Jum'at, 20/09/2024 05:48 WIB

Ukraina Serang Gudang Senjata Utama Rusia, Sumber Panasnya Terdeteksi NASA di Luar Angkasa

Ukraina Serang Gudang Senjata Utama Rusia, Sumber Panasnya Terdeteksi NASA di Luar Angkasa

Api membumbung saat terjadi ledakan, di Toropets, wilayah Tver, Rusia dalam tangkapan layar dari video media sosial, dirilis 18 September 2024, via REUTERS.

LONDON - Serangan pesawat nirawak Ukraina berskala besar terhadap Rusia memicu ledakan seukuran gempa bumi di gudang senjata utama di wilayah Tver pada hari Rabu, yang memaksa evakuasi kota terdekat, menurut laporan para blogger perang dan beberapa media.

Video dan gambar yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan bola api besar melesat tinggi ke langit malam dan beberapa ledakan menggelegar di sebuah danau sekitar 380 km (240 mil) di sebelah barat Moskow.

Satelit NASA menangkap sumber panas yang kuat yang berasal dari area seluas sekitar 14 kilometer persegi (5 mil persegi) di lokasi tersebut pada dini hari dan stasiun pemantau gempa bumi menangkap apa yang menurut sensor adalah gempa bumi kecil, membuka tab baru di area tersebut.

"Musuh menyerang depot amunisi di area Toropets," kata Yuri Podolyaka, seorang blogger militer pro-Rusia kelahiran Ukraina.

"Semua yang dapat terbakar sudah terbakar di sana (dan meledak)."

Media pemerintah Rusia sebelumnya telah melaporkan bahwa gudang senjata konvensional utama terletak di lokasi ledakan. Media pemerintah, yang sekarang tunduk pada undang-undang sensor militer, tidak banyak bicara dalam pelaporannya pada hari Rabu.

Igor Rudenya, gubernur wilayah Tver, mengatakan bahwa pesawat nirawak Ukraina telah ditembak jatuh, bahwa kebakaran telah terjadi dan bahwa beberapa penduduk sedang dievakuasi. Dia tidak mengatakan apa yang terbakar.

Seorang wanita mengatakan kepada Reuters bahwa anggota keluarganya telah dievakuasi dari Toropets. "Kebakaran dimulai dengan ledakan," kata wanita itu, yang hanya menyebut dirinya sebagai Irina.

Rudenya kemudian mengatakan situasi di Toropets stabil hingga tengah hari waktu setempat (0900 GMT) dan warga yang dievakuasi dapat kembali. Api telah padam dan tidak ada korban jiwa yang tercatat, katanya.

Seorang sumber di dinas keamanan negara SBU Ukraina mengatakan kepada Reuters bahwa serangan pesawat nirawak telah menghancurkan gudang penyimpanan rudal, bom berpemandu, dan amunisi artileri. Tidak ada komentar langsung dari pemerintah Ukraina.

Rusia dan Ukraina masing-masing melaporkan puluhan serangan pesawat nirawak musuh di wilayah mereka semalam, dengan pasukan Rusia bergerak maju di Ukraina timur.

LEDAKAN BESAR
Ukuran ledakan utama yang ditunjukkan dalam video media sosial yang belum diverifikasi itu sesuai dengan 200-240 ton bahan peledak berkekuatan tinggi yang meledak, kata George William Herbert dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey di California.

Ruang obrolan Toropets di situs media sosial Rusia VK dibanjiri pesan dukungan dari berbagai wilayah negara dan tawaran bantuan kepada orang-orang yang mengungsi dari kota itu. Beberapa orang bertanya apakah bangunan di alamat tertentu masih berdiri.

"Orang-orang, apakah ada yang tahu apa yang terjadi dengan desa Kudino??? Mereka mengatakan tidak ada yang tersisa dari rumah kami," tulis seorang wanita.

Wanita lain menjawab: "Di sana mengerikan." Kudino adalah sebuah desa yang terletak 4,5 km (2,8 mil) di timur laut Toropets.

Beberapa blogger perang mempertanyakan bagaimana pesawat nirawak dapat memicu ledakan besar seperti itu di tempat yang dianggap sebagai fasilitas yang dijaga ketat.

Menurut laporan kantor berita negara RIA dari tahun 2018, Rusia sedang membangun gudang senjata untuk menyimpan rudal, amunisi, dan bahan peledak di Toropets, kota berusia 1.000 tahun, yang berpenduduk lebih dari 11.000 jiwa.

Dmitry Bulgakov, yang saat itu menjabat sebagai wakil menteri pertahanan, mengatakan kepada RIA pada tahun 2018 bahwa fasilitas itu dapat melindungi senjata dari rudal dan bahkan serangan nuklir kecil. Bulgakov ditangkap awal tahun ini atas tuduhan korupsi, yang dibantahnya.

"(Fasilitas beton) itu memastikan penyimpanan yang andal dan aman, melindunginya dari serangan udara dan rudal, dan bahkan dari faktor-faktor yang merusak akibat ledakan nuklir," RIA mengutip Bulgakov saat itu.
Beberapa orang Rusia di grup obrolan mengungkapkan kemarahan.

"Mengapa amunisi tidak ditaruh di bawah tanah?! Apa yang kalian lakukan???? Di Kudino, rumah-rumah hancur! Mengapa hutan terbakar dan tidak ada seorang pun di sana... Kelalaian macam apa ini!!!!" tulis seorang wanita.

Rusia melaporkan bahwa unit pertahanan udaranya telah menghancurkan 54 pesawat nirawak yang diluncurkan ke lima wilayah Rusia semalam, tanpa menyebutkan Tver. Ukraina mengatakan telah menembak jatuh 46 dari 52 pesawat tak berawak yang diluncurkan Moskow semalam dan Rusia telah menggunakan tiga rudal udara berpemandu yang tidak mencapai target.

KEYWORD :

Serangan Balasan Gudang Senjata Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :