Kamis, 19/09/2024 12:10 WIB

Kaesang Pangarep Soal Pakai Jet Pribadi ke AS: Nebeng Pesawat Teman

Hal itu disampaikan Kaesang seusai menyambangi Gedung ACLC KPK.

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep mendatangi ACLC KPK Jakarta.

Jakarta, Jurnas.com - Putra Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku jika pesawat jet pribadi yang digunakannya bersama sang istri, Erina Gudono ke Amerika Serikat adalah milik temannya.

Hal itu disampaikan Kaesang seusai menyambangi Gedung Anti-Corruption Learning Center Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK), Selasa 17 September 2024.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang. 

Kaesang tak menjelaskan lebih jauh mengenai temannya yang memiliki pesawat jet tersebut. Ia meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menjelaskan bahwa kehadirannya di Gedung ACLC merupakan inisiatif pribadi.

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri," katanya.

Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono menjadi sorotan publik karena menaiki pesawat jet pribadi saat perjalanan ke Amerika Serikat. 

Erina ketika itu mengunggah momen menaiki pesawat jet pribadi di akun media sosialnya. Dia juga mengunggah foto makan roti seharga Rp400 ribu dan stroller bayi diduga seharga puluhan juta rupiah.

Keduanya kemudian disoroti juga usai diduga membawa belanjaan mewah dari Amerika Serikat tanpa pemeriksaan Bea Cukai.

Dalam video yang beredar, keduanya turun dari jet Gulfstream N568SE langsung menuju ke mobil Toyota Alphard yang diparkirkan di apron pesawat.

Ketua KPK Nawawi Pomolango memastikan pihaknya akan mengundang Kaesang untuk mengklarifikasi soal dugaan penerimaan fasilitas jet pribadi.

Tak Hanya Kaesang, KPK juga akan meminta klarifikasi terhadap Wali Kota medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

“Iya pasti, cuma apakah harus dipanggil duluan atau belakangan itu bisa dilihat nanti,” ujar Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu 11 September 2024.

Nawawi menyerahkan sepenuhnya kepada tim dari Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) untuk memproses laporan dari masyarakat mengenai dugaan gratifikasi yang menyeret keluarga dari Jokowi tersebut.

“Sampai saat ini masih terus dilakukan penelaahan,” ucap pimpinan KPK berlatar belakang hakim tindak pidana korupsi (tipikor) ini.

KEYWORD :

KPK Kaesang Pangarep Pesawat Jet Pribadi Shopee Indonesia Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :