Kamis, 19/09/2024 16:50 WIB

Rusia Sebut Ukraina Lakukan Upaya Baru untuk Menembus Perbatasan di Bagian Barat

Rusia Sebut Ukraina Lakukan Upaya Baru untuk Menembus Perbatasan di Bagian Barat

Orang-orang menunggu di halte bus di sebelah tempat perlindungan bom, di Kursk, Rusia 28 Agustus 2024. REUTERS

MOSKOW - Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menangkis lima upaya baru oleh pasukan Ukraina untuk menerobos perbatasannya ke wilayah Kursk, sehingga jumlah total serangan yang dilaporkan di perbatasan menjadi 26 hanya dalam enam hari terakhir.

Ukraina pada 6 Agustus melancarkan serangan asing
terbesar terhadap Rusia sejak Perang Dunia Kedua, menerobos perbatasan ke wilayah Kursk dengan ribuan pasukan yang didukung oleh kawanan pesawat nirawak dan persenjataan berat, termasuk senjata buatan Barat.

Rusia, yang mengirim puluhan ribu pasukan ke Ukraina pada tahun 2022, memulai serangan balik besar-besaran terhadap pasukan Ukraina di Kursk pada 10 September, mendorong pasukan Kyiv kembali ke Sungai Snagost.

Namun, pasukan Ukraina telah berusaha selama sekitar seminggu untuk menembus perbatasan Rusia menuju Veseloe dan Medvezhe dalam upaya untuk mengancam serangan balik Rusia sekitar 15 km (9,3 mil) di sebelah barat teater pertempuran utama di Kursk.

"Dengan dukungan penerbangan militer dan tembakan artileri, lima upaya oleh angkatan bersenjata Ukraina untuk menembus perbatasan Federasi Rusia ke arah Veseloe dan Medvezhe berhasil digagalkan," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa pasukan Rusia menyerang di Lyubimovka, Malaya Loknya, dan sejumlah pemukiman lain di Kursk.

Para blogger militer Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah mengukir beberapa wilayah ke arah Veseloe dan Medvezhe dan mengatakan bahwa pasukan Rusia telah merebut kembali wilayah tersebut dan menyerbu Lyubimovka.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan medan perang dari kedua belah pihak karena pembatasan pelaporan yang diberlakukan kedua belah pihak di zona perang.

Serangan Ukraina ke Kursk merupakan hal yang memalukan bagi petinggi militer Rusia, yang menunjukkan kelemahan pertahanan perbatasan, meskipun Presiden Vladimir Putin mengatakan serangan tersebut telah membantu Rusia untuk mempercepat kemajuannya sendiri di Ukraina timur.

Pasukan Rusia telah menambahkan wilayah di Ukraina timur dengan laju tercepat dalam waktu sekitar dua tahun, menurut peta dan data sumber terbuka, dan pasukan Rusia sedang mengepung kota Ukrainsk.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :