Kamis, 03/10/2024 05:36 WIB

Perdana Menteri Jepang yang Baru, Umumkan Kabinet Jelang Pemilu Dadakan

Perdana Menteri Jepang yang Baru, Umumkan Kabinet Jelang Pemilu Dadakan

Nicole Kidman dan Sunday Rose Urban pada tahun 2024. (FOTO: SHUTTERSTOCK)

TOKYO - Perdana Menteri baru Jepang Shigeru Ishiba pada hari Selasa mengumumkan kabinetnya saat ia berupaya memulihkan partai divisi dan mengamankan mandat nasional dengan pemilihan umum cepat pada 27 Oktober.

Anggota parlemen veteran itu, yang dianggap sebagai orang luar partai yang gagal dalam empat pencalonan kepemimpinan sebelumnya, telah menunjuk gabungan dari para pesaing dan sekutu dan kabinet yang beranggotakan 20 menteri yang hanya mencakup dua perempuan, kurang dari setengah dari pemerintahan sebelumnya.

Di antara para pria tersebut terdapat dua pesaing kepemimpinan di posisi-posisi penting, Katsunobu Kato sebagai menteri keuangan dan Yoshimasa Hayashi yang akan tetap menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet, sebuah jabatan yang mencakup peran juru bicara pemerintah, pemerintah mengumumkan.

Pengangkatan Kato, seorang pendukung kebijakan fiskal dan moneter ekspansif "Abenomics" mantan perdana menteri Shinzo Abe, tampaknya merupakan tindakan penyeimbangan untuk meredakan kekhawatiran atas strategi ekonomi kabinet berikutnya.

Indeks saham Nikkei (.N225), turun hampir 5% pada hari Senin sebagai reaksi terhadap melonjaknya yen menyusul kemenangan Ishiba atas Sanae Takaichi, seorang pencinta uang dan ekspansionis fiskal, dalam kontes kepemimpinan hari Jumat. Indeks tersebut pulih pada hari Selasa.

Sekutu dekat Ishiba, Takeshi Iwaya, mantan kepala pertahanan, akan mengambil alih jabatan sebagai menteri luar negeri, sementara Jenderal Nakatani akan kembali ke kementerian pertahanan, posisi yang dipegangnya pada tahun 2016. Yoji Muto, mantan menteri muda, akan mengambil alih tugas di kementerian ekonomi, perdagangan, dan industri.

Mantan menteri pertahanan berusia 67 tahun, yang minggu lalu memenangkan persaingan ketat untuk memimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, dikonfirmasi sebelumnya pada hari itu sebagai perdana menteri oleh parlemen. Ia dijadwalkan untuk mengadakan konferensi pers pertamanya di Tokyo pada hari itu.

Pendekatan pemerintahan Ishiba terhadap diplomasi dengan sekutu terdekat Jepang, Amerika Serikat, akan menjadi fokus, karena ia telah berulang kali menyerukan hubungan yang lebih seimbang dengan Washington.

Ia juga mengusulkan pembentukan versi Asia dari kelompok keamanan kolektif NATO untuk menghalangi Tiongkok, sebuah ide yang dapat memancing kemarahan dari Beijing dan telah ditolak oleh seorang pejabat senior AS sebagai sesuatu yang tergesa-gesa.

Ishiba harus meredakan kemarahan yang membara di dalam negeri atas meningkatnya biaya hidup dan ekonomi yang lesu, dan menavigasi lingkungan keamanan yang tidak stabil di Asia Timur yang dipicu oleh Tiongkok yang semakin tegas dan Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Dalam pidato kemenangannya pada hari Jumat, ia berbicara tentang perlunya meningkatkan keamanan Jepang setelah serangan teritorial baru-baru ini oleh kapal militer Tiongkok dan Rusia.

DI LUAR TENDA
Lima anggota parlemen yang ikut serta dalam pemilihan kepemimpinan bersamanya belum dimasukkan dalam pemerintahannya atau diberi jabatan penting di partai.

Di antara mereka adalah Takaichi, seorang konservatif garis keras yang dikalahkannya dengan 215 suara berbanding 194 pada hari Jumat dalam pemilihan kepemimpinan yang sangat ketat dalam hampir tujuh dekade. Media lokal melaporkan bahwa ia telah menolak jabatan senior di partai.

Itu dapat menyulitkan Ishiba, yang selalu menjadi favorit dalam jajak pendapat publik, untuk mengelola kelompok penguasa yang terpecah belah yang diguncang oleh skandal termasuk sumbangan yang tidak tercatat di pesta penggalangan dana.

Yoshihiko Noda, pemimpin partai oposisi terbesar, Partai Demokrat Konstitusional Jepang, mengatakan partai itu berencana menyerang LDP atas skandal-skandalnya dalam pemilihan umum mendatang.

"Kita tidak dapat membangun pemerintahan yang tepat melalui perubahan rezim semu," kata Noda di stasiun penyiaran publik NHK.

Namun, terlepas dari berbagai kesulitannya, partai yang telah memerintah Jepang selama sebagian besar era pascaperang itu kemungkinan besar akan tetap berkuasa dalam pemilihan umum mendatang mengingat oposisi Jepang yang lemah.

Sepertiga responden jajak pendapat akhir pekan oleh surat kabar Mainichi mengatakan mereka mendukung LDP, dibandingkan dengan 15% yang mendukung oposisi utama, Partai Demokrat Konstitusional Jepang.

Lebih dari separuh responden, termasuk mereka yang mendukung partai oposisi, mengatakan mereka optimis dengan penunjukan Ishiba.

KEYWORD :

PM Jepang Shigeru Ishiba Bentuk Kabinet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :