Senin, 30/09/2024 10:27 WIB

Israel Perluas Serangan ke Yaman, Houthi Jadi Sasaran

Israel Perluas Serangan ke Yaman, Houthi Jadi Sasaran

Asap mengepul dari lokasi serangan udara Israel di kota pelabuhan Laut Merah Hodeidah, Yaman 29 September 2024. REUTERS

HODEIDAH - Israel mengatakan pihaknya mengebom sasaran Houthi di Yaman pada hari Minggu sebagai tanggapan atas tembakan rudal oleh militan yang berpihak pada Iran ke Israel selama dua hari terakhir. Pengeboman tersebut menandai front lain dalam pertempuran di Timur Tengah.

Serangan Israel menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 29 orang, kata Kementerian Kesehatan yang dikelola Houthi dalam sebuah pernyataan, dan penduduk mengatakan pemboman tersebut telah menyebabkan pemadaman listrik di sebagian besar wilayah kota pelabuhan Hodeidah.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa puluhan pesawat, termasuk jet tempur, telah menyerang pembangkit listrik dan pelabuhan laut di Hodeidah serta pelabuhan Ras Issa.

Itu adalah serangan Israel kedua terhadap Yaman hanya dalam waktu dua bulan. Pada bulan Juli, pesawat tempur Israel menyerang target militer Houthi di dekat Hodeidah setelah pesawat nirawak Yaman menghantam Tel Aviv dan menewaskan satu orang.

"Selama setahun terakhir, Houthi telah beroperasi di bawah arahan dan pendanaan Iran, dan bekerja sama dengan milisi Irak untuk menyerang Negara Israel, merusak stabilitas regional, dan mengganggu kebebasan navigasi global," kata pernyataan militer tersebut.

Militan Houthi Yaman, yang didukung oleh Iran, telah berulang kali menembakkan rudal dan pesawat nirawak ke Israel dalam apa yang mereka sebut sebagai solidaritas dengan Palestina, sejak perang Gaza dimulai dengan serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Dalam serangan terbaru mereka, Houthi mengatakan mereka telah meluncurkan rudal balistik pada hari Sabtu menuju Bandara Internasional Ben Gurion di dekat Tel Aviv, yang menurut Israel telah dicegat. Israel mencegat rudal Houthi lainnya pada hari Jumat.

Dalam sebuah posting di X, Mohammed Abdulsalam, juru bicara Houthi, mengatakan serangan Israel hari Minggu tidak akan menyebabkan kelompok itu "meninggalkan Gaza dan Lebanon".

Iran mengutuk serangan Israel, dengan mengatakan mereka telah menargetkan infrastruktur sipil, dan Presiden Masoud Pezeshkian mengatakan Israel tidak boleh diizinkan untuk menyerang negara-negara dalam "Poros Perlawanan" yang berpihak pada Iran satu demi satu.

Gerakan Houthi sebelumnya berduka atas kematian pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah, sekutunya dalam aliansi yang didukung Iran yang menentang Israel, setelah kematiannya dalam serangan udara Israel di Beirut.

KEYWORD :

Israel Palestina Houthi Yaman Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :