Jum'at, 27/09/2024 06:16 WIB

Iran Jadi Perantara Rusia-Houthi soal Rudal Anti-Kapal, Ancaman bagi Barat di Laut Merah

Iran Jadi Perantara Rusia-Houthi soal Rudal Anti-Kapal, Ancaman bagi Barat di Laut Merah

Pejuang yang dimobilisasi Houthi naik ke atas mobil di Sanaa, Yaman 21 September 2024. REUTERS

PBB - Iran menjadi perantara pembicaraan rahasia yang sedang berlangsung antara Rusia dan pemberontak Houthi Yaman untuk mentransfer rudal antikapal ke kelompok militan tersebut, kata tiga sumber Barat dan regional, sebuah perkembangan yang menyoroti semakin dalamnya Teheran hubungan dengan Moskow.

Tujuh sumber mengatakan bahwa Rusia belum memutuskan untuk mentransfer rudal Yakhont – yang juga dikenal sebagai P-800 Oniks - yang menurut para ahli akan memungkinkan kelompok militan tersebut untuk menyerang kapal-kapal komersial di Laut Merah dengan lebih akurat dan meningkatkan ancaman terhadap kapal-kapal perang AS dan Eropa yang melindungi mereka.

The Wall Street Journal melaporkan pada bulan Juli bahwa Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengirim rudal tersebut. Peran Iran sebagai perantara belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Houthi telah meluncurkan serangan pesawat nirawak dan rudal berulang kali terhadap kapal-kapal di jalur pelayaran penting Laut Merah sejak November untuk menunjukkan dukungan bagi Palestina dalam perang Gaza dengan Israel.

Mereka telah menenggelamkan sedikitnya dua kapal dan menyita satu kapal lainnya, mengganggu perdagangan maritim global dengan memaksa perusahaan-perusahaan pelayaran untuk mengalihkan kargo dan, menurut sumber-sumber industri, menaikkan biaya asuransi untuk kapal-kapal yang mengarungi Laut Merah.

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat dan Inggris telah menyerang posisi-posisi Houthi tetapi gagal menghentikan serangan kelompok tersebut.

Dua pejabat regional yang mengetahui pembicaraan tersebut mengatakan bahwa Houthi dan Rusia bertemu di Teheran setidaknya dua kali tahun ini dan bahwa pembicaraan untuk menyediakan puluhan rudal, yang memiliki jangkauan sekitar 300 km (186 mil), sedang berlangsung dengan pertemuan lebih lanjut di Teheran yang diharapkan dalam beberapa minggu mendatang.

Rusia sebelumnya telah memasok rudal Yakhont ke Hizbullah yang didukung Iran.

Salah satu sumber mengatakan pembicaraan tersebut dimulai di bawah Presiden Iran Ebrahim Raisi, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei.

"Rusia sedang bernegosiasi dengan Houthi untuk transfer rudal antikapal supersonik Yakhont," kata sumber intelijen Barat. "Iran menjadi perantara pembicaraan tetapi tidak ingin menandatanganinya."

Baik misi PBB Iran maupun Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar.

"Kami tidak mengetahui apa yang Anda sebutkan," kata Mohamed Abdel-Salam, juru bicara resmi Houthi Yaman.

Seorang pejabat senior AS menolak menyebutkan nama sistem spesifik yang dapat ditransfer tetapi mengonfirmasi bahwa Rusia telah membahas penyediaan rudal kepada Houthi, dan menyebut perkembangan tersebut "sangat mengkhawatirkan."

Seorang pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan segala upaya untuk meningkatkan kemampuan Houthi akan "merusak kepentingan internasional bersama dalam kebebasan navigasi global dan stabilitas di Laut Merah dan Timur Tengah yang lebih luas."

HUBUNGAN RUSIA-IRAN YANG LEBIH DEKAT
Rusia dan Iran telah membina hubungan militer yang lebih erat di tengah perang Rusia di Ukraina. Teheran diduga telah mentransfer rudal balistik ke Moskow untuk digunakan melawan Ukraina, kata Amerika Serikat awal bulan ini.

Salah satu motivasi Moskow untuk mempersenjatai Houthi, kata tiga sumber, adalah kemungkinan bahwa negara-negara Barat dapat memutuskan untuk mengizinkan Ukraina menggunakan senjata mereka untuk menyerang lebih jauh ke wilayah Rusia.

Pejabat senior AS mengatakan pembicaraan Rusia-Houthi "tampaknya terkait dengan posisi kami di Ukraina dan apa yang kami bersedia atau tidak bersedia lakukan" mengenai permintaan Kyiv untuk mencabut pembatasan penggunaan senjata jarak jauh yang dipasok AS untuk menyerang target jauh di dalam Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan pada bulan Juni bahwa Moskow dapat mengirim senjata jarak jauh canggih - mirip dengan yang diberikan Amerika Serikat dan sekutunya kepada Ukraina - kepada musuh-musuh Barat di seluruh dunia.

Yakhont dianggap sebagai salah satu rudal antikapal tercanggih di dunia, yang dirancang untuk meluncur di laut permukaan untuk menghindari deteksi pada kecepatan lebih dari dua kali kecepatan suara, sehingga sulit dicegat.

`PENGUBAH PERMAINAN` UNTUK KEAMANAN REGIONAL
Fabian Hinz, seorang ahli rudal balistik di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan bahwa transfer rudal Yakhont oleh Rusia ke Houthi akan menjadi "pengubah permainan" untuk keamanan regional.

"P-800 adalah sistem yang jauh lebih mampu daripada rudal balistik dan jelajah antikapal yang selama ini digunakan Houthi," kata Hinz.

Houthi tidak hanya dapat menembakkan rudal tersebut ke kapal perang AS, Inggris, dan kapal perang lainnya yang telah melindungi kapal-kapal komersial di Laut Merah dari serangan pesawat nirawak dan rudal Houthi, tetapi juga dapat digunakan sebagai senjata serang yang akan dianggap sebagai ancaman oleh Arab Saudi, kata Hinz.

Pejabat senior AS tersebut mengatakan bahwa delegasi pejabat AS membahas negosiasi Rusia-Houthi dengan mitra mereka dari Saudi selama kunjungan ke Arab Saudi musim panas ini, dan bahwa Washington telah mengangkat masalah tersebut dengan Moskow.

Saudi juga telah menyampaikan kekhawatiran mereka secara langsung kepada Rusia, tiga sumber mengatakan kepada Reuters.

Pemerintah Saudi tidak menanggapi permintaan komentar.
Hinz mengatakan Rusia perlu membantu aspek teknis pengiriman rudal, termasuk cara mentransfer dan mengoperasikannya tanpa Amerika Serikat mendeteksi dan menghancurkan senjata tersebut. Houthi juga perlu pelatihan tentang sistem tersebut.

Pejabat senior AS tersebut memperingatkan konsekuensi yang mengerikan jika transfer tersebut terjadi.
"Saudi khawatir. Kami khawatir, dan mitra regional lainnya khawatir," kata pejabat tersebut. "Houthi sudah menciptakan cukup banyak kerusakan di Laut Merah, dan ini akan memungkinkan mereka untuk berbuat lebih banyak."

KEYWORD :

Rusia Iran Laut Merah Houthi Yaman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :