Kamis, 03/10/2024 05:35 WIB

Dewan Keselamatan Transportasi AS Rencana Uji Simulator Tambahan pada Boeing

Dewan Keselamatan Transportasi AS Rencana Uji Simulator Tambahan pada Boeing

Sebuah pesawat Boeing 737 MAX dirakit di pabrik perusahaan di Renton, Washington, AS, 25 Juni 2024. Foto via REUTERS

WASHINGTON - Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengatakan lebih dari 40 operator asing pesawat Boeing (BA.N), 737 mungkin menggunakan pesawat dengan komponen kemudi yang dapat menimbulkan risiko keselamatan, meskipun tidak mengidentifikasi maskapai mana yang dapat terpengaruh.

NTSB pada hari Kamis mengeluarkan rekomendasi keselamatan mendesak tentang potensi sistem kontrol kemudi yang macet pada beberapa pesawat 737 setelah insiden Februari yang melibatkan penerbangan United Airlines (UAL.O).

Pada hari Senin, badan tersebut mengatakan 271 komponen yang terdampak mungkin dipasang pada pesawat yang dioperasikan oleh sedikitnya 40 maskapai penerbangan asing dan 16 mungkin masih dipasang pada pesawat yang terdaftar di AS dan hingga 75 mungkin telah digunakan dalam pemasangan purnajual.

Namun, NTSB dan Administrasi Penerbangan Federal AS tidak mengidentifikasi maskapai mana yang mungkin menggunakan komponen tersebut. Beberapa maskapai asing tidak menanggapi pertanyaan Reuters tentang armada mereka.

Boeing, yang menolak berkomentar pada hari Senin, mengatakan minggu lalu telah memberi tahu operator 737 yang terdampak tentang "kondisi potensial dengan aktuator pemandu peluncuran kemudi" pada bulan Agustus, dalam apa yang dikenal sebagai Pesan Multi Operator.

Namun, Ketua NTSB Jennifer Homendy mengatakan dalam sebuah surat kepada Administrator Administrasi Penerbangan Federal Mike Whitaker bahwa mereka khawatir "tentang kemungkinan maskapai penerbangan lain tidak menyadari keberadaan aktuator ini pada pesawat 737 mereka."

Seorang juru bicara All Nippon Airways (9202.T), yang mengoperasikan 39 pesawat Boeing 737-NG, mengatakan pada hari Selasa "sebagai tindakan pencegahan, kami sedang dalam tahap persiapan untuk menyingkirkan komponen yang disebutkan NTSB," seraya menambahkan bahwa hal itu tidak berdampak pada operasinya. Pihaknya sedang menilai berapa banyak pesawatnya yang terdampak, kata orang tersebut.

Japan Airlines (9201.T), yang mengoperasikan 62 pesawat Boeing 737-800, mengatakan tidak ada satu pun dari pesawat 737 miliknya yang menggunakan komponen yang terdampak, menurut seorang juru bicara, dan seorang juru bicara China Airlines juga mengatakan bahwa maskapai itu tidak terdampak.

Seorang juru bicara Ryanair (RYA.I), salah satu pelanggan terbesar Boeing, juga mengatakan tidak ada dampak dari masalah komponen tersebut.

NTSB juga mengungkapkan pada hari Senin bahwa mereka telah mengetahui dua operator asing mengalami insiden serupa pada tahun 2019 yang melibatkan aktuator pemandu peluncuran.

Masalah ini merupakan kemunduran terbaru bagi Boeing, yang telah menghadapi serangkaian pertanyaan keselamatan setelah keadaan darurat di udara pada bulan Januari yang melibatkan pesawat baru Alaska Airlines (ALK.N), buka tab baru 737 MAX 9 yang kehilangan empat baut kunci. Saham turun 1,5% dalam aksi prapasar pada hari Selasa.

NTSB sedang menyelidiki sebuah insiden pada bulan Februari di mana pedal kemudi pada United 737 MAX 8 "terjebak" dalam posisi netral selama pendaratan di Newark. Tidak ada cedera pada 161 penumpang dan awak.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka mengetahui laporan NTSB. "EASA sedang berhubungan erat dengan FAA dan akan mengambil tindakan sebagaimana diperlukan," kata seorang juru bicara.

Homendy, yang berbicara kepada Whitaker tentang masalah tersebut minggu lalu, mengatakan bahwa dia khawatir FAA "tidak menanggapi masalah ini dengan lebih serius hingga kami mengeluarkan laporan rekomendasi keselamatan yang mendesak."

FAA mengatakan bahwa mereka menanggapi rekomendasi NTSB dengan serius dan dijadwalkan untuk melakukan pengujian simulator tambahan pada bulan Oktober.

United mengatakan minggu lalu bahwa komponen kontrol kemudi yang dipermasalahkan hanya digunakan pada sembilan dari pesawat 737 miliknya yang awalnya dibuat untuk maskapai lain dan semua komponen tersebut telah dilepas awal tahun ini.

NTSB pada hari Senin mengkritik Boeing karena gagal memberi tahu United bahwa 737 yang diterimanya dilengkapi dengan aktuator yang "terhubung secara mekanis ke sistem kontrol kemudi" dan menyatakan kekhawatiran bahwa maskapai lain tidak menyadari keberadaannya.

"Awak pesawat mungkin tidak tahu apa yang diharapkan jika aktuator pemandu peluncuran gagal pada ketinggian rendah atau selama pendaratan," kata NTSB, menyebut kegagalan tersebut "tidak dapat diterima."

KEYWORD :

Boeing MAX Risiko Keselamatan Peringatan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :