Kamis, 19/09/2024 22:21 WIB

Meski Mendadak Didukung Trump, RUU IVF soal Perawatan Reproduksi Ditolak Partai Republik

Meski Mendadak Didukung Trump, RUU IVF soal Perawatan Reproduksi Ditolak Partai Republik

Senat Demokrat mengangkat foto-foto keluarga menjelang pemungutan suara Senat atas RUU Hak untuk IVF, di Capitol Hill di Washington, AS, 17 September 2024. REUTERS

WASHINGTON - RUU Senat AS yang bertujuan untuk mengabadikan perlindungan federal dan memperluas cakupan asuransi untuk perawatan kesuburan gagal pada hari Selasa, karena Partai Republik memberikan suara menentangnya beberapa hari setelah Donald Trump mengejutkan para pendukungnya dengan menyuarakan dukungan untuk kebijakan tersebut.

RUU tersebut gagal dengan suara 51-44, gagal mencapai ambang batas 60 suara yang diperlukan setelah sebagian besar Partai Republik memberikan suara menentangnya untuk kedua kalinya. Partai Demokrat menguasai majelis dengan selisih tipis 51-49.

Sponsor RUU tersebut, Senator Demokrat Tammy Duckworth, pertama kali berupaya mendapatkan suara untuk RUU yang sama pada akhir Februari, setelah Mahkamah Agung Alabama memutuskan embrio yang digunakan dalam fertilisasi in vitro, atau IVF, harus dianggap sebagai anak-anak, sehingga membahayakan akses ke perawatan yang digunakan oleh jutaan orang Amerika setiap tahun.

"Kebebasan untuk mendapatkan perawatan reproduksi terancam bagi jutaan perempuan lain yang harapannya yang paling putus asa di dunia adalah memiliki anak sendiri," kata Duckworth, yang melahirkan dua putrinya melalui perawatan kesuburan, dalam pidato di gedung Senat setelah pemungutan suara hari Selasa. "Partai Republik tampaknya hanya peduli tentang perlindungan kehidupan ketika kehidupan seharusnya hanya terdiri dari beberapa sel dalam lemari pembeku laboratorium medis."

Calon presiden dari Partai Republik, Trump, mengatakan pada bulan Agustus bahwa ia akan meminta pemerintah atau perusahaan asuransi untuk membayar IVF jika ia terpilih, yang mengejutkan beberapa anggota Partai Republik garis keras yang menganggap perawatan tersebut kontroversial.

"Kita ingin menghasilkan bayi di negara ini, bukan?" kata Trump dalam acara kampanye bergaya balai kota di La Crosse, Wisconsin.

Tim kampanye Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Selasa.

KEYWORD :

RUU IVF Partai Republik Perawatan Reproduksi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :