Kamis, 19/09/2024 01:33 WIB

KPK Temukan Mobil Harun Masiku, Eks Penyidik: Ada Orang Kuat yang Melindungi

KPK diminta segera mengevaluasi kerjanya dan fokus menemukan Harun Masiku.

DPO KPK, Harun Masiku.

Jakarta, Jurnas.com - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo merespons soal temuan mobil milik buronan kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI, Harun Masiku oleh penyidik KPK.

Yudi menilai mobil yang ditinggalkan itu semakin menguatkan ada pihak-pihak yang melindungi Harun Masiku. Lembaga antikorupsi diminta segera mengevaluasi kerjanya dan fokus menemukan sosok tersebut.

“Bahwa dengan Harun Masiku meninggalkan mobilnya maka semakin terbuka petunjuk ada orang kuat melindungi Harun Masiku sehingga dia berani meninggalkan asetnya tersebut,” kata Yudi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Minggu, 15 September 2024.

KPK juga diminta segera menetapkan tersangka dugaan perintangan penyidikan atau obstruction of justice dalam kasus Harun Masiku. Terlebih KPK sudah memeriksa sejumlah saksi beberapa waktu lalu.

“Berani naikan surat perintah penyidikan sekaligus tetapkan tersangka,” tegasnya.

Menurutnya, Pimpinan KPK tak bisa menunda lagi upaya tersebut. Sebab, masa kepemimpinan mereka tinggal tiga bulan lagi hingga Desember mendatang.

“Jangan sampai meninggalkan PR buronan yang menjadi beban periode Pimpinan KPK berikutnya,” ungkap Yudi.

Diberitakan sebelumnya, Harun Masiku sekarang sudah menjadi buronan selama empat tahun atau sejak 2020. Pelarian ini dilakukannya setelah ditetapkan sebagai tersangka penyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan untuk menjabat sebagai anggota DPR RI lewat mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Adapun dalam kasus ini, komisi antirasuah minta Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mencegah lima orang ke luar negeri. Salah satunya adalah staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi.

KEYWORD :

KPK Harun Masiku PDIP Buronan Korupsi Suap PAW




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :