Rabu, 25/09/2024 23:27 WIB

Dirjen Hubla Klaim Transportasi Laut Pengaruhi Ekonomi dan Kesejahteraan Bangsa

Transportasi laut berperan sangat signifikan dalam berbagai program nasional.

Para penerima Ditlala Award foto bersama Dirjen Hubla Capt. Antoni Arif Priyadi (keempat dari kiri). Foto: hubla/jurnas

JAKARTA, Jurnas.com – Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan bahwa sektor transportasi laut akan memengaruhi kemajuan perekonomi dan kesejahteraan bangsa.

“Kesuksesan transportasi laut akan mempengaruhi kemajuan perekonomian dan kesejahteraan bangsa, terutama dalam mendukung konektivitas dan distribusi logistik,” kata Antoni saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut Tahun 2024, di Bogor, Rabu (25/9/2024).

Antoni mengatakan, transportasi laut berperan sangat signifikan dalam berbagai program nasional.

Kontribusinya tidak hanya sebagai alat utama penghubung antarpulau, tetapi juga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, perdagangan internasional, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Kinerja kita memberikan sumbangsih yang besar bagi negara Indonesia, mulai dari persiapan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), penyiapan armada kapal perintis, tol laut, ternak, dan rede sampai pada teknologi informasi yang menopang semangat kemajuan Indonesia dalam bidang logistik, baik nasional maupun internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Ditlala) memberikan 6 kategori penghargaan Ditlala Award bagi para stakeholder. Berikut para pemenangnya:

1) Perusahaan Pelayaran dengan Kapal Berbendera Indonesia Melayani Angkutan Luar Negeri Terbesar (Akumulasi GT) Tahun 2024: PT Pertamina International Shipping

2) Perusahaan Pelayaran dengan Jumlah Kapal Berbendera Indonesia Terbanyak Bekerja di Luar Negeri (Cross Trading): PT Sumber Daya Cipta Alam

3) Dukungan Penyediaan Kapal Phinisi untuk Angkutan Laut Wisata di IKN 2024: PT Wallacea Jalesveva Lestari

4) Operator Perawatan Kapal Terbaik Tingkat UPT DJPL Tahun 2024: UPP Kelas III Tilamuta

5) Operator Perawatan Kapal Terbaik Tingkat Operator DJPL Tahun 2024: PT Lintas Samudera Globalindo

6) Pelabuhan dengan Pelayanan Inaportnet Tercepat Tahun 2024: UPP Kelas II Tana Paser.

KEYWORD :

Hubla Transportasi laut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :