Sabtu, 28/09/2024 04:34 WIB

Blinken Sebut Dunia Inginkan Gencatan Senjata Lebanon, tapi Israel Menolak

Blinken Sebut Dunia Inginkan Gencatan Senjata Lebanon, tapi Israel Menolak

Para wanita berduka atas tiga anggota keluarga yang tewas dalam serangan Israel saat pemakaman mereka di Joun, Lebanon, 26 September 2024. REUTERS

BEIRUT - Israel menolak usulan gencatan senjata dengan Hizbullah pada hari Kamis, menentang seruan dari sekutu termasuk Amerika Serikat untuk menghentikan pertempuran.

Pesawat tempur Israel membombardir Lebanon, termasuk serangan di pinggiran selatan Beirut yang mengguncang ibu kota. Di sisi perbatasannya sendiri, tentara Israel menggelar latihan simulasi invasi darat.

Tekanan tanpa henti terhadap Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, termasuk serangan udara yang intens dan pembunuhan beberapa komandan seniornya, menimbulkan kekhawatiran bahwa perang yang lebih luas akan menyebar ke seluruh wilayah.

Militer, yang telah berjanji untuk mengamankan perbatasan utara Israel dan memulangkan ribuan warga Israel ke masyarakat di sana, mengatakan latihan brigade ke-7 berlangsung beberapa kilometer dari perbatasan Lebanon.

Tak lama kemudian militer mengatakan sedang melakukan serangan tepat sasaran di Beirut. Suara ledakan terdengar dan asap terlihat mengepul di pinggiran selatan, benteng Hizbullah. Serangan itu menargetkan seorang pemimpin senior Hizbullah yang nasibnya belum diketahui, kata seorang sumber keamanan kepada Reuters.

Serangan itu terjadi di dekat bagian pinggiran selatan tempat beberapa fasilitas kelompok bersenjata Lebanon berada tetapi tempat banyak warga sipil juga tinggal dan bekerja. TV Al-Manar milik Hizbullah menyiarkan gambar lantai atas sebuah gedung yang rusak.

"Tidak akan ada gencatan senjata di utara," kata Menteri Luar Negeri Israel Katz di X. "Kami akan terus berjuang melawan organisasi teroris Hizbullah dengan seluruh kekuatan kami sampai kemenangan dan warga utara kembali dengan selamat ke rumah mereka."

Komentar tersebut memupus harapan akan penyelesaian yang cepat, setelah Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati menyatakan harapan bahwa gencatan senjata dapat segera dicapai.

Ketika ditanya tentang penolakan Israel terhadap usulan gencatan senjata Lebanon yang didukung AS, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada MSNBC: "Dunia berbicara dengan jelas untuk hampir semua negara utama di Eropa dan di kawasan tersebut tentang perlunya gencatan senjata."

Ia menambahkan bahwa ia akan bertemu dengan pejabat Israel di New York pada hari Kamis nanti.

Ratusan ribu orang telah meninggalkan rumah mereka untuk mencari tempat berlindung dalam menghadapi pemboman Israel terberat di Lebanon sejak perang besar pada tahun 2006. Para pemimpin dunia telah menyuarakan kekhawatiran bahwa konflik - yang terjadi bersamaan dengan perang Israel di Gaza - meningkat dengan cepat.

Hizbullah telah berhadapan dengan militer Israel sejak gerakan Muslim Syiah itu dibentuk oleh Garda Revolusi Iran pada tahun 1982 untuk melawan invasi Israel ke Lebanon. Sejak saat itu, gerakan itu telah berkembang menjadi proksi Teheran yang paling kuat di Timur Tengah.

Amerika Serikat, Prancis, dan beberapa sekutu lainnya menyerukan gencatan senjata segera selama 21 hari di perbatasan Israel-Lebanon.

Mereka juga menyatakan dukungan untuk gencatan senjata di Gaza setelah diskusi intensif di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang menuju New York untuk berpidato di PBB, mengatakan bahwa ia belum memberikan tanggapannya terhadap usulan gencatan senjata tersebut, tetapi telah memerintahkan tentara untuk terus bertempur.

Kaum garis keras dalam pemerintahannya mengatakan bahwa Israel harus menolak gencatan senjata apa pun dan terus menyerang Hizbullah hingga menyerah. Lebih dari 600 orang telah tewas sejak Senin dalam serangan Israel di Lebanon, yang menyusul hampir setahun serangan lintas batas dengan Hizbullah bersamaan dengan perang Gaza.

Hizbullah telah menembakkan ratusan rudal ke sasaran-sasaran di Israel, termasuk, untuk pertama kalinya, pusat komersialnya Tel Aviv, meskipun sistem pertahanan udara Israel telah memastikan bahwa kerusakannya telah dibatasi.

Ketika ditanya apakah gencatan senjata dapat segera dicapai, pemimpin Lebanon Mikati mengatakan kepada Reuters: "Semoga saja, ya." Pemerintahan sementaranya mencakup menteri yang dipilih oleh Hizbullah, yang secara luas dipandang sebagai kekuatan politik paling kuat di Lebanon.

Pada hari Rabu, kepala militer Israel membuat komentar publik yang paling eksplisit tentang kemungkinan serangan darat di Lebanon, memberi tahu pasukan di dekat perbatasan untuk bersiap menyeberang. Jet tempur Israel pada hari Kamis menyerang infrastruktur di perbatasan Lebanon-Suriah untuk menghentikan transfer senjata dari Suriah ke Hizbullah di Lebanon, kata militer Israel.

Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan pada hari Kamis bahwa sedikitnya 26 orang tewas di seluruh Lebanon dalam serangan Israel semalam dan sepanjang hari, sebagian besar dari mereka adalah warga Suriah yang tewas di kota Younine di Lembah Bekaa. Lebanon adalah rumah bagi sekitar 1,5 juta warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara di sana.

BERLINDUNG DI SEKOLAH
Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah membombardir kota Kiryat Shmona, sebuah daerah di Israel utara, dengan roket Falak 2.

Ribuan warga Lebanon telah mencari perlindungan di sekolah-sekolah di Beirut. Di salah satu sekolah, para wanita terlihat mencondongkan tubuh ke luar jendela kelas, merokok, atau menjemur kasur busa yang telah mereka tiduri minggu ini.

"Saya hanya ingin tahu apakah akan ada sedikit listrik di malam hari sehingga saya bisa pergi membeli kipas angin," kata seorang wanita.

Organisasi bantuan mendistribusikan pakaian dan makanan, dan memeriksa obat-obatan yang dibutuhkan oleh orang tua yang telah melarikan diri terlalu cepat untuk membawa resep mereka.

Militer Israel mengatakan telah menyerang puluhan target Hizbullah termasuk para pejuang, gedung militer, dan depot senjata, di beberapa daerah pada Kamis pagi.

Sekitar 45 proyektil ditembakkan dari Lebanon ke daerah Galilea barat, beberapa di antaranya berhasil dicegat dan sisanya jatuh di tanah terbuka, kata militer Israel.

Pertempuran tanpa henti telah membuat beberapa negara tetangga khawatir tentang keselamatan warga negara mereka di Lebanon. Turki sedang melakukan persiapan untuk kemungkinan evakuasi warga negaranya dan warga negara asing dari Lebanon, kata sumber kementerian pertahanan Turki.

Israel telah memprioritaskan pengamanan perbatasan utaranya dan mengizinkan kembalinya sekitar 70.000 penduduk yang mengungsi akibat baku tembak hampir setiap hari, yang dimulai Hizbullah setahun lalu sebagai bentuk solidaritas dengan kelompok Palestina Hamas di Gaza.

Serangan udara Israel meningkat tajam sejak Senin, ketika lebih dari 550 orang tewas dalam hari paling mematikan di Lebanon sejak berakhirnya perang saudara 1975-1990.

Pengeboman tersebut menyusul serangan minggu lalu ketika pager dan walkie talkie meledak di seluruh Lebanon, menewaskan banyak orang dan melukai ribuan orang termasuk anggota Hizbullah.

KEYWORD :

Israel Lebanon Gencatan Senjata Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :