Kamis, 03/10/2024 16:11 WIB

Pidato Perdana, Ketua MPR Ajak Pemerintah dan Rakyat Indonesia Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Karena itu pengaruh yang kita miliki, baik di non blok, G20, APEC, OKI. MPR mendorong agar pemerintah Republik Indonesia menggunakannya (pengaruh) untuk mencegah peperangan yang lebih luas dan menciptakan Palestina yang merdeka.

Ketua MPR RI terpilih 2024-2029, Ahmad Muzani. (Foto: Tangkapan Layar)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengajak pemerintah untuk terus memperjuangkan kemerdekaan PalestinaPemerintah juga diharapkan untuk dapat menggunakan seluruh pengaruhnya mencegah agar eskalasi peperangan yang terjadi agar tidak meluas dan merebak sampai kemana-mana.

“Meskipun kita harus mencegah terjadinya peperangan yang luas di satu sisi, tapi di sisi lain kita juga harus tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina sebagai sebuah komitmen yang tetap kita junjung tinggi,” kata Muzani dalam pidato perdananya sebagai Ketua MPR terpilih periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Muzani menegaskan, memperjuangkan kemerdekaan Palestina adalah sebuah amanah dari sejarah yang dipikul bangsa Indonesia sejak 1955 atau tepatnya ketika Konferensi Asia Afrika (KAA) dilaksanakan di Bandung.

“Itu adalah Dasa Sila Bandung yang sampai sekarang menjadi amanah dan belum tercapai,” kata Muzani.

“Karena itu pengaruh yang kita miliki, baik di non blok, G20, APEC, OKI. MPR mendorong agar pemerintah Republik Indonesia menggunakannya (pengaruh) untuk mencegah peperangan yang lebih luas dan menciptakan Palestina yang merdeka,” imbuhnya menegaskan.

Lebih lanjut, Muzani juga mengajak semua elemen masyarakat, termasuk media, lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta akademisi untuk bersinergi dalam menyuarakan kepentingan rakyat Palestina.

“Kita harus berkolaborasi untuk memastikan bahwa suara mereka didengar dan diperjuangkan serta mendapatkan dukungan internasional yang kuat,” demikian Sekjen DPP Partai Gerindra ini.

 

KEYWORD :

Ketua MPR Ahmad Muzani Gerindra kemerdekaan Palestina pidato perdana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :