Sabtu, 28/09/2024 02:26 WIB

Sikat Timor Leste, Indonesia Pimpin Grup F

Gol yang membawa Indonesia menyabet tiga poin dilesakkan Jens Raven, Riski Afrisal, dan pemain pengganti Muhammad Ragil

Timnas U-20 sukses kalahkan Argentina di Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Timnas Indonesia U-20 sukses sikat Timor Leste 3-1 pada pertandingan kedua partai kualifikasi Piala Asia U-20 grup F di Stadion Madya Senayan Jakarta. Jumat (27/9/2024).

Gol yang membawa Indonesia menyabet tiga poin dilesakkan Jens Raven, Riski Afrisal, dan pemain pengganti Muhammad Ragil.

Indonesia melakukan satu perubahan dibanding saat menundukkan Maladewa. Mashaal Hamzah menjadi starter menggantikan gelandang Mufli Hidayat. Indonesia pun bermain dengan formasi 4-3-3 dalam pertandingan ini.

Indonesia mencetak gol dan memimpin pada menit ke-13. Gol dilesakkan Jens Raven menyusul kemelut di depan gawang. Dia menerima umpan dari sisi kanan yang dikirim Buffon.

Jens lantas melepaskan tendangan yang bisa ditahan kiper. Bola memantul di kaki pemain belakang Timor Leste yang tak bisa menguasai bola dengan baik. Jens lantas menyerebot bola dan menaklukkan kiper Pablo Macario.

Garuda Muda menambah keunggulan pada menit ke-16. Gol terjadi berawal dari serangan Toni Firmansyah yang membawa bola dari sisi kanan. Dia kemudian melepaskan umpan ke arah Riski Afrisal. Pemain bernomor punggung 11 ini berhasil memaksimalkan umpan ini dengan kaki kanannya dan menjebol gawang lawan.

Indonesia terus berupaya menambah gol, Namun, hingga babak pertama usai skor 2-0 tidak berubah.

Indonesia memiliki peluang pada menit ke-51. Kiper Timor Leste menepis serangan dari sisi kiri dan bola mengarah kepada Buffon. Pemain bernomor punggung 5 ini langsung menyambut bola denham tendangan keras, tetapi melenceng dari sasaran.

Menit ke-54, Timor Leste mendapat peluang. Menyusul serangan balik, Luis Figo Ribeiro berhasil mendahului pemain belakang Indonesia dan melepaskan tendangan. Beruntung upayanya bisa digagalkan Ikram.

Menit ke-57, Jens Raven kembali mendapat peluang. Setelah mendapat sodoran rekannya, pemain Dordecht ini lantas melepaskan tendangan. Namun, bola bergulir di samping kanan gawang Timor Leste.

Timor Leste memperkecil ketinggalan pada menit ke-66. Gol dilesakkan Luis Figo Ribeiro. Menyusul serangan balik, pemain bernomor punggung 7 ini berhasil mengejar bola dan mengecoh bek Iqbal Gwijangge. Dia kemudian melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper Ikram Algiffari.

Timor Leste seolah mendapat angin setelah gol Luis Figo. Mereka berhasil mendominasi penguasaan bola dan menekan Indonesia.

Indonesia berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-72. Berdiri bebas, Figo Dennis melepaskan tendangan kaki kiri. Namun, upayanya gagal menghasilkan gol karena bola membentur mistar lalu memantul ke dalam lapangan.

Indonesia mengubah kedudukan menjadi 3-1 setelah Ragil menjebol gawang Timor Leste pada menit ke-77. Gol berawal dari sodoran Jens untuk Dony. Sang kapten lalu melepaskan umpan ke muka gawang. Bola dimanfaatkan Ragil untuk melesakkan gol.

Skor 3-1 untuk Indonesia bertahan hingga pertandingan usai. Indonesia pun kembali memimpim grup F.

Susunan Pemain Timor Leste U-20 vs Indonesia U-20:

Timor Leste U-20 (4-3-3): Pablo Macario; Joaozinho Cristiano, Marques De Carvalho, Aureo Viera, Emidio Martins; Tiago William, Leinio Qiolton, Palomito Antonio; Alexandro Bahkito Lemos, Luis Figo Ribeiro, Vabio Canavaro Pires.

Indonesia U-20 (4-3-3): Ikram Al Giffari, Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Meshaal Hamzah, Alfahrezi Buffon; Aditya Warman, Toni Firmansyah, Dony Tri Pamungkas; Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan; Jens Raven.

KEYWORD :

Timnas U-20 Timor Leste vs Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :