Selasa, 01/10/2024 18:35 WIB

Pansel Serahkan 10 Nama Capim KPK ke Jokowi

Nama capim dan calon dewas yang lolos seleksi bakal diumumkan oleh Pansel dalam konferensi pers

Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Jakarta, Jurnas.com - Panitia seleksi Calon Pimpinan (Capim) dan Calon Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah menyerahkan nama-nama calon yang lolos tahap wawancara kepada Presiden Joko Widodo.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan penyerahan nama-nama itu berlangsung di Ruang Holding Base Off Lanud Halim Perdanakusuma pada Selasa, 1 Oktober 2024.

"Pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, pukul 13.00 WIB, Bapak Presiden telah menerima Panitia Seleksi Capim KPK dan Calon Dewas KPK di Ruang Holding, Base Off Lanud Halim Perdanakusuma," kata Ari dalam keterangannya.

Ari menyebut nama-nama capim dan calon dewas yang lolos seleksi bakal diumumkan oleh Pansel dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) siang ini.

Jumlah nama yang diserahkan Pansel KPK yakni masing-masing 10 untuk capim dan calon dewas KPK. Nantinya nama-nama capim itu akan diberikan ke DPR untuk selanjutnya dilakukan fit and proper test.

"Terkait nama-nama Capim KPK dan Calon Dewas KPK yang disampaikan Pansel ke Presiden akan diumumkan secara langsung oleh Pansel dalam konferensi pers di Kemensetneg," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 20 nama calon pimpinan dan anggota dewan pengawas periode 2024-2029 yang dinyatakan lulus seleksi penilaian profil atau profile assessment telah mengikuti tahapan tes wawancara pada pertengahan September lalu.

Adapun 20 calon pimpinan KPK yang mengikuti tahapan wawancara ialah Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Didik Agung Widjanarko, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Harli Siregar, I Nyoman Wara, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, dan Johan Budi Sapto Pribowo.

Kemudian Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Muhammad Yusuf, Pahala Nainggolan, Poengky Indarti, Sang Made Mahendra Jaya, Setyo Budiyanto, Sugeng Purnomo, Wawan Wardiana, serta Yanuar Nugroho.

Sementara 20 calon anggota dewan pengawas KPK ialah Achmed Sukendro, Benny Jozua Mamoto, Bobby Hamzar Rafinus, Chisca Mirawati, Elly Fariani, Gatot Darmasto, Gusrizal, Hamdi Hassyarbaini, Hamidah Abdurrachman, dan Heru Kreshna Reza.

Kemudian Iskandar Mz, Kaspudin Nor, Liberti Sitinjak, Maria Margareta Rini Purwandari, Mirwazi, Padma Dewi Liman, Panutan Sakti Sulendrakusuma, Sri Hadiati, Wara Kustriani Sumpeno, serta Wisnu Baroto.

KEYWORD :

Panitia Seleksi Pansel Capim KPK Calon Pimpinan KPK Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :