Kamis, 19/09/2024 15:40 WIB

Tersangka Upaya Pembunuhan Trump Sebut Tujuan Awalnya untuk Perjuangkan Ukraina

Tersangka Upaya Pembunuhan Trump Sebut Tujuan Awalnya untuk Perjuangkan Ukraina

Ryan W. Routh, tersangka yang diidentifikasi sebagai tersangka upaya pembunuhan Donald Trump, terlihat selama rapat umum untuk mendukung Ukraina, di Independence Square di Kyiv, Ukraina, 29 Mei 2022. Handout via REUTERS

KYIV - Ryan Routh, tersangka yang dilaporkan dalam upaya pembunuhan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, mengunjungi Kyiv pada musim panas 2022 untuk mendorong orang-orang agar berjuang demi Ukraina, katanya kepada sebuah outlet berita tahun itu.

Pejabat Ukraina menjauhkan diri dari Routh pada hari Senin, mengatakan mereka tidak memiliki hubungan dengannya dan memperingatkan bahwa Rusia akan menggunakan dukungannya untuk Ukraina sebagai propaganda.

CNN, Fox News, dan New York Times mengidentifikasi Routh, 58, dari Hawaii, sebagai tersangka dalam insiden hari Minggu, mengutip pejabat penegak hukum yang tidak disebutkan namanya. FBI menolak berkomentar dan Reuters tidak dapat memverifikasi identitasnya secara independen.

"Banyak konflik lain yang abu-abu, tetapi konflik ini jelas hitam dan putih. Ini tentang kebaikan melawan kejahatan," kata Routh dalam wawancara yang diunggah oleh Newsweek Romania pada Juni 2022. Komentarnya menunjukkan bahwa ia berada di Kyiv saat itu.

Rekaman video Reuters menunjukkan ia berada di Kyiv pada Mei 2022 dalam protes yang menyerukan dukungan internasional bagi pejuang Ukraina. Sebuah foto yang diambil di Kyiv saat itu menunjukkan ia memegang bendera Ukraina dan mengenakan syal dengan bintang dan garis-garis AS di atasnya.

Video yang diunggah di X juga menunjukkan Routh menghadiri acara bulan itu yang mendukung Ukraina, termasuk protes yang diadakan untuk mendukung brigade Azov, yang ikut serta dalam pertempuran yang sangat sengit untuk kota selatan Mariupol.

Sekitar empat bulan setelah invasi skala penuh Rusia ke Ukraina, Routh menganggap perang berada di titik kritis dan menyerukan lebih banyak dukungan internasional. Routh mengatakan kepada Newsweek Romania bahwa tujuan awalnya di Ukraina adalah untuk berperang, tetapi rencana itu tidak berhasil karena usianya dan kurangnya pengalaman militer membuatnya tidak diterima.
Sebaliknya, ia beralih untuk mempromosikan tujuan itu kepada orang lain, katanya.

"Jika pemerintah tidak akan mengirim militer resmi mereka, maka kami, warga sipil, harus mengambil alih dan mewujudkan hal ini dan kami telah mendapatkan beberapa orang hebat di sini, tetapi itu adalah sebagian kecil dari jumlah yang seharusnya ada di sini," kata Routh.

Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataannya secara independen.

Ratusan orang non-Ukraina telah berperang melawan pasukan Rusia di Ukraina dan yang lainnya telah membantu mencoba merekrut mereka.

PERINGATAN PROPAGANDA
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengutuk dugaan upaya pembunuhan itu, dengan mengatakan pada X: "Saya senang mendengar bahwa Donald Trump aman dan tidak terluka."

Kremlin mengatakan bahwa hubungan Routh yang dilaporkan dengan Ukraina menunjukkan bahwa "bermain api" memiliki konsekuensi.

Pusat Penanggulangan Disinformasi Ukraina mengatakan insiden hari Minggu itu sudah menjadi "topik propaganda Rusia" dan mengisyaratkan Moskow akan menyebarkan teori konspirasi dengan tujuan menunjukkan "jejak Ukraina" pada upaya pembunuhan yang tampak itu.

"Tentu saja, semua ini bohong," kata Andriy Kovalenko, yang memimpin pusat itu.

Layanan pers brigade Azov membantah adanya hubungan dengan Routh, dengan mengatakan bahwa mereka tidak pernah berkomunikasi dengannya.

Legiun Internasional, tempat banyak pejuang asing bertugas, juga mengatakan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Routh dan bahwa dia tidak pernah menjadi bagian darinya.

Routh mengatakan kepada kantor berita Semafor pada Maret 2023 bahwa dia telah mencoba merekrut pejuang Afghanistan yang dilatih AS untuk berperang bagi Ukraina melawan Rusia, tetapi kementerian pertahanan Ukraina belum setuju untuk mengeluarkan visa bagi mereka.

Sumber resmi di Kyiv mengatakan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki perannya, jika ada, di Ukraina. Kementerian pertahanan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Artikel Semafor mengidentifikasi Routh sebagai kepala Pusat Relawan Internasional, yang katanya membantu orang asing yang ingin mendukung Ukraina melalui cara militer dan kemanusiaan. Reuters menghubungi kelompok bantuan p dengan nama yang sama. Pendirinya mengatakan LSM tersebut tidak memiliki hubungan dengan Routh.

KEYWORD :

Donald Trump Percobaan Pembunuhan Ryan Routh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :