Kamis, 19/09/2024 22:24 WIB

Serukan Diakhirinya Perang di Gaza, Harris Sebut Tidak Ada Pendudukan Kembali oleh Israel

Serukan Diakhirinya Perang di Gaza, Harris Sebut Tidak Ada Pendudukan Kembali oleh Israel

Calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris berpidato di panggung pada Hari ke-4 Konvensi Nasional Demokrat di United Center di Chicago, Illinois, AS, 22 Agustus 2024. REUTERS

PHILADELPHIA - Calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris pada hari Selasa menyerukan diakhirinya perang Israel-Gaza dan mengatakan bahwa Israel tidak boleh menduduki kembali daerah kantong Palestina tersebut setelah konflik yang telah berlangsung hampir setahun itu berakhir.

Berbicara di Philadelphia kepada National Association of Black Journalists, ia menyerukan gencatan senjata antara Israel dan militan Hamas Palestina, solusi dua negara, dan stabilitas Timur Tengah dengan cara yang tidak memberdayakan Iran.

"Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa kesepakatan ini perlu dilakukan demi kepentingan terbaik semua orang di kawasan ini," kata Harris, wakil presiden AS, dalam menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh tiga wartawan.

Setidaknya 41.252 orang tewas dan 95.497 lainnya luka-luka dalam serangan Israel di jalur yang dikuasai Hamas sejak 7 Oktober, kata kementerian kesehatan Gaza. Perang dimulai hari itu ketika Hamas menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Harris ditanya tentang Springfield, Ohio, sebuah kota yang selama berhari-hari menjadi pusat pusaran media sosial setelah agitator sayap kanan mengaitkan klaim palsu bahwa pendatang Haiti memakan hewan peliharaan rumah tangga.

Mantan Presiden Donald Trump, saingan Harris dari Partai Republik dalam pemilihan presiden 5 November, telah berjanji untuk melakukan deportasi massal imigran Haiti dari Springfield jika terpilih, meskipun mayoritas berada di Amerika Serikat secara legal.

"Ini melelahkan dan berbahaya dan penuh kebencian dan didasarkan pada beberapa hal lama yang seharusnya tidak kita toleransi," kata Harris.

Wawancara selama 45 menit itu dimulai dengan isu ekonomi. Harris mengatakan bahwa jika terpilih sebagai presiden, ia akan bekerja sama dengan investor swasta untuk meningkatkan pasokan perumahan, sambil mengakui bahwa masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk menurunkan harga bagi warga Amerika.

"Salah satu isu besar yang memengaruhi masyarakat saat ini dalam hal ekonomi dan kesejahteraan ekonomi mereka adalah kita kekurangan pasokan perumahan," kata Harris. "Terlalu mahal."

Harris menegaskan kembali rencana untuk memperluas keringanan pajak anak menjadi $6.000. Ia mengulangi janji bahwa warga Amerika tidak akan membayar lebih dari 7% pendapatan mereka untuk biaya perawatan anak.

Wawancara tersebut dijadwalkan setelah Harris tidak menghadiri konvensi kelompok tersebut di Chicago pada bulan Juli ketika Trump, dalam sebuah wawancara, mempertanyakan identitasnya sebagai orang kulit hitam.

Menurut Pew Research Center, dalam pemilihan presiden 2020, pemilih kulit hitam mendukung kandidat saat itu Joe Biden dengan perolehan suara 92% berbanding 8% atas Trump yang saat itu menjabat. Sebagian besar pemilih kulit hitam, 63%, berencana mendukung Harris, dibandingkan dengan 13% yang mendukung Trump, menurut survei NAACP yang dirilis bulan ini.

Namun, beberapa pemilih kulit hitam mulai kehilangan kepercayaan pada Partai Demokrat. Lebih dari seperempat pria kulit hitam muda mengatakan mereka akan mendukung Trump dalam pemilihan ini, menurut jajak pendapat NAACP.
"Pria kulit hitam seperti kelompok pemilih lainnya," kata Harris. "Anda harus mendapatkan suara mereka."

Wawancara tersebut dilakukan oleh anggota NABJ dari TheGrio dan Politico serta pembawa acara untuk WHYY-FM, sebuah stasiun radio publik.

Baik Harris maupun Trump telah berupaya untuk memenangkan hati pemilih kulit hitam, yang dukungannya mungkin akan menentukan dalam pemilihan umum yang berlangsung ketat pada tanggal 5 November, terutama di beberapa negara bagian medan pertempuran seperti Pennsylvania dan Georgia.

Beberapa peramal menganggap Pennsylvania sebagai negara bagian yang harus dimenangkan.

Di Georgia, pertempuran sengit sedang berlangsung untuk para pemilih kulit hitam yang merupakan sepertiga dari populasi negara bagian tersebut, proporsi pemilih kulit hitam terbesar di antara tujuh negara bagian medan pertempuran.

Upaya Trump untuk menarik lebih banyak dukungan dari pemilih kulit hitam menjadi rumit karena kesetiaan tradisional mereka kepada Partai Demokrat, pernyataan rasisnya di masa lalu, dan sejarah pembatasan pemungutan suara yang didukung Partai Republik yang menurut para aktivis mempersulit warga kulit hitam untuk memilih. Partai Republik membantah telah berusaha menekan pemungutan suara.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Israel Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :