Selasa, 01/10/2024 16:29 WIB

580 Anggota DPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang sadaura-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Gedung DPR/MPR RI

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 telah resmi dilantik untuk menjalankan tugasnya sebagai anggota DPR RI selama lima tahun ke depan. Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin bertindak memandu sumpah/janji para anggota dewan.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang sadaura-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia," kata Syarifuddin, di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Selasa (1/10).

"Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD negara RI 1945. Sumpah janji ini, adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap saudara ikuti lafal sumpah janji yang akan saya pandu," lanjutnya.

Pelantikan dan pengucapan sumpah/janji tersebut disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Adapun sumpah/janji anggota DPR masa bakti 2024-2029 tersebut yakni untuk memenuhi kewajiban sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945.

Kemudian untuk menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. 

Selanjutnya, seluruh anggotan dewan harus berjanji untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang mereka wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terakhir, seluruh anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota Dewan, dan dlanjutkan dengan enyerahan Memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah-terima.

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Sidang Paripurna anggota dewan periode 2024-2029




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :