Kamis, 03/10/2024 21:19 WIB

Bambang Pacul Ngaku Tak Tahu, Tiba-tiba Ditugaskan PDIP Jadi Wakil Ketua MPR

Saya juga tidak tahu, tiba-tiba ditugasin.

Wakil Ketua MPR RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. (Foto: Dok. Tempo)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengaku partai-nya menugaskan-nya secara tiba-tiba untuk menjadi perwakilan Fraksi PDI Perjuangan sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029.

“Saya juga tidak tahu, tiba-tiba ditugasin,” kata Bambang Pacul usai menghadiri Sidang Paripurna MPR RI Ke-3 dengan agenda pelantikan Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dia menyebut penugasannya untuk menjadi perwakilan Fraksi PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua MPR RI 2024-2029 telah ditandatangani oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

“Yang tanda tangan Bu Mega sama Pak Sekjen,” ucapnya.

Dia pun memastikan akan menggeser fokus pada ranah yang menjadi lingkup bidang MPR dari bidang cakupan Komisi III DPR RI yang pada periode sebelumnya ia pimpin.

“Ya, kan sudah pasti beda fokus-nya. Jadi geser lah pasti. Geser ke situ, ke MPR,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut alasan Bambang Wuryanto diusulkan fraksi partai-nya sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029 karena pengalamannya yang mumpuni di DPR RI.

“Ya, itu hak partai yang kemudian memilih Pak Bambang Pacul buat PDIP. Beliau adalah salah satu tokoh di PDIP yang sudah berkiprah lama sekali, sudah mumpuni di DPR, sudah banyak pengalaman,” kata Puan usai menghadiri Sidang Paripurna Ke-3 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senayan, Kamis.

Untuk itu, dia menilai dengan pengalaman bekal pengalaman selama beberapa periode duduk di Senayan maka Ketua Komisi III DPR RI periode 2019-2024 itu memiliki jaringan koneksi yang luas.

“Juga mempunyai jaringan atau pertemanan dengan semua yang ada di sini dengan baik, karenanya kami berharap beliau dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Diketahui, Bambang Pacul telah duduk sebagai anggota DPR RI selama berturut-turut sejak periode tahun 2004 hingga saat ini.

Sebelumnya, Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Kamis, menyetujui Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Ketua MPR RI periode 2024—2029 menggantikan Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI periode 2019—2024.

Selain itu, sidang paripurna tersebut juga menyetujui delapan pimpinan MPR RI lainnya untuk dilantik, yakni Bambang Wuryanto (Fraksi PDI Perjuangan), Kahar Muzakir (Fraksi Partai Golkar), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai NasDem), Rusdi Kirana (Fraksi PKB), Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), Eddy Soeparno (Fraksi PAN), dan Edhie Baskoro Yudhoyono ( Fraksi Partai Demokrat), serta Abcandra Muhammad Akbar Supratman (Kelompok DPD RI).

 

KEYWORD :

Warta MPR Bambang Pacul Wakil Ketua MPR PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :