Kamis, 19/09/2024 10:53 WIB

Srawung Laden Sembodo Gambarkan Multitalenta Rivan Achmad

Beberapa yang menarik dari buku ini adalah cara Rivan mengombinasikan berbagai bakat dan minatnya.

Buku Srawung Laden Sembodo. Foto: dok. jurnas

JAKARTA, Jurnas.com - Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dikenal sebagai sosok serba bisa, multitalenta, dan juga penuh semangat. Ia dinilai selalu menjadi titik sentral atau epicentrum bagi berbagai aktivitas dan didnamika di sekitarnya.

Hal itu tergambar dalam buku berjudul menggunakan Bahasa Jawa, “Srawung Laden Semobodo,” atau Relationship, Services, Capable yang telah terbit sejak tahun 2023 lalu.

Buku bigrafi ini tidak hanya menceritakan perjalanan karier seorang pemimpin, tetapi juga mengungkapkan filosofi hidup bagi siapa saja yang ingin mengembangkan diri.

Dalam buku ini, Rivan digambarkan sebagai seseorang yang mampu memanfaatkan setiap aspek positif dalam dirinya untuk selalu bergerak maju dan berbuat, bahkan ketika dihadapkan pada tantangan dan hambatan yang sulit. Tidak hanya di dunia bisnis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa yang menarik dari buku ini adalah cara Rivan mengombinasikan berbagai bakat dan minatnya. Selain sebagai sosok pemimpin, dia juga dikenal memiliki suara merdu dan mampu memainkan alat musik dengan baik.

Rivan juga mampu menyusun kata-kata dengan padu, menghasilkan berbagai tulisan yang penuh makna. Selera humornya yang tinggi menjadikannya sosok yang mudah didekati oleh banyak kalangan.

Filosofi hidup yang dipegang teguh oleh Rivan, terutama yang berakar pada kearifan lokal Jawa, menjadi inti dari narasi buku ini. Falsafah srawung (relationship), laden (melayani), dan sembodo (berkomitmen sesuai takaran) menjadi fondasi keberhasilannya dalam menjalani kehidupan dan kariernya.

Sebagai seorang pemimpin, Rivan juga dikenal memiliki visi transformasi yang kuat. Dalam pandangannya, transformasi adalah bagian dari adaptasi terhadap perubahan yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan.

Ketika menjabat sebagai Direktur Utama Bank KB Bukopin, Rivan menghadapi berbagai tantangan besar, termasuk krisis ekonomi. Namun, dia berhasil melewatinya. Hal yang sama juga diterapkannya saat menjabat sebagai Direktur Utama Jasa Raharja. Rivan terus mendorong transformasi dan perubahan positif.

Buku ini tidak hanya menceritakan kisah sukses Rivan, tetapi juga memberikan panduan bagi pembaca tentang bagaimana menghadapi kehidupan dan tantangannya. Filosofi urip kuwi urup, yang berarti hidup harus menyala dan memberi makna, menjadi salah satu pesan kuat yang disampaikan dalam buku ini. Rivan percaya bahwa hidup bukan sekadar untuk dijalani, tetapi harus memberikan kontribusi positif bagi orang-orang di sekitar.

KEYWORD :

Srawung Laden Sembodo Rivan Achmad Jasa Raharja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :