Minggu, 29/09/2024 04:39 WIB

Zelenskiy ke AS, Putin Perluas Daftar Skenario Penggunaan Nuklir

Zelenskiy ke AS, Putin Perluas Daftar Skenario Penggunaan Nuklir

Sistem rudal balistik antarbenua Yars Rusia melaju melewati barisan penjaga kehormatan di Lapangan Merah di pusat kota Moskow, Rusia, 9 Mei 2022. REUTERS

LONDON - Presiden Vladimir Putin telah menarik "garis merah" bagi Amerika Serikat dan sekutunya dengan mengisyaratkan bahwa Moskow akan mempertimbangkan untuk menanggapi dengan senjata nuklir jika mereka mengizinkan Ukraina menyerang jauh ke dalam Rusia dengan rudal jarak jauh Barat.

Namun beberapa pihak di Barat bertanya: apakah dia benar-benar bersungguh-sungguh?

Pertanyaan tersebut sangat penting bagi jalannya perang. Jika Putin menggertak, seperti yang diyakini Ukraina dan beberapa pendukungnya, maka Barat mungkin merasa siap untuk memperdalam dukungan militernya bagi Kyiv terlepas dari ancaman Moskow.

Jika dia serius, ada risiko - yang berulang kali dinyatakan oleh Moskow dan diakui oleh Washington - bahwa konflik tersebut dapat berubah menjadi Perang Dunia Ketiga.

Dalam sinyal peringatan terbaru dari serangkaian panjang, Putin pada hari Rabu memperluas daftar skenario yang dapat menyebabkan Rusia menggunakan senjata nuklir. Hal ini dapat dilakukan, katanya, sebagai respons terhadap serangan konvensional lintas batas besar yang melibatkan pesawat, rudal, atau pesawat nirawak. Kekuatan nuklir saingan yang mendukung negara yang menyerang Rusia akan dianggap sebagai pihak dalam serangan itu.

Kedua kriteria tersebut berlaku langsung pada situasi yang akan muncul jika Barat mengizinkan Ukraina menyerang jauh ke dalam wilayah Rusia dengan rudal jarak jauh Barat seperti ATACMS AS dan Storm Shadows Inggris, sesuatu yang menurut Putin akan membutuhkan dukungan satelit dan penargetan Barat.

"Itu adalah pesan yang sangat jelas: `Jangan membuat kesalahan - semua hal semacam ini dapat berarti perang nuklir,`" kata Nikolai Sokov, mantan diplomat Soviet dan Rusia.

Bahram Ghiassee, analis nuklir yang berbasis di London di lembaga pemikir Henry Jackson Society, menghubungkan waktu pernyataan Putin dengan lobi Ukraina terhadap Barat untuk rudal jarak jauh dan fakta bahwa Presiden Volodymyr Zelenskiy menyampaikan pendapatnya kepada Presiden AS Joe Biden minggu ini. "Putin berkata: hentikan saja di sana," kata Ghiassee.

`PEMERASAN NUKLIR`
Reaksi dari Kyiv cepat, dengan kepala staf Zelenskiy menuduh Putin melakukan "pemerasan nuklir".

"Menurut pendapat saya, ini adalah gertakan dan demonstrasi kelemahan Putin. Dia tidak akan berani menggunakan senjata nuklir karena itu akan membuatnya menjadi orang buangan total," kata Anton Gerashchenko, mantan penasihat menteri dalam negeri Ukraina, di X.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan peringatan Putin tidak bertanggung jawab dan tidak tepat waktu, dan itu bukan pertama kalinya dia "mengguncang pedang nuklir".

Andreas Umland, seorang analis di Institut Urusan Internasional Swedia, menuduh Putin melakukan permainan pikiran.

"Ini adalah operasi hubungan masyarakat psikologis, oleh Kremlin, tanpa banyak substansi. Ini dirancang untuk menakut-nakuti para pemimpin & pemilih negara-negara yang mendukung Ukraina," tulisnya.

Fabian Hoffmann, seorang peneliti doktoral dan pakar pertahanan di Oslo, mengatakan dia tidak percaya komentar Putin dapat diabaikan, tetapi penting untuk tidak bereaksi berlebihan.

"Penggunaan nuklir Rusia tidak akan segera terjadi," katanya di X. "Kekhawatiran hanya diperlukan jika Rusia mengisyaratkan persiapan yang sebenarnya."

Hoffmann mengatakan langkah selanjutnya adalah mengeluarkan hulu ledak dari penyimpanan dan memasangkannya dengan kendaraan pengiriman untuk serangan taktis, sebelum meningkatkan persiapan untuk penggunaan nuklir skala besar dengan menyiapkan silo dan menempatkan pembom dalam keadaan siaga - yang semuanya akan dideteksi oleh badan intelijen AS.

Dan pakar keamanan Rusia Mark Galeotti menulis: "Pembicaraan itu mudah dan memiliki dampak politik, tetapi bukti kesediaan sebenarnya untuk menggunakan senjata nuklir tidak ada dan sesuatu yang dapat kita deteksi jika itu terjadi."

AMBANG BAWAH
Namun demikian, Putin lebih spesifik daripada sebelumnya tentang keadaan yang dapat mendorong penggunaan nuklir. Juru bicaranya mengatakan pada hari Kamis bahwa komentarnya dimaksudkan sebagai sinyal kepada negara-negara Barat bahwa akan ada konsekuensi serius jika mereka berpartisipasi dalam serangan terhadap Rusia.

Pada saat yang sama, perubahan yang diumumkan tidak sesuai dengan apa yang disebut oleh beberapa komentator beraliran keras ng for. Yang paling terkenal di antara mereka, Sergei Karaganov, telah mengajukan argumen untuk serangan nuklir terbatas di Eropa yang akan "menyadarkan" musuh-musuh Rusia dan membuat mereka menganggap serius penangkal nuklirnya.

Dalam istilah praktis, perubahan tersebut memperluas cakupan nuklir Rusia untuk mencakup negara tetangga Belarus, sekutu dekat. Mereka menurunkan ambang batas penggunaan nuklir dengan menyatakan, misalnya, bahwa hal itu dapat terjadi sebagai respons terhadap serangan konvensional yang menimbulkan "ancaman kritis terhadap kedaulatan kita".

Sebelumnya, doktrin nuklir berbicara tentang ancaman terhadap "keberadaan negara itu sendiri".

Putin membuat pengumuman tersebut dalam sebuah video berdurasi empat menit di mana ia terlihat berbicara kepada sembilan anggota dewan keamanan yang bertemu dua kali setahun untuk membahas penangkalan nuklir.

Ia mengatakan penggunaan nuklir adalah tindakan ekstrem dan Rusia selalu menangani masalah tersebut secara bertanggung jawab.

Para menteri dan kepala intelijen mendengarkan dengan saksama, sesekali gelisah atau mengacak-acak kertas. Salah satu peserta - Alexei Likhachev, kepala perusahaan nuklir negara Rosatom - membuat catatan terperinci. Namun, penerima pesan Putin yang sebenarnya berada di Kyiv, Washington, dan London.

Yevgeny Minchenko, konsultan politik Rusia, mengatakan inti dari doktrin yang direvisi tersebut adalah pesan yang lugas kepada Ukraina dan Barat agar tidak meningkatkan perang lebih jauh ke Rusia.

"Jika Anda mencoba membunuh kami dengan tangan proksi Anda, kami akan membunuh proksi Anda dan Anda," katanya.

Sergei Markov, mantan penasihat Kremlin, mengatakan perubahan tersebut membuka pintu bagi Rusia untuk menggunakan senjata nuklir taktis di medan perang dalam skenario tertentu, yaitu terhadap Ukraina.

"Ambang batas penggunaan senjata nuklir telah diturunkan. Sekarang akan lebih mudah bagi Rusia untuk menggunakan senjata nuklir," kata Markov di blog resminya.

"Alasan untuk mengubah doktrin nuklir adalah ancaman eskalasi penuh oleh Barat. Barat yakin bahwa Rusia tidak akan menggunakan senjata nuklir taktis terlebih dahulu. Rusia sekarang mengatakan bahwa mereka siap untuk melakukannya."

Markov menyarankan Rusia dapat menggunakan senjata nuklir taktis terhadap Ukraina, atau pangkalan udara di Rumania atau Polandia jika pesawat tempur Ukraina terbang dari sana dan jika Kyiv - yang didukung oleh satelit AS atau Inggris - menggunakan jet untuk menyerang Moskow sendiri atau bagian dari Rusia tengah.

"TIDAK ADA PENGHORMATAN"
Igor Korotchenko, seorang analis militer yang sering muncul di TV pemerintah, mengatakan perubahan itu diperlukan karena Barat telah mengabaikan serangkaian sinyal peringatan sebelumnya terhadap eskalasi lebih lanjut, termasuk latihan Rusia di musim panas yang melatih penggunaan senjata nuklir taktis.

"Kami melihat bahwa musuh Barat tidak lagi menghormati `garis merah` apa pun, percaya bahwa tindakan apa pun untuk mempersenjatai Ukraina dan serangan yang dibantu Barat terhadap fasilitas jauh di dalam wilayah Rusia tidak akan ditanggapi dengan eskalasi nuklir," kata Korotchenko kepada surat kabar harian Izvestia.

Vladimir Avatkov, yang duduk di badan resmi yang menawarkan nasihat kepada Putin tentang hubungan internasional, mengatakan pengumuman perubahan doktrin tersebut telah memungkinkan Moskow untuk mendahului keputusan Barat apa pun tentang rudal untuk Ukraina.

"Biarkan mereka berpikir sekarang," katanya di Telegram. "Ini adalah upaya untuk tidak hanya memperingatkan mereka, tetapi juga mengembalikan rasa takut yang telah hilang sepenuhnya. Dan mungkin bahkan beberapa pemikiran strategis."

Perubahan tersebut disambut baik oleh para nasionalis Rusia dan blogger perang, beberapa di antaranya telah lama menganjurkan Moskow menggunakan senjata nuklir untuk memaksa Ukraina menyerah, dan mengarah pada diskusi tentang apa yang dapat memicu respons nuklir.

Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia dan mantan presiden, memperingatkan bahwa kata-kata Putin seharusnya membuat Ukraina dan Barat berpikir sejenak.

"Perubahan dalam ketentuan peraturan untuk penggunaan komponen nuklir negara kita dapat mendinginkan semangat para penentang yang belum kehilangan rasa mempertahankan diri," katanya dalam sebuah pernyataan.

`SEPERTI ANAK KECIL`
Sokov, mantan diplomat Rusia, mengatakan ada rasa frustrasi yang nyata di Moskow bahwa Barat tampak tuli terhadap banyak peringatan nuklirnya. Ia mengatakan bahwa ketika Rusia menggelar tiga putaran latihan tahun ini untuk mensimulasikan persiapan peluncuran rudal nuklir taktis, ada keluhan di media dan di antara para ahli bahwa negara-negara Barat tidak memperhatikan.

"Jadi sekarang mereka memutuskan untuk memperkuat sinyal," kata Sokov. "Putin memutuskan bahwa Barat seperti anak kecil, dan Anda harus menjelaskan setiap hal kecil karena mereka tidak mengerti."

Sokov mengatakan ia khawatir tentang "omong kosong" di antara politisi dan komentator yang berpendapat bahwa Barat telah melewati serangkaian garis merah Rusia tanpa hukuman - dengan memasok Ukraina dengan tank dan jet tempur F-16, misalnya - dan bahwa peringatan Moskow karenanya dapat diabaikan.

Faktanya, katanya, Barat belum melanggar dua garis merah yang telah dijabarkan Rusia dengan jelas: mengirim pasukan NATO untuk berperang di Ukraina, dan membiarkan Ukraina menembakkan rudal jarak jauh Barat ke Rusia.

"Bagaimana kita bisa mengatakan bagaimana (Putin) akan bereaksi, jika sejauh ini kita belum benar-benar melanggar "Apakah ada garis merah Rusia?" katanya dalam wawancara telepon, dengan alasan bahwa pendekatan tersebut didasarkan pada tebakan, bukan data.

"Saya benar-benar khawatir dengan semua omongan yang tidak jelas, justru karena kita berhadapan langsung dengan situasi yang sama sekali tidak kita kenal ... Jika Anda tidak memperhitungkan risikonya, Anda kemungkinan akan mendapatkan kejutan yang sangat tidak menyenangkan."

KEYWORD :

Putin Rusia Ancaman Barat Siapkan Rudal Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :