Rabu, 25/09/2024 13:33 WIB

Anggota DPR Puji Karya Peserta Lomba Konten Aspirasi Biro Pemberitaan Setjen DPR

Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, berhasil menjaring aspirasi dari 262 peserta dari Sabang sampai Merauke dalam Lomba Konten Aspirasi (Lokas).

Anggota Komisi XI DPR, Puteri Anneta Komarudin

Jakarta, Jurnas.com - Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, berhasil menjaring aspirasi dari 262 peserta dari Sabang sampai Merauke dalam Lomba Konten Aspirasi (Lokas).

Ketua Dewan Juri Puteri Anneta Komarudin yang juga Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar, mengapresiasi cara peserta dalam menyampaikan aspirasi. Menurutnya, konten yang disampaikan peserta Lokas sangat kreatif.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa menginspirasi masyarakat bahwa aspirasi bisa disampaikan secara kreatif dan mendorong DPR untuk terus berkreasi.

"Sehingga, penyampaian kami sebagai penyambung lidah masyarakat dalam menyelesaikan isu-isu yang disampaikan di gedung DPR ini, bersama pemerintah dan pihak terkait, bisa lebih optimal," kata Puteri, kepada wartawan, Jakarta, Rabu (25/9).

Puteri melakukan penjurian bersama praktisi media/presenter TVOne Andromeda Mercury dan Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi. Sejumlah isu menjadi perhatian peserta Lokas, di antaranya mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, ironi banyaknya sampah makanan, kasus kekerasan pada anak, investasi bodong, dan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Dewan juri memutuskan pemenang Juara I Lokas adalah mahasiswa dari Provinsi DI Yogyakarta Alvin Rifaldi, pelajar dari Provinsi Bali Lucia Amelia Cuaca, dan mahasiswa dari Provinsi Banten Dino Dinasty Hariyanto. Lokas menyediakan sejumlah hadiah bagi pemenang, yaitu trofi Lokas, uang pembinaan, bingkisan, serta sertifikat dengan total nilai Rp 25 juta.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi menjelaskan bahwa Lokas merupakan rangkaian kegiatan menyambut kehadiran anggota DPR periode 2024-2029 yang akan mengucapkan sumpah/janji pada 1 Oktober mendatang. Tema yang diusung adalah `DPR Baru, Harapan Baru`.

"Saya terkesima melihat anak-anak begitu kreatif. Pesertanya sangat variatif, mulai dari pelajar, aktivis, mahasiswa, dewasa, hingga ibu rumah tangga. Isi konten aspirasi juga sangat baik dan didukung data. Yang paling penting adalah penyampaiannya sangat kreatif dengan cara kekinian," papar Indra.

"Pesan yang disampaikan berat, tapi disampaikan dengan ringan dalam bahasa mereka. Ini melampaui ekspektasi kami," sambungnya.

Ia menambahkan, Lokas sejak awal memang ingin menyasar aspirasi dari generasi Z dan milenial yang hobi membuat konten dengan handphone sebagai andalan utama. Indra memastikan bahwa semua aspirasi yang telah disampaikan peserta Lokas akan diteruskan kepada anggota DPR dari komisi terkait.

Secara khusus, ia mengapresiasi seluruh konten aspirasi yang telah disampaikan peserta. Bagi yang belum menang, masih ada kesempatan pada Lokas selanjutnya.

Hadiah bagi pemenang akan disampaikan melalui perusahaan jasa pengiriman dan transfer, namun bagi peserta yang berada di kawasan Jabodetabek bisa mengambil hadiah secara langsung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

KEYWORD :

Lomba Konten Aspirasi Biro Pemberitaan DPR Setjen DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :