Jum'at, 27/09/2024 06:20 WIB

Terowongan dan Komando Fleksibel Hizbullah Bertahan dari Serangan Mematikan Israel

Terowongan dan Komando Fleksibel Hizbullah Bertahan dari Serangan Mematikan Israel

Asap mengepul di Lebanon selatan menyusul serangan Israel, seperti yang terlihat dari Tyre, Lebanon selatan 23 September 2024. REUTERS

BEIRUT - Rantai komando Hezbollah yang fleksibel, bersama dengan jaringan terowongannya yang luas dan persenjataan rudal dan senjata yang sangat banyak yang telah diperkuatnya selama setahun terakhir, membantunya menghadapi serangan Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata tiga sumber yang mengetahui operasi kelompok militan Lebanon tersebut.

Serangan Israel terhadap Hezbollah selama seminggu terakhir, termasuk penargetan komandan senior dan peledakan pager dan walkie-talkie yang dipasangi bom, telah membuat kelompok militan Syiah Lebanon yang kuat dan partai politik tersebut terhuyung-huyung.

Pada hari Jumat, Israel membunuh komandan yang mendirikan dan memimpin pasukan elit Radwan, Ibrahim Aqil. Dan sejak hari Senin, hari kekerasan paling mematikan di Lebanon dalam beberapa dekade, kementerian kesehatan mengatakan lebih dari 560 orang, di antaranya 50 anak-anak, telah tewas dalam serangan udara.

Kepala staf militer Israel Herzi Halevi mengatakan pada hari Minggu bahwa kematian Aqil telah mengguncang organisasi tersebut. Israel mengatakan serangannya juga telah menghancurkan ribuan roket dan peluru Hizbullah.

Namun, dua sumber yang mengetahui operasi Hizbullah mengatakan kelompok itu dengan cepat menunjuk pengganti untuk Aqil dan tokoh senior lainnya yang tewas dalam serangan udara hari Jumat di pinggiran selatan Beirut. Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan dalam pidatonya pada tanggal 1 Agustus bahwa kelompok itu dengan cepat mengisi kekosongan setiap kali seorang pemimpin terbunuh.

Sumber keempat, seorang pejabat Hizbullah, mengatakan serangan terhadap perangkat komunikasi membuat 1.500 pejuang tidak dapat bertugas karena luka-luka mereka, dengan banyak yang menjadi buta atau tangan mereka putus.

Meskipun itu merupakan pukulan telak, itu merupakan sebagian kecil dari kekuatan Hizbullah, yang menurut laporan untuk Kongres AS pada hari Jumat berjumlah 40.000-50.000 pejuang. Nasrallah mengatakan kelompok itu memiliki 100.000 pejuang. Sejak Oktober, ketika Hizbullah mulai menembaki Israel pada bulan Oktober untuk mendukung sekutunya Hamas di Gaza, kelompok itu telah mengerahkan kembali para pejuangnya ke daerah-daerah garis depan di selatan, termasuk beberapa dari Suriah, kata ketiga sumber tersebut.

Hizbullah juga telah membawa roket ke Lebanon dengan cepat, mengantisipasi konflik yang berlarut-larut, kata sumber tersebut, seraya menambahkan bahwa kelompok itu berusaha menghindari perang habis-habisan.

Pendukung utama dan pemasok senjata Hizbullah adalah Iran. Kelompok itu adalah faksi paling kuat dalam "Poros Perlawanan" Teheran yang terdiri dari pasukan tidak teratur sekutu di seluruh Timur Tengah. Banyak dari senjatanya adalah model Iran, Rusia, atau Cina.

Sumber-sumber itu, yang semuanya meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah tersebut, tidak memberikan rincian tentang senjata tersebut atau di mana senjata itu dibeli.

Kantor media Hizbullah tidak membalas permintaan komentar untuk berita ini. Andreas Krieg, dosen senior di School of Security Studies di King`s College London, mengatakan bahwa meskipun operasi Hizbullah terganggu oleh serangan minggu lalu, struktur organisasi jaringan kelompok tersebut membantu menjadikannya kekuatan yang sangat tangguh.

"Ini adalah musuh paling tangguh yang pernah dihadapi Israel di medan perang, bukan karena jumlah dan teknologi, tetapi dalam hal ketahanan."

RUDEL YANG KUAT
Pertempuran telah meningkat minggu ini. Israel menewaskan komandan tinggi Hizbullah lainnya, Ibrahim Qubaisi, pada hari Selasa. Sementara itu, Hizbullah telah menunjukkan kapasitasnya untuk melanjutkan operasi, menembakkan ratusan roket ke Israel dalam serangan yang semakin dalam.

Pada hari Rabu, Hizbullah mengatakan telah menargetkan pangkalan intelijen Israel di dekat Tel Aviv, lebih dari 100 km (60 mil) dari perbatasan. Sirene peringatan berbunyi di Tel Aviv saat satu rudal permukaan-ke-permukaan dicegat oleh sistem pertahanan udara, kata militer Israel.

Kelompok tersebut belum mengatakan apakah mereka telah meluncurkan roket berpemandu presisi yang paling ampuh, seperti Fateh-110, rudal balistik buatan Iran dengan jangkauan 250-300 km (341,75 mil).

Fateh-110 milik Hizbullah memiliki hulu ledak seberat 450-500 kg, menurut sebuah makalah tahun 2018 yang diterbitkan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington. Serangan roket Hizbullah dimungkinkan karena rantai komando tetap berfungsi meskipun kelompok tersebut mengalami kekacauan singkat setelah pager dan radio meledak, kata salah satu sumber, seorang pejabat keamanan senior.

Ketiga sumber tersebut mengatakan kemampuan Hizbullah untuk berkomunikasi didukung oleh jaringan telepon tetap khusus - yang digambarkannya sebagai hal penting bagi komunikasinya dan terus berfungsi - serta oleh perangkat lain.

Banyak pejuangnya membawa pager model lama, misalnya, yang tidak terpengaruh oleh serangan minggu lalu.
Reuters tidak dapat memverifikasi informasi tersebut secara independen. Sebagian besar korban luka akibat pager yang meledak berada di Beirut, jauh dari garis depan.

Hizbullah meningkatkan penggunaan pager setelah melarang pejuangnya menggunakan ponsel di medan perang pada bulan Februari, sebagai tanggapan atas tewasnya komandan dalam serangan.

Jika rantai komando putus, pejuang garis depan dilatih untuk beroperasi dalam kelompok kecil dan independen yang terdiri dari beberapa desa di dekat perbatasan, yang mampu melawan pasukan Israel untuk waktu yang lama, sumber senior tersebut menambahkan.

Itulah yang terjadi pada tahun 2006, selama perang terakhir antara Hizbullah dan Israel, ketika para pejuang kelompok tersebut bertahan selama berminggu-minggu, beberapa di antaranya berada di desa-desa garis depan yang diserang oleh Israel.

Israel mengatakan telah meningkatkan serangan untuk melemahkan kemampuan Hizbullah dan membuat puluhan ribu warga Israel yang mengungsi aman untuk kembali ke rumah mereka di dekat perbatasan Lebanon, yang mereka tinggalkan ketika Hizbullah mulai menembakkan roket pada 8 Oktober.

Pemerintah Perdana Menteri Bejamin Netanyahu mengatakan lebih suka mencapai kesepakatan yang dinegosiasikan yang akan membuat Hizbullah menarik diri dari wilayah perbatasan tetapi siap untuk melanjutkan kampanye pengebomannya jika Hizbullah menolak, dan tidak mengesampingkan opsi militer apa pun.

Ketahanan Hizbullah berarti pertempuran telah menimbulkan kekhawatiran akan perang berkepanjangan yang dapat melibatkan AS, sekutu dekat Israel, dan Iran - terutama jika Israel meluncurkan, dan terjebak dalam, serangan darat di Lebanon selatan.

Militer Israel tidak menanggapi permintaan komentar untuk berita ini.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian memperingatkan pada hari Senin tentang konsekuensi "yang tidak dapat diubah" dari perang besar-besaran di Timur Tengah. Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington tidak setuju dengan strategi eskalasi Israel dan berusaha mengurangi ketegangan.

ARSENAL BAWAH TANAH
Dalam apa yang dikatakan dua sumber sebagai indikasi seberapa baik beberapa senjata Hizbullah disembunyikan, pada hari Minggu roket diluncurkan dari wilayah Lebanon selatan yang telah menjadi sasaran Israel beberapa saat sebelumnya, kata kedua sumber tersebut.

Hizbullah diyakini memiliki persenjataan bawah tanah dan bulan lalu menerbitkan rekaman yang tampaknya menunjukkan para pejuangnya mengemudikan truk dengan peluncur roket melalui terowongan. Sumber tersebut tidak menyebutkan apakah roket yang ditembakkan pada hari Minggu diluncurkan dari bawah tanah.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan rentetan serangan hari Senin telah menghancurkan puluhan ribu roket dan amunisi Hizbullah.

Militer Israel mengatakan rudal jelajah jarak jauh, roket dengan hulu ledak yang mampu membawa 100 kg bahan peledak, roket jarak pendek, dan UAV peledak semuanya diserang pada hari Senin.

Reuters tidak dapat memverifikasi klaim militer secara independen. Boaz Shapira, seorang peneliti di Alma, sebuah lembaga pemikir Israel yang mengkhususkan diri pada Hizbullah, mengatakan Israel belum menargetkan lokasi strategis seperti rudal jarak jauh dan lokasi pesawat nirawak.

"Saya rasa kita belum akan menyelesaikan ini," kata Shapira.

Menurut laporan Kongres AS, persenjataan Hizbullah diperkirakan terdiri dari sekitar 150.000 roket. Krieg mengatakan rudal balistik jarak jauhnya yang paling kuat disimpan di bawah tanah.

Hizbullah telah menghabiskan waktu bertahun-tahun membangun jaringan terowongan yang menurut perkiraan Israel membentang hingga ratusan kilometer. Militer Israel mengatakan serangan udara hari Senin menghantam lokasi peluncuran rudal Hizbullah yang tersembunyi di bawah rumah-rumah di Lebanon selatan.

Hizbullah mengatakan tidak menempatkan infrastruktur militer di dekat warga sipil. Hizbullah belum mengeluarkan pernyataan apa pun tentang dampak serangan Israel sejak hari Senin.

TEROWONGAN
Persenjataan dan terowongan kelompok itu telah berkembang sejak perang 2006, terutama sistem panduan presisi, kata pemimpin Nasrallah. Pejabat Hizbullah mengatakan kelompok itu telah menggunakan sebagian kecil persenjataan dalam pertempuran selama setahun terakhir.

Pejabat Israel mengatakan infrastruktur militer Hizbullah terhubung erat dengan desa-desa dan komunitas di Lebanon selatan, dengan amunisi dan landasan peluncur rudal disimpan di rumah-rumah di seluruh wilayah tersebut. Israel telah menggempur beberapa desa tersebut selama berbulan-bulan untuk melemahkan kemampuan Hizbullah.

Detail yang dikonfirmasi tentang jaringan terowongan tersebut masih langka.

Sebuah laporan tahun 2021 oleh Alma, sebuah lembaga pemikir Israel yang mengkhususkan diri pada Hizbullah, mengatakan Iran dan Korea Utara sama-sama membantu membangun jaringan terowongan setelah perang tahun 2006.
Israel telah berjuang untuk membasmi komandan Hamas dan unit tempur mandiri dari terowongan yang melintasi Gaza.

"Ini adalah salah satu tantangan terbesar kami di Gaza, dan itu tentu saja sesuatu yang dapat kami hadapi di Lebanon," kata Carmit Valensi, seorang peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv, sebuah lembaga pemikir.

Krieg mengatakan bahwa tidak seperti Gaza, di mana sebagian besar terowongan digali secara manual ke dalam tanah berpasir, terowongan di Lebanon telah digali dalam-dalam di bebatuan gunung. "Terowongan-terowongan itu jauh lebih sulit diakses daripada di Gaza dan bahkan lebih sulit dihancurkan."

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :