Minggu, 22/09/2024 06:32 WIB

Hadapi Banding, Presiden Korea Selatan akan Kunjungi Republik Ceko demi Proyek Nuklir

Hadapi Banding, Presiden Korea Selatan akan Kunjungi Republik Ceko demi Proyek Nuklir

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menyampaikan pidato pada konferensi pers di kantor kepresidenan di Seoul, Korea Selatan, 29 Agustus 2024. Pool via REUTERS

SEOUL - Korea Selatan yakin dapat mengatasi hambatan apa pun terhadap proyek bernilai miliaran dolar untuk membangun pabrik nuklir di Republik Ceko Republik Ceko, meskipun ada banding terhadap kesepakatan yang diluncurkan oleh EDF dan Westinghouse, kata Presiden Yoon Suk Yeol kepada Reuters.

Yoon, dalam tanggapan tertulis atas pertanyaan menjelang kunjungannya pada 19-22 September ke Republik Ceko, mengatakan perjalanan tersebut sebagian ditujukan untuk memastikan kontrak akhir diselesaikan dengan lancar, seraya menambahkan bahwa keberhasilan proyek tersebut merupakan "yang terpenting".

Pada bulan Juli, Republik Ceko memilih Korea Hydro & Nuclear Power (KHNP) untuk membangun dua unit tenaga nuklir baru, dan mungkin lebih banyak lagi, dalam inisiatif investasi energi terbesarnya.

Namun, banding oleh Westinghouse - dengan alasan bahwa KHNP tidak memiliki perjanjian lisensi untuk mengekspor reaktor yang didasarkan pada teknologi kelompok AS - telah muncul sebagai hambatan potensial. Perusahaan energi negara Prancis, EDF, juga telah mengajukan banding atas keputusan Ceko setelah kalah dalam putaran tender terakhir.

Yoon mengatakan Seoul dan Washington berupaya menciptakan "suasana yang bersahabat" di antara para pelaku bisnis di sektor energi nuklir sebagai bagian dari upaya untuk menyelesaikan segala perbedaan terkait hak kekayaan intelektual dan mempercepat kerja sama.

"Saya yakin upaya ini akan membantu memfasilitasi penyelesaian yang lancar atas setiap perselisihan yang mungkin timbul antara kedua belah pihak," katanya. "Tidak perlu khawatir tentang proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Republik Ceko."

Kunjungan Yoon dilakukan saat Seoul dan Praha merayakan ulang tahun ke-35 hubungan diplomatik. Ia akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Ceko Petr Pavel dan Perdana Menteri Petr Fiala serta mengunjungi perusahaan-perusahaan energi nuklir di Plzen, kata kantornya.

HUBUNGAN KEAMANAN
Sejak berkuasa pada tahun 2022, Yoon telah berupaya meningkatkan hubungan keamanan dengan negara-negara Eropa dan NATO, sebagian didorong oleh kerja sama militer yang semakin dalam antara Korea Utara dan Rusia.

Seoul dan Washington menuduh Pyongyang menyediakan rudal, amunisi, dan senjata lainnya ke Moskow untuk digunakan dalam perang di Ukraina, sebagai imbalan atas bantuan ekonomi dan bantuan militer lainnya. Moskow dan Pyongyang membantah hal ini.

Korea Utara menembakkan beberapa rudal balistik jarak pendek pada hari Rabu, peluncuran kedua dalam seminggu. Militer Korea Selatan mengatakan uji coba minggu lalu terhadap apa yang digambarkan Korea Utara sebagai sistem roket peluncur ganda 600 mm baru dapat ditujukan untuk diekspor ke Rusia.

Yoon mengatakan dia akan menjajaki tanggapan bersama dengan para pemimpin Ceko untuk mengatasi pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara dan meningkatnya transaksi militer Pyongyang dengan Rusia.

"Kerja sama militer dan ekonomi ilegal mereka... telah sangat menggarisbawahi perlunya memperkuat kerja sama dengan negara-negara di Eropa seperti Republik Ceko, yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan kita," kata Yoon.

Setelah Korea Utara dan Rusia tahun ini mencapai kesepakatan perjanjian kemitraan strategis, pemerintahan Yoon memperingatkan bahwa mereka dapat mempertimbangkan untuk mempersenjatai Ukraina dengan senjata mematikan, sebuah perubahan potensial dari kebijakannya yang berpegang pada bantuan kemanusiaan dan ekonomi, jika Moskow memasok Pyongyang dengan teknologi senjata canggih.

Yoon menolak untuk menyebutkan apa garis merahnya tetapi mengatakan bahwa Korea Utara dan Rusia akan menghadapi konsekuensi jika mereka mengancam keamanan Korea Selatan. "Tindakan apa pun yang mengancam keselamatan dan kehidupan warga kami tidak dapat ditoleransi," katanya.

KEYWORD :

Korea Selatan Republik Ceko Pabrik Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :