Minggu, 29/09/2024 06:33 WIB

Rusia Dikabarkan Dirikan Pabrik Drone di Tiongkok untuk Digunakan di Ukraina

Rusia Dikabarkan Dirikan Pabrik Drone di Tiongkok untuk Digunakan di Ukraina

Vladimir Putin mengunjungi fasilitas produksi drone, Saint Petersburg, 19 September 2024. Sputnik via REUTERS

MOSKOW - Rusia telah mendirikan pabrik senjata program di Tiongkok untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat nirawak serang jarak jauh untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina, menurut dua sumber dari badan intelijen Eropa dan dokumen yang ditinjau oleh Reuters.

IEMZ Kupol, anak perusahaan dari perusahaan senjata milik negara Rusia Almaz-Antey, telah mengembangkan dan menguji terbang model pesawat nirawak baru yang disebut Garpiya-3 (G3) di Tiongkok dengan bantuan spesialis lokal, menurut salah satu dokumen, sebuah laporan yang dikirim Kupol ke kementerian pertahanan Rusia awal tahun ini yang menguraikan pekerjaannya.

Kupol memberi tahu kementerian pertahanan dalam pembaruan berikutnya bahwa mereka mampu memproduksi pesawat nirawak termasuk G3 dalam skala besar di sebuah pabrik di Tiongkok sehingga senjata tersebut dapat digunakan dalam "operasi militer khusus" di Ukraina, istilah yang digunakan Moskow untuk perang tersebut.

Kupol, Almaz-Antey, dan kementerian pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar untuk artikel ini. Kementerian luar negeri Tiongkok mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak mengetahui proyek semacam itu, seraya menambahkan bahwa Beijing memiliki langkah-langkah pengendalian yang ketat terhadap ekspor pesawat nirawak, atau kendaraan udara tak berawak (UAV).

Fabian Hinz, seorang peneliti di International Institute for Strategic Studies, sebuah lembaga pemikir pertahanan yang berpusat di London, mengatakan pengiriman UAV dari Tiongkok ke Rusia, jika dikonfirmasi, akan menjadi perkembangan yang signifikan.

"Jika Anda melihat apa yang diketahui telah dikirimkan Tiongkok sejauh ini, sebagian besar adalah barang-barang dengan penggunaan ganda - komponen, subkomponen, yang dapat digunakan dalam sistem persenjataan," katanya kepada Reuters. "Itulah yang telah dilaporkan sejauh ini. Namun, yang belum benar-benar kami lihat, setidaknya di sumber terbuka, adalah transfer sistem persenjataan secara keseluruhan yang terdokumentasi."

Namun, Samuel Bendett, seorang peneliti senior tambahan di Center for a New American Security, sebuah lembaga pemikir yang berpusat di Washington, mengatakan Beijing akan ragu untuk membuka diri terhadap sanksi internasional karena membantu mesin perang Moskow. Ia mengatakan informasi lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan bahwa Tiongkok menjadi tuan rumah bagi produksi pesawat nirawak militer Rusia.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan sangat prihatin dengan laporan Reuters tentang program pesawat nirawak, yang katanya tampak seperti contoh perusahaan Tiongkok yang menyediakan bantuan mematikan bagi perusahaan Rusia yang dikenai sanksi AS.

Gedung Putih belum melihat apa pun yang menunjukkan bahwa pemerintah Tiongkok mengetahui transaksi yang terlibat, tetapi Tiongkok memiliki tanggung jawab untuk memastikan perusahaan tidak menyediakan bantuan mematikan bagi Rusia untuk digunakan oleh militernya, tambah seorang juru bicara.

Ketika ditanya tentang laporan Reuters, seorang juru bicara NATO mengatakan melalui email: "Laporan-laporan ini sangat memprihatinkan dan Sekutu sedang berkonsultasi mengenai masalah ini."

"Pemerintah Tiongkok memiliki tanggung jawab untuk memastikan perusahaannya tidak menyediakan bantuan mematikan bagi Rusia," tambah juru bicara, Farah Dakhlallah. "Tiongkok tidak dapat terus memicu konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua tanpa hal ini memengaruhi kepentingan dan reputasinya."

Kantor Luar Negeri Inggris meminta Tiongkok untuk berhenti memberikan dukungan diplomatik dan material bagi upaya perang Rusia.

"Kami sangat prihatin dengan laporan bahwa Rusia memproduksi pesawat nirawak militer di Tiongkok," kata seorang juru bicara. "Ini menambah bukti sumber terbuka yang semakin banyak bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok memungkinkan invasi ilegal Rusia ke Ukraina. Pasokan senjata akan menjadi kontradiksi langsung dengan pernyataan Tiongkok bahwa mereka tidak akan menyediakan senjata kepada pihak-pihak terkait dalam konflik."

G3 dapat menempuh jarak sekitar 2.000 km (1.200 mil) dengan muatan 50 kg (110 pon), menurut laporan kepada kementerian pertahanan Rusia dari Kupol, yang ditempatkan di bawah sanksi AS pada Desember 2023. Sampel G3 dan beberapa model pesawat nirawak lain yang dibuat di Tiongkok telah dikirim ke Kupol di Rusia untuk pengujian lebih lanjut, lagi-lagi dengan melibatkan para ahli Tiongkok, kata mereka.

Dokumen tersebut tidak mengidentifikasi spesialis pesawat nirawak Tiongkok yang terlibat dalam proyek yang diuraikannya, dan Reuters tidak dapat menentukan identitas mereka.

Kupol telah menerima pengiriman tujuh pesawat nirawak militer buatan Tiongkok, termasuk dua G3, di kantor pusatnya di kota Izhevsk, Rusia, menurut dua dokumen terpisah ts ditinjau oleh Reuters, yang merupakan faktur yang dikirim ke Kupol pada musim panas oleh sebuah perusahaan Rusia yang menurut kedua sumber intelijen Eropa berfungsi sebagai perantara dengan pemasok Tiongkok. Faktur tersebut, yang salah satunya meminta pembayaran dalam yuan Tiongkok, tidak menyebutkan tanggal pengiriman atau mengidentifikasi pemasok di Tiongkok.

Kedua sumber intelijen tersebut mengatakan pengiriman sampel drone ke Kupol adalah bukti konkret pertama yang ditemukan agensi mereka tentang seluruh UAV yang diproduksi di Tiongkok yang dikirim ke Rusia sejak perang Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Mereka meminta agar baik mereka maupun organisasi mereka tidak diidentifikasi karena sensitivitas informasi tersebut. Mereka juga meminta rincian tertentu yang terkait dengan dokumen tersebut dirahasiakan, termasuk tanggal pastinya.

`STANDAR GANDA PADA PENJUALAN SENJATA`
Sumber tersebut menunjukkan kepada Reuters lima dokumen secara keseluruhan, termasuk dua laporan Kupol kepada kementerian pada paruh pertama tahun ini dan dua faktur, untuk mendukung klaim mereka tentang keberadaan proyek Rusia di Tiongkok untuk memproduksi drone untuk digunakan di Ukraina.

Program tersebut sebelumnya belum pernah dilaporkan. Laporan Kupol tidak memberikan lokasi yang lebih tepat untuk lokasi yang terkait dengan proyek tersebut. Reuters juga tidak dapat memastikan apakah Kementerian Pertahanan memberi lampu hijau kepada perusahaan tersebut untuk melanjutkan produksi serial yang diusulkan.

Beijing telah berulang kali membantah bahwa Tiongkok atau perusahaan Tiongkok telah memasok senjata kepada Rusia untuk digunakan di Ukraina, dengan mengatakan bahwa negara tersebut tetap netral.

Menanggapi pertanyaan untuk artikel ini, Kementerian Luar Negeri mengatakan kepada Reuters bahwa posisi Tiongkok menunjukkan kontras dengan negara-negara lain dengan "standar ganda dalam penjualan senjata" yang menurutnya telah "menambah bahan bakar ke dalam api krisis Ukraina".

Kementerian tersebut mengatakan awal bulan ini bahwa tidak ada pembatasan internasional terhadap perdagangan Tiongkok dengan Rusia, ketika menanggapi laporan Reuters bahwa Kupol telah mulai memproduksi pesawat nirawak militer jarak jauh Garpiya-A1 di Rusia dengan menggunakan mesin dan suku cadang Tiongkok.

Dokumen baru yang dilaporkan di sini menunjukkan bahwa Kupol milik negara telah melangkah lebih jauh dengan mendapatkan UAV lengkap dari Tiongkok.

Baik Rusia maupun Ukraina berlomba untuk meningkatkan produksi pesawat nirawak mereka, yang telah muncul sebagai senjata yang sangat efektif dalam perang.

David Albright, mantan inspektur senjata PBB yang mengepalai kelompok penelitian Institut Sains dan Keamanan Internasional, dan telah melakukan banyak pekerjaan mengenai kerja sama Tiongkok dan Rusia dalam produksi pesawat nirawak, mengatakan kepada Reuters bahwa Kupol dapat menghindari sanksi Barat terhadap Rusia dengan mendirikan fasilitas produksi di Tiongkok tempat ia dapat mengakses chip dan keahlian canggih.

Namun Bendett di Center for a New American Security mengatakan Beijing punya alasan untuk berhati-hati: "Agar pabrik yang secara resmi berdiri dan membangun UAV untuk Rusia membuat Tiongkok menghadapi beberapa dampak sanksi yang lebih parah, jadi tidak jelas sejauh mana Tiongkok bersedia untuk mengekspos dirinya sendiri."

Pemerintah Ukraina tidak menanggapi permintaan komentar untuk artikel ini.

SEBANDINGKAN DENGAN DRONE REAPER AS?
G3 adalah versi terbaru dari pesawat nirawak Garpiya-A1, menurut laporan Kupol yang dikirim ke kementerian pertahanan. Pesawat ini didesain ulang oleh para ahli Tiongkok yang mengerjakan cetak biru Garpiya-A1, kata mereka. Kupol mengatakan bahwa dalam waktu delapan bulan, proyek di Tiongkok akan siap memproduksi UAV serang REM 1 rancangan Tiongkok dengan muatan 400 kg. Kedua sumber intelijen Eropa mengatakan sistem ini akan mirip dengan pesawat nirawak Reaper AS.

Sumber tersebut mengatakan perusahaan pertahanan Rusia lainnya bernama TSK Vektor bertindak sebagai perantara antara Kupol dan pemasok Tiongkok dalam proyek tersebut. Mereka mengatakan perusahaan Rusia bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok bernama Redlepus TSK Vector Industrial, yang berkantor pusat di Shenzhen, tanpa menyebutkan peran Redlepus.
TSK Vektor dan Redlepus tidak menanggapi permintaan komentar.

Sebuah dokumen terpisah yang ditinjau oleh Reuters mengungkapkan rencana yang melibatkan Kupol, TSK Vektor, dan Redlepus untuk mendirikan pusat penelitian dan produksi pesawat nirawak gabungan Rusia-Tiongkok di zona ekonomi khusus Kashgar di provinsi Xinjiang, Tiongkok.

Reuters tidak dapat memastikan siapa yang membuat dokumen tersebut, yang memuat logo ketiga perusahaan tersebut, atau mengidentifikasi penerima yang dimaksud. "Pangkalan Penelitian dan Pembuatan UAV Canggih" seluas 80 hektar itu akan mampu memproduksi 800 drone per tahun, kata dokumen itu. Tidak ada jadwal yang diberikan kapan pangkalan itu akan beroperasi.

Minggu lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan militernya telah menerima sekitar 140.000 drone pada tahun 2023 dan bahwa Moskow berencana untuk meningkatkan jumlah ini sepuluh kali lipat tahun ini.

"Siapa pun yang bereaksi lebih cepat terhadap tuntutan di medan perang menang," katanya dalam sebuah pertemuan di St Petersburg tentang produksi drone.

KEYWORD :

Rusia China Proyek Rahasia Pabrik Drone




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :