Selasa, 01/10/2024 04:41 WIB

Israel Terus Menyerang, Empat Lagi Pemimpin Hamas dan Palestina Tewas di Lebanon

Israel Terus Menyerang, Empat Lagi Pemimpin Hamas dan Palestina Tewas di Lebanon

Orang-orang memeriksa kerusakan di lokasi serangan Israel hari Minggu di kota Ain Deleb, Lebanon selatan 30 September 2024. REUTERS

BEIRUT - Kelompok militan Palestina Hamas mengatakan serangan udara Israel menewaskan pemimpinnya di Lebanon di kota Tyre pada hari Senin. Organisasi Palestina lainnya mengatakan tiga pemimpinnya tewas dalam serangan di pusat kota Beirut - serangan pertama di dalam batas ibu kota.

Pembunuhan tersebut merupakan yang terbaru dalam gelombang serangan intensif Israel selama dua minggu terhadap target militan di Lebanon, bagian dari konflik yang juga membentang dari wilayah Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki, hingga Yaman, dan di dalam Israel sendiri.

Hamas mengatakan pemimpinnya di Lebanon, Fateh Sherif Abu el-Amin tewas bersama istri, putra, dan putrinya, dalam serangan yang menargetkan rumah mereka di kamp pengungsi di kota selatan Tyre pada dini hari Senin.

Kelompok lain, Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP), mengatakan tiga pemimpinnya tewas dalam serangan yang menargetkan distrik Kola di Beirut.

Ini adalah pertama kalinya Israel menyerang Beirut di luar pinggiran selatannya dalam kampanye yang berpuncak pada pembunuhan pemimpin veteran Hizbullah Hassan Nasrallah minggu lalu dalam serangkaian serangan udara besar-besaran.

Serangan terhadap PFLP menghantam lantai atas sebuah gedung apartemen, kata saksi mata Reuters. Tidak ada komentar langsung dari militer Israel. Serangan terbaru menunjukkan Israel tidak berniat memperlambat serangannya di berbagai front bahkan setelah melenyapkan Nasrallah, yang merupakan sekutu terkuat Iran dalam "Poros Perlawanan" terhadap pengaruh Israel dan AS di kawasan tersebut.

Serangan intensif Israel terhadap Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon dan pasukan Houthi di Yaman telah memicu kekhawatiran bahwa pertempuran di Timur Tengah dapat lepas kendali dan melibatkan Iran dan Amerika Serikat, sekutu utama Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan Teheran tidak akan membiarkan "tindakan kriminal" Israel tidak ditanggapi. Ia merujuk pada terbunuhnya Nasrallah dan wakil komandan Garda Nasional Iran, Brigadir Jenderal Abbas Nilforoushan, yang tewas dalam serangan yang sama pada hari Jumat.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan lebih dari 1.000 warga Lebanon telah tewas dan 6.000 lainnya terluka dalam dua minggu terakhir, tanpa menyebutkan berapa banyak warga sipil. Satu juta orang - seperlima dari populasi - telah meninggalkan rumah mereka, kata pemerintah. Eskalasi ini membuat Beirut gelisah, dengan warga Lebanon khawatir Israel akan memperluas operasi militernya.

"Tidak ada lagi yang bisa dikatakan atau ditambahkan, kecuali Tuhan menyelamatkan Lebanon," kata warga Beirut, Nawel. "Apa yang akan terjadi pada saya sama saja dengan apa yang dapat terjadi pada siapa pun."

SERANGAN HOUTHI
Lebih dari 100.000 orang telah menyeberang ke Suriah dari Lebanon - termasuk warga negara kedua negara - sejak konflik antara pasukan Israel dan Hizbullah meningkat bulan ini, kata kepala badan pengungsi PBB Filippo Grandi pada hari Senin.

Pada hari Minggu, Israel melakukan serangan udara terhadap puluhan target Hizbullah di seluruh Lebanon dan terhadap milisi Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman. Jumlah korban tewas di Lebanon pada hari Minggu meningkat menjadi 105, menurut pernyataan kementerian kesehatan.

Kementerian kesehatan yang dipimpin Houthi di Yaman mengatakan sedikitnya empat orang tewas dalam serangan udara di pelabuhan Hodeidah, yang menurut Israel merupakan respons terhadap serangan rudal Houthi.

Pesawat nirawak Israel terbang di atas Beirut hampir sepanjang hari Minggu, dengan ledakan keras serangan udara baru bergema di sekitar ibu kota Lebanon. Banyak serangan Israel telah dilakukan di selatan Lebanon, tempat Hizbullah melakukan sebagian besar operasinya, atau pinggiran selatan Beirut.

Serangan hari Senin di distrik Kola tampaknya merupakan serangan pertama di dalam batas kota Beirut. Israel telah berjanji untuk terus melakukan serangan dan mengatakan ingin membuat wilayah utaranya aman kembali bagi penduduk yang terpaksa melarikan diri dari serangan roket Hizbullah.

Baku tembak di perbatasan Lebanon-Israel telah terjadi hampir setiap hari sejak perang antara Hamas dan Israel meletus hampir setahun yang lalu. Hizbullah mengatakan pihaknya bertindak sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas. Amerika Serikat, Israel Sekutunya, telah mendesak penyelesaian diplomatik atas konflik di Lebanon tetapi juga telah mengizinkan militernya untuk memperkuat diri di wilayah tersebut.

Presiden AS Joe Biden, ketika ditanya apakah perang habis-habisan di Timur Tengah dapat dihindari, berkata: "Itu harus dihindari."

Dia mengatakan akan berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :