Selasa, 01/10/2024 08:44 WIB

Survei Riset Veracity, Ridwan Kamil-Suswono Unggul 48,58 Persen

Hasil survei juga mensimulasikan kemungkinan Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran.

Lembaga riset Veracity. Foto: rm.id

JAKARTA – Pasangan Ridwan Kamil dengan Siswono (RK-Soswono) unggul 48,58 persen dari para pesaingnya di Pilkada Jakarta 2024.

Lembaga Riset Veracity merilis hasil survei tersebut yang melibatkan 1.200 responden melalui metode multistage random sampling di seluruh wilayah Jakarta.

Survei ini mensimulasikan pilihan responden terhadap tiga paslon yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKJ,” kata Direktur Veracity Data Indonesia, M. Akram Mansyur melalui keterangannya di Jakarta, Senin (30/9/2024).

Berdasarkan data hasil survei, pasangan Ridwan Kamil – Suswono mendominasi perolehan suara dengan dukungan sebesar 48,58%, mengungguli pasangan Pramono Anung – Rano Karno yang memperoleh 32,08% dukungan.

Sementara itu, pasangan Dharma Pongrekun – Kun Wardana tertinggal jauh dengan hanya 2,25% dukungan.

Hasil survei juga mensimulasikan kemungkinan Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran. Jika putaran kedua terjadi, pasangan Ridwan Kamil – Suswono diperkirakan tetap memimpin dengan dukungan 47,67%, mengungguli pasangan Pramono Anung – Rano Karno yang mendapat 32,42%. Sebanyak 12,92% responden masih belum menentukan pilihan, dan 7% ragu-ragu.

Sementara itu, jika Pilkada putaran kedua mempertemukan pasangan Pramono Anung – Rano Karno dengan Dharma Pongrekun – Kun Wardana, Pramono Anung diperkirakan meraih 56,58% suara, jauh mengungguli Dharma Pongrekun yang hanya mendapat 4,92%.

Dengan Pilkada yang tinggal kurang dari dua bulan, pasangan Ridwan Kamil – Suswono memiliki peluang besar untuk memenangkan kontestasi ini, kecuali terjadi perubahan signifikan dalam strategi kampanye pasangan calon lainnya.

Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta diprediksi akan menjadi salah satu pertarungan politik paling menarik tahun ini, dengan Ridwan Kamil – Suswono sementara unggul di berbagai survei.

KEYWORD :

Ridwan Kamil-Suwono Rido Survei Riset Veracity




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :