Sabtu, 28/09/2024 13:17 WIB

Kemendes PDTT Gandeng CTC Wujudkan Desa Berketahanan Iklim

Kerja sama ini melibatkan pula Kemendagri dan Kemenko PMK sebagai bagian dari upaya pembangunan desa yang lebih inklusif dan berkelanjutan

Kemendes PDTT menjalin kerja sama dengan Coral Triangle Center (CTC) untuk mewujudkan desa berketahanan iklim sebagai respons terhadap dampak perubahan iklim yang kian cepat (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Sanur, Jurnas.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serius mewujudkan desa berketahanan iklim sebagai respons terhadap dampak perubahan iklim yang kian cepat.

Salah satu langkah konkret adalah menjalin kerja sama dengan Coral Triangle Center (CTC), sebuah organisasi nirlaba berbasis di Bali yang fokus pada konservasi terumbu karang dan laut kawasan Segitiga Terumbu Karang di Asia Tenggara.

CTC beroperasi di wilayah yang mencakup enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.

Kerja sama ini melibatkan pula Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) sebagai bagian dari upaya pembangunan desa yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid, menyambut baik kolaborasi ini, terutama dalam mendukung desa-desa pesisir yang sangat rentan terhadap perubahan iklim.

"Kita sangat senang jika CTC sama-sama dengan Kemendes, Kemendagri, Kemenko PMK kerja sama lebih lanjut karena desa pesisir kita sangat banyak sekali. Cuma kita perlu bekerja lebih detail lebih fokus dan itu bisa kita dapatkan dari CTC yang terjun di bidang ini sejak lama," tegas Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid saat kunjungan kerja ke kantor CTC di Sanur, Bali pada Jumat (27/9/2024).

Semua pihak sepakat bahwa perubahan iklim merupakan isu strategis yang membutuhkan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah desa. Desa, sebagai unit pemerintahan terkecil, memainkan peran kunci dalam upaya penguatan kapasitas masyarakat menghadapi perubahan iklim, terutama melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

CTC, dengan pengetahuan dan pengalamannya, dinilai mampu memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat desa terkait perubahan iklim. Rencananya, pilot project akan dilakukan di beberapa desa untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi dalam menghadapi perubahan iklim.

"Kemendagri siap dan akan mendukung aksi desa berketahanan iklim ini. Ini hal baik bikin desa peduli terhadap lingkungan apalagi kontribusi CTC cukup banyak terutama desa pesisir. Perlu lebih intens dan lebih banyak lokasi yg dituju," jelas perwakilan Kemendagri.

Dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Jenderal Taufik Madjid bersama para pejabat tinggi dari Kemendagri dan Kemenko PMK mendapat penjelasan mendetail tentang ekosistem terumbu karang dan pentingnya konservasi dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

KEYWORD :

Kemendes PDTT Taufik Madjid Desa Berketahanan Iklim Coral Triangle Center




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :