan perusahaan akan "sangat fokus pada tindakan untuk menghemat uang tunai," menambahkan pemogokan akan "membahayakan pemulihan kami." CEO baru Kelly Ortberg didatangkan beberapa minggu lalu untuk memulihkan kepercayaan pada pembuat pesawat itu setelah panel pintu meledak di pesawat jet 737 MAX di udara Januari lalu.

Ia menawarkan kontrak yang mencakup kenaikan gaji sebesar 25% selama empat tahun, jauh lebih rendah dari 40% yang diminta pekerja. Para pemimpin serikat pekerja merekomendasikan persetujuan kontrak, tetapi anggota yang marah memilih untuk mogok dan memperjuangkan tuntutan awal kenaikan upah sebesar 40% dan bonus tahunan.

Pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja dari berbagai sektor dan perusahaan termasuk produsen mobil besar, layanan pengiriman UPS (UPS.N), dan banyak lagi baru-baru ini memenangkan kenaikan upah dua digit, memanfaatkan pasar tenaga kerja yang ketat dan menuntut gaji untuk melawan inflasi.

Bagan garis yang menunjukkan perubahan harga saham Boeing dan S&P500 dari Januari 2018 yang diberi anotasi dengan berbagai insiden keselamatan pesawat dan wahana antariksa Boeing. Grafik garis yang menunjukkan perubahan harga saham Boeing dan S&P500 sejak Januari 2018 yang diberi anotasi berbagai insiden keselamatan pesawat dan wahana antariksa Boeing.

Kesepakatan yang diusulkan mencakup bonus penandatanganan sebesar $3.000 dan janji untuk membangun jet komersial Boeing berikutnya di wilayah Seattle, asalkan program tersebut diluncurkan dalam jangka waktu kontrak.

Perusahaan riset ekuitas Melius Research menunjukkan kompensasi karyawan rata-rata untuk perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan yang dipantaunya tumbuh 12% antara tahun 2018 dan 2023. Kompensasi turun 6% untuk Boeing dan 19% untuk Spirit Aerosystems, pembuat struktur pesawat yang disetujui Boeing untuk diakuisisi.

`SELAMA YANG DIBUTUHKAN`
Pada Jumat pagi, kerumunan pekerja yang mogok mulai turun ke enam pintu masuk berbeda di fasilitas Boeing, membunyikan klakson dan mengangkat tangan ke luar jendela. Senyum penghargaan muncul saat donat tiba.

"Saya bersedia mogok selama dua bulan atau bahkan lebih lama. Mari kita lakukan selama yang diperlukan untuk mendapatkan apa yang pantas kita dapatkan," kata James Mann, seorang berusia 26 tahun yang bekerja di divisi sayap. Pemerintahan Presiden Joe Biden telah menghubungi kedua belah pihak, mendesak mereka "untuk bernegosiasi dengan itikad baik menuju kesepakatan yang memberikan karyawan manfaat yang layak mereka dapatkan dan membuat perusahaan lebih kuat," kata juru bicara Gedung Putih Robyn Patterson.

Salah satu pemasok Boeing mengatakan perusahaan dapat mengurangi kerugian dari pemogokan tersebut dengan menggunakan program negara bagian Washington untuk memberikan sejumlah kompensasi bagi pekerja yang jam kerjanya dipotong. JPMorgan mengatakan Boeing dapat menyesuaikan kecepatan pengambilan material. "Minimal, pemogokan yang berkepanjangan dapat memengaruhi ekspektasi pertumbuhan pemasok," kata analis Seth M. Seifman.

Pemogokan pekerja Boeing terakhir pada tahun 2008 menyebabkan pabrik ditutup selama hampir dua bulan dan berdampak pada pendapatan sekitar $100 juta per hari.

Menurut TD Cowen, pemogokan selama 50 hari dapat merugikan arus kas Boeing sebesar $3 miliar hingga $3,5 miliar. Pembuat pesawat itu memiliki lebih dari 4.700 pesanan untuk jet 737 MAX, dengan Southwest Airlines (LUV.N), United Airlines (UAL.O), dan Lion Air menjadi tiga pelanggan teratas yang mengantre untuk pengiriman, menurut penyedia data penerbangan Cirium.

Kepala Keuangan United Airlines Michael Leskinen mengatakan Boeing "berjalan jauh lebih baik", dengan tingkat pengiriman yang stabil. "Ada risiko pemogokan. Saya tidak akan berpendapat tentang itu. Itu pasti akan menjadi penghambat."

Southwest, Cathay Pacific (0293.HK), dan flydubai mengatakan mereka telah menghubungi Boeing.

KEYWORD :

Mogok Pekerja Boeing MAX Produksi Terhenti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :