Senin, 30/09/2024 12:25 WIB

Serang Pemimpin Hizbullah, Senator AS Sebut Israel Gunakan Bom Buatan Amerika

Serang Pemimpin Hizbullah, Senator AS Sebut Israel Gunakan Bom Buatan Amerika

Senator Arizona Mark Kelly dari AS berbicara di Universitas Arizona Douglas, di Arizona, AS, 27 September 2024. REUTERS

WASHINGTON - Bom yang digunakan Israel untuk membunuh pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah di Beirut minggu lalu adalah senjata berpemandu buatan Amerika, kata seorang senator AS pada hari Minggu.

Mark Kelly, ketua Subkomite Angkatan Udara Senat, mengatakan Israel menggunakan bom seri Mark 84 seberat 2.000 pon (900 kg), selama wawancara dengan NBC. Pernyataannya menandai indikasi pertama AS tentang senjata apa yang telah digunakan.

"Kami melihat lebih banyak penggunaan amunisi berpemandu, JDAM, dan kami terus menyediakan senjata tersebut," kata Kelly, menggunakan singkatan yang merupakan singkatan dari Joint Direct Attack Munitions.

"Bom seberat 2.000 pon yang digunakan, itu adalah bom seri Mark 84, untuk menghabisi Nasrallah," katanya.

Militer Israel mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah menghabisi Nasrallah dalam serangan terhadap markas komando pusat kelompok itu di pinggiran selatan Beirut.

Militer Israel menolak berkomentar tentang senjata apa yang digunakan dalam serangan itu. Pentagon tidak segera bersedia memberikan komentar.

JDAM mengubah bom tanpa pemandu standar menggunakan sirip dan sistem pemandu GPS menjadi senjata berpemandu. AS adalah sekutu lama Israel dan pemasok senjata terbesar.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Bom Buatan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :