Minggu, 22/09/2024 05:50 WIB

Strategi Senjata Antikapal AS saat Melawan China: Berlimpah, Mudah Dibawa, Mematikan

Strategi Senjata Antikapal AS saat Melawan China: Berlimpah, Mudah Dibawa, Mematikan

Target rudal balistik jarak menengah diluncurkan dari Pacific Missile Range Facility, sebelum berhasil dicegat oleh rudal Standard Missile-6 di Kauai, Hawaii, AS, 29 Agustus 2017. Foto via REUTERS

SINGAPURA - Amerika Serikat mengumpulkan persenjataan senjata antikapal yang melimpah dan mudah dibuat sebagai bagian dari upaya Amerika untuk menghalangi China di kawasan Indo-Pasifik dan mempersiapkan pasukan AS di sana.

Invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong pemikiran AS ke arah filosofi baru - "massa yang terjangkau," seperti yang dikatakan oleh seorang CEO industri rudal, yang berbicara dengan syarat anonim, mengacu pada memiliki banyak senjata yang relatif murah yang siap sedia.

"Itu adalah penangkal alami terhadap apa yang telah dilakukan China," kata Euan Graham, seorang analis senior di lembaga pemikir Australian Strategic Policy Institute, mengacu pada persenjataan kapal dan rudal balistik konvensional China termasuk yang dirancang untuk menyerang kapal. Pentagon dan Kementerian Pertahanan Tiongkok tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Amerika Serikat telah meningkatkan pengujian senjata QUICKSINK, bom murah dan berpotensi berlimpah yang dilengkapi dengan perangkat pemandu GPS berbiaya rendah dan pencari yang dapat melacak objek bergerak. Angkatan Udara AS menggunakan pesawat pengebom siluman B-2 selama pengujian bulan lalu di Teluk Meksiko untuk menyerang kapal target dengan QUICKSINK.

Menurut para ahli, Tiongkok masih akan memiliki keuntungan besar dalam hal jumlah rudal antikapal, dan dapat menempatkannya di wilayah asalnya.

Namun, peningkatan produksi QUICKSINK AS akan mempersempit kesenjangan itu dengan menempatkan sekitar 370 kapal perang Tiongkok pada risiko yang lebih besar selama konflik di masa mendatang daripada yang pernah mereka hadapi sejak sebelum Beijing mulai memodernisasi militernya pada tahun 1990-an.

QUICKSINK, yang masih dalam tahap pengembangan, dibuat oleh Boeing (BA.N), dengan pencari dari BAE Systems (BAES.L). QUICKSINK dapat digunakan dengan ratusan ribu kit ekor Joint-Direct Attack Munition - sistem yang dapat dijatuhkan dari pesawat tempur AS atau sekutu dan dengan murah mengubah bom "bodoh" seberat 2.000 pon (900 kg) menjadi senjata berpemandu.

Komando Indo-Pasifik militer AS menginginkan ribuan senjata QUICKSINK - dan telah menginginkannya selama bertahun-tahun - menurut seorang eksekutif industri, yang menolak untuk mengungkapkan angka pastinya karena dirahasiakan.

Dengan cukup banyak senjata "massa terjangkau" yang ditujukan kepada mereka, pertahanan kapal Tiongkok akan kewalahan, menurut eksekutif ini, yang berbicara dengan syarat anonim. Dalam skenario seperti itu, militer AS akan menggunakan Rudal Antikapal Jarak Jauh (LRASM) atau rudal SM-6 untuk merusak kapal perang Tiongkok dan radarnya, lalu membombardir kapal tersebut dengan senjata berbiaya rendah seperti QUICKSINK.

BERBAGAI MACAM SENJATA
Amerika Serikat telah mengumpulkan berbagai senjata antikapal di Asia. Pada bulan April, Angkatan Darat AS mengerahkan baterai rudal bergerak Typhon barunya, yang dikembangkan dengan biaya murah dari komponen yang ada dan dapat menembakkan rudal SM-6 dan Tomahawk terhadap target laut, ke Filipina selama latihan.

Senjata semacam itu relatif mudah diproduksi - memanfaatkan stok besar dan desain yang telah ada selama satu dekade atau lebih - dan dapat membantu Amerika Serikat dan sekutunya mengejar ketertinggalan dengan cepat dalam perlombaan rudal Indo-Pasifik di mana Tiongkok memiliki keunggulan besar.

Meskipun militer AS menolak untuk mengatakan berapa banyak yang akan dikerahkan di kawasan Indo-Pasifik, lebih dari 800 rudal SM-6 akan dibeli dalam lima tahun ke depan, menurut dokumen pemerintah yang menguraikan pembelian militer. Beberapa ribu Tomahawk dan ratusan ribu JDAM sudah ada dalam inventaris AS, dokumen tersebut menunjukkan.

"Permainan China adalah untuk membatasi pergerakan aset Angkatan Laut AS di Pasifik Barat dan Rantai Pulau Pertama," kata Graham, mengacu pada kepulauan besar terdekat dari pantai Asia Timur. "Ini semacam tanggapan yang berpikiran sempit untuk mempersulit PLAN."

PLAN adalah kependekan dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, cabang layanan maritim Tiongkok.
Menempatkan senjata antikapal di lokasi seperti Filipina akan menempatkannya dalam jangkauan sebagian besar Laut Cina Selatan. Tiongkok mengklaim 90% Laut Cina Selatan sebagai wilayah kedaulatannya, tetapi ditentang oleh lima negara Asia Tenggara dan Taiwan.

Collin Koh, seorang sarjana di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura, mengatakan, "Dalam beberapa hal, ini seperti menyamakan kedudukan."

Koh mengutip contoh pasukan Houthi yang berpihak pada Iran yang menggunakan senjata antikapal berteknologi rendah terhadap lalu lintas sipil di Laut Merah, yang memaksa Amerika Serikat dan negara-negara lain untuk mengerahkan senjata mahal untuk mempertahankan diri dari mereka.

"Jika Anda melihat kasus Laut Merah, jelas persamaan biaya (rudal antikapal) tidak berpihak pada pihak pembela," kata Koh. "Bahkan jika Anda memiliki persenjataan yang lebih kecil dari sistem rudal ofensif seperti itu, Anda masih dapat memproyeksikan beberapa pencegahan."

KEYWORD :

China Amerika Indo Pasifik Senjata Antikapal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :