Senin, 23/09/2024 05:34 WIB

Sebelum Musim Dingin, Ukraina Sebut Rusia Berencana Serang Fasilitas Nuklir

Sebelum Musim Dingin, Ukraina Sebut Rusia Berencana Serang Fasilitas Nuklir

Menteri Luar Negeri Ukraina Andrii Sybiha menghadiri konferensi pers bersama di Kyiv, Ukraina, 11 September 2024. REUTERS

KYIV - Menteri luar negeri Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa Rusia berencana menyerang fasilitas nuklir Ukraina sebelum musim dingin. Dia mendesak pengawas nuklir PBB dan sekutu Ukraina untuk mendirikan misi pemantauan permanen di pabrik nuklir negara itu.

"Menurut intelijen Ukraina, Kremlin sedang mempersiapkan serangan terhadap objek-objek penting energi nuklir Ukraina menjelang musim dingin," tulis Menteri Luar Negeri Andriy Sybiha di X.

"Khususnya, ini menyangkut perangkat distribusi terbuka di (pembangkit listrik tenaga nuklir dan) gardu induk transmisi, yang penting untuk operasi energi nuklir yang aman."

Sybiha tidak menjelaskan lebih lanjut mengapa Kyiv yakin serangan semacam itu sedang dipersiapkan.
Tidak ada komentar langsung dari Moskow.

Pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kepala staf presiden Ukraina, Andriy Yermak, menyerukan tanggapan global yang cepat terhadap ancaman serangan terhadap fasilitas nuklir.

"Ini adalah persiapan untuk kemungkinan skenario bencana nuklir. Rusia adalah teroris," tulisnya di Telegram.

"Mereka harus dihentikan di sini dan sekarang. Negara-negara Barat dan Selatan Global harus bereaksi keras terhadap persiapan untuk teror." Rusia telah melancarkan kampanye pengeboman udara terhadap jaringan listrik Ukraina sejak musim gugur 2022 setelah menginvasi negara tersebut awal tahun itu.

Rusia telah merusak atau menghancurkan sebagian besar kapasitas pembangkit listrik termal Ukraina dan terkadang menghantam bendungan, tetapi belum menyerang fasilitas nuklir yang dikendalikan Ukraina.

Ukraina sebelumnya menuduh Rusia melakukan pemerasan nuklir setelah pasukan Rusia menduduki PLTN Zaporizhzhia, yang terbesar di Eropa, pada Maret 2022, di awal invasi.
Moskow membantah tuduhan tersebut.

Kedua belah pihak secara teratur saling menuduh menembaki area di sebelah PLTN, yang pada beberapa kesempatan telah memutus saluran listrik ke PLTN, meningkatkan kemungkinan pemadaman listrik yang dapat menyebabkan kecelakaan nuklir.

Kepala IAEA Rafael Grossi telah mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa kali selama perang dan telah mendesak kedua belah pihak untuk tidak saling berhadapan di dekat fasilitas nuklir.

"Saya pikir selalu ada risiko ketika ada kemungkinan serangan terhadap PLTN," katanya saat berkunjung ke Kyiv pada awal September.

KEYWORD :

Serangan Rusia Balas Ukraina Fasilitas Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :