Kamis, 26/09/2024 00:25 WIB

Menilik 4N16, Mesin Baru All New Triton yang Gahar

Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 184 PS dan torsi 430 Nm, memberikan akselerasi dan performa optimal di berbagai medan

Mitsubishi All New Triton (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Varian anyar nan gahar Mitsubishi Motors, yaitu All New Triton hadir dengan pengembangan pada mesin, fitur, dan kelengkapannya.

Mitsubishi All New Triton membawa desain baru yang khas dengan penerapan bahasa desain Dynamic Shield pada bagian depannya, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape yang modern dan futuristik.

Ladder frame baru yang memiliki luas penampang chassis 65 persen lebih besar dari model sebelumnya, meningkatkan kekuatan dan ketahanan kendaraan ini untuk menghadapi medan berat.

Salah satu sorotan utama dari Triton terbaru ini adalah penggunaan mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4, yang menggantikan mesin 4N15 dan 4D56 pada model sebelumnya.

Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 184 PS dan torsi 430 Nm, memberikan akselerasi dan performa optimal di berbagai medan, termasuk offroad. Dengan ground clearance hingga 222mm, Triton siap melibas berbagai kondisi jalan.

Mesin 4N16 hadir dengan sejumlah inovasi yang meningkatkan fungsionalitasnya, terutama untuk menghadapi medan berat seperti perkebunan dan tambang, yang telah menjadi pasar utama Triton.

Dibandingkan dengan pendahulunya, mesin 4N16 memiliki piston yang lebih ringan dan lebih minim gesekan, serta sistem pendinginan yang lebih efisien di ruang bakar, meningkatkan performa dan daya tahan mesin.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan, Mitsubishi menawarkan mesin 4N16 pada seluruh varian Triton, dengan tiga pilihan output tenaga: 110 hp, 150 hp, dan 184 hp, yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Varian dengan tenaga 110 hp ditujukan untuk konsumen yang mengutamakan kapabilitas di medan berat tanpa memerlukan kecepatan tinggi, sementara varian 150 hp cocok untuk penggunaan kombinasi antara jalan raya dan offroad ringan. Varian tertinggi dengan 184 hp lebih diarahkan pada penggunaan sehari-hari yang lebih ringan namun tetap tangguh.

Menurut Rifat, mesin 4N16 dibekali timing chain yang menggantikan timing belt. Ini membuat mesin lebih tahan lama dan minim kehilangan tenaga. Selain itu, penggunaan variable oil control valve membuat mesin lebih responsif pada putaran rendah, memberikan akselerasi lebih cepat terutama saat kendaraan membawa beban penuh.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menekankan, pentingnya penyesuaian Triton dengan kebutuhan bisnis pelanggan. Varian HDX dengan tenaga yang lebih rendah namun torsi kuat, dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan di medan-medan berat yang membutuhkan respons cepat.

“Kami juga terus meningkatkan efisiensi bahan bakar di setiap varian untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen,” kata Mii.

KEYWORD :

Mitsubishi Motor New Triton Mesin 4N16




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :