Senin, 23/09/2024 06:31 WIB

Minta Suaka ke Spanyol, Pemimpin Oposisi Venezuela Sebut Dirinya Terancam Ditangkap

Minta Suaka ke Spanyol, Pemimpin Oposisi Venezuela Sebut Dirinya Terancam Ditangkap

Pemimpin oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez tiba untuk wawancara dengan Reuters di Madrid, Spanyol, 20 September 2024. REUTERS

MADRID - Mantan kandidat presiden Venezuela Edmundo Gonzalez mengatakan pada hari Jumat bahwa dia mencari perlindungan diplomatik setelah diberi tahu bahwa pasukan keamanan Presiden Nicolas Maduro akan datang untuk menangkapnya.

Gonzalez, yang menurut pihak oposisi adalah pemenang sebenarnya dari pemilihan bulan Juli yang dimenangkan oleh Maduro, mengatakan kepada Reuters selama wawancara di Madrid bahwa dia bisa saja dipenjara dan mungkin disiksa jika dia tetap tinggal di Venezuela.

Mantan diplomat berusia 75 tahun itu berangkat ke Spanyol setelah mendapatkan jaminan bahwa keluarga dan harta bendanya di Venezuela akan aman, katanya, seraya menambahkan bahwa ia ingin bebas mencari dukungan dari para pemimpin dunia agar kasusnya menjadi presiden.

"Seorang pejabat keamanan yang bekerja dengan saya menarik saya ke samping untuk mengatakan bahwa ia telah menerima informasi bahwa badan keamanan akan datang untuk saya dan bahwa yang terbaik adalah berlindung," katanya.

"Saya bisa saja bersembunyi, tetapi saya harus bebas untuk dapat melakukan apa yang saya lakukan, menyampaikan kepada dunia apa yang terjadi di Venezuela, membuat kontak dengan para pemimpin dunia."

Pengadilan Venezuela telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Gonzalez, menuduhnya melakukan konspirasi dan kejahatan lainnya, setelah Maduro mengatakan oposisi berusaha menggulingkannya dalam kudeta.

Pemerintah Venezuela tidak segera menanggapi permintaan reaksi atas komentar Gonzalez pada hari Jumat. Mantan kandidat presiden itu mengatakan bahwa ia telah bertemu dengan tokoh politik senior Spanyol sejak kedatangannya pada 8 September dan, setelah menerima undangan untuk mengunjungi Jerman, Belanda, dan Komisi Eropa, akan melakukan tur keliling Eropa.

Ia mengatakan bahwa ia yakin bahwa penyerahan kekuasaan secara damai masih mungkin dilakukan di Venezuela dengan ia sebagai orang yang memimpinnya. "Saya ingin memastikan bahwa keinginan 8 juta warga Venezuela yang memilih saya pada 28 Juli dihormati," katanya, merujuk pada klaim oposisi tentang kemenangan telak berdasarkan penghitungan suara yang telah dipublikasikan.

"Itu adalah keputusan yang telah diambil dan saya bercita-cita untuk menghormatinya sepenuhnya." Gonzalez mengatakan bahwa ia pertama kali mencari perlindungan di kedutaan besar Belanda dan setelah 32 hari membuat keputusan untuk meninggalkan Venezuela, pindah ke kediaman duta besar Spanyol untuk mengajukan permintaan suaka dari Madrid.

Ia mengatakan bahwa ia tahu begitu surat perintah penangkapan dikeluarkan, ia menghadapi hukuman penjara, kemungkinan di "salah satu penjara yang telah mereka ubah menjadi pusat penyiksaan di Venezuela".

DIPAKSA UNTUK MENANDATANGANI SURAT
Minggu ini terungkap bahwa saat berada di kediaman duta besar Spanyol Ramon Santos, Gonzalez menandatangani surat yang menyatakan bahwa ia menerima kemenangan pemilihan Maduro.

Pemerintah Venezuela menerbitkan foto-foto penandatanganan tersebut di hadapan kepala Majelis Nasional Jorge Rodriguez, Wakil Presiden Delcy Rodriguez, dan utusan Spanyol.

Gonzalez mengatakan kepada Reuters bahwa surat itu disetujui setelah pertemuan yang "sangat menegangkan" selama 48 jam dan diperpanjang antara dirinya dan para pejabat Venezuela, dan bahwa ia "dipaksa" untuk menandatanganinya.

Pemimpin oposisi itu mengatakan gambar dan rekaman audio diambil tanpa izinnya, mengesampingkan kemungkinan bahwa hal itu dilakukan oleh duta besar.

"Kami akhirnya mendapatkan sebuah teks yang saya tandatangani. Saya mengatakan bahwa saya mematuhi keputusan itu, meskipun saya tidak setuju dengannya."

Gonzalez mengatakan sebagai balasannya, ia memperoleh jaminan tertulis bahwa putrinya dan keluarganya termasuk dua anak, yang masih tinggal di Venezuela, akan aman, beserta mobil dan apartemennya.

Ia mengatakan bahwa ia tidak pada tahap itu mencari jaminan untuk pembebasan tahanan politik, tetapi itu adalah salah satu tujuan yang ia bawa ke semua forum internasional.

Kelompok hak asasi manusia Venezuela Foro Penal memperkirakan bahwa sejak 29 Juli, 1.692 orang telah ditangkap, banyak di antaranya dalam aksi protes, meskipun 80 remaja dibebaskan pada 1 September.

Gonzalez mengatakan bahwa pembawa bendera oposisi yang tersisa, María Corina Machado, tidak mengetahui rencananya untuk pergi hingga sehari sebelum ia pergi ke kedutaan Spanyol.

Ia yakin bahwa María Corina Machado tidak perlu mengambil keputusan serupa, tetapi memperingatkan: "Ini adalah situasi yang dapat muncul dengan pemimpin politik mana pun yang mungkin berisiko".

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Pemimpin Oposisi Perintah Penangkapan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :