Jum'at, 20/09/2024 09:33 WIB

GINSI Dukung Akselerasi Program Substitusi Bahan Baku Impor Kemendag

Kemendag telah menetapkan rancangan indikator utama (IKU) tahun 2025 sebesar 21,6 miliar sampai 54,4 miliar dolar AS untuk neraca perdagangan.

Wakil Ketua Umum BPP GINSI bidang Logistik, Perdagangan dan Kepabeanan, Erwin Taufan. Foto: dok. jurnas

JAKARTA, Jurnas.com - Gabungan Importir Nasional Indonesia (GINSI) menyatakan akan terus mendukung program substitusi impor bahan baku yang mendukung transformasi ekspor dan sistem perdagangan antar wilayah, oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Wakil Ketua Umum BPP GINSI bidang Logistik, Perdagangan dan Kepabeanan, Erwin Taufan mengatakan, GINSI sebagai pelaku usaha importasi berkomitmen menciptakan iklim usaha kondusif dan harmonisasi kemitraan dengan regulator meskipun sejumlah pejabat di Kemendag mengalami rotasi.

Baru-baru ini, Kemendag merotasi sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian itu. Adapun Posisi Direktur Impor Kemendag yang sebelumnya dijabat Arif Sulistyo, kini dijabat oleh Iman Kustiaman. Sedangkan Direktur Pemberdayaan Konsumen, Ditjen PKTN Kemendag kini dijabat Ronald Jenri Silalahi, dari sebelumnya Chandrini M. Dewi.

GINSI juga menyampaikan terimakasih kepada Direktur Impor maupun Direktur Pemberdayaan Konsumen Ditjen PKTN Kemendag sebelumnya, dan sekaligus mengapresiasi serta selamat bertugas kepada para pejabat yang baru di Kemendag tersebut.

"Semoga sinergi yang telah terjalin dengan asosiasi pelaku usaha termasuk GINSI bisa terus ditingkatkan. Dan harapannya, bisa lebih mengakselerasi program layanan importasi dalam melindungi industri dalam negeri serta menjaga ketersediaan kebutuhan masyarakat," ujar Taufan , Jumat (20/9/2024).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menetapkan rancangan indikator utama (IKU) tahun 2025 sebesar 21,6 miliar sampai 54,4 miliar dolar AS untuk neraca perdagangan.

Untuk mencapai target tersebut, Kemendag akan merealisasikan perkuatan fondasi transformasi melalui tiga agenda yakni transformasi struktural, integrasi kewilayahan serta penetapan tata kelola perdagangan yang baik dan peningkatan SDM.

Kemendag juga akan melakukan ekspansi global perdagangan melalui sistem elektronik, substitusi impor bahan baku yang mendukung transformasi ekspor dan transformasi sistem perdagangan antar wilayah.

KEYWORD :

GINSI Substitusi Impor Kemendag




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :