Jum'at, 04/10/2024 03:28 WIB

Israel Serang Beirut, Houthi Serang Tel Aviv dengan Pesawat Nirawak

Israel Serang Beirut, Houthi Serang Tel Aviv dengan Pesawat Nirawak

Pria melihat bangunan yang rusak di lokasi serangan Israel di lingkungan Bachoura, Beirut tengah, Lebanon, 3 Oktober 2024. REUTERS

BEIRUT - Israel mengebom pusat kota Beirut pada Kamis dini hari, menewaskan sedikitnya enam orang, setelah pasukannya mengalami hari paling mematikan di garis depan Lebanon dalam setahun bentrokan dengan Hizbullah yang didukung Iran.

Israel mengatakan pihaknya melancarkan serangan udara tepat sasaran di Beirut. Saksi mata Reuters melaporkan mendengar ledakan besar, dan sumber keamanan mengatakan ledakan itu menargetkan sebuah gedung di distrik pusat Bachoura dekat parlemen, serangan Israel terdekat yang pernah terjadi di pusat ibu kota Lebanon.

Setidaknya enam orang tewas dan tujuh orang terluka, kata pejabat kesehatan Lebanon. Sebuah foto yang beredar di grup WhatsApp Lebanon, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan sebuah gedung yang rusak parah dengan lantai pertamanya terbakar.

Tiga rudal juga menghantam pinggiran selatan Dahiyeh, tempat pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah terbunuh minggu lalu, dan ledakan keras terdengar, kata pejabat keamanan Lebanon. Pinggiran selatan menjadi sasaran lebih dari selusin serangan Israel pada hari Rabu.

Pasukan Pertahanan Israel mendesak penduduk desa-desa Lebanon yang telah mengungsi dari rumah mereka untuk tidak kembali sampai pemberitahuan lebih lanjut. "Serangan IDF terus berlanjut," kata juru bicara Avichay Adraee di X pada hari Kamis.

Kelompok militan Houthi Yaman yang didukung Iran mengatakan pihaknya melancarkan serangan pesawat nirawak ke ibu kota keuangan Israel, Tel Aviv.

"Operasi tersebut berhasil mencapai tujuannya dengan kedatangan pesawat nirawak tanpa terdeteksi atau ditembak jatuh oleh musuh," kata Yahya Saree, juru bicara militer kelompok tersebut.

Sehari setelah Iran menembakkan lebih dari 180 rudal ke Israel, Israel mengatakan pada hari Rabu delapan tentara tewas dalam pertempuran darat di Lebanon selatan saat pasukannya menyerbu tetangganya di utara.

Militer Israel mengatakan infanteri reguler dan unit lapis baja bergabung dalam operasi darat di Lebanon pada hari Rabu saat serangan rudal Iran dan janji pembalasan Israel memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Timur Tengah penghasil minyak tersebut.

Hizbullah mengatakan para pejuangnya terlibat dalam pertempuran dengan pasukan Israel di dalam Lebanon. Gerakan tersebut melaporkan bentrokan darat untuk pertama kalinya sejak pasukan Israel menyerbu perbatasan pada hari Senin. Hizbullah mengatakan telah menghancurkan tiga tank Merkava Israel dengan roket di dekat kota perbatasan Maroun El Ras. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dalam sebuah video belasungkawa, mengatakan: "Kita berada di puncak perang yang sulit melawan Poros Kejahatan Iran, yang ingin menghancurkan kita.

"Ini tidak akan terjadi karena kita akan bersatu dan dengan pertolongan Tuhan, kita akan menang bersama."

G7 DAN CHINA SERUKAN DIPLOMASI
Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 46 orang di wilayah selatan dan tengah dalam 24 jam terakhir.

Iran mengatakan pada hari Rabu bahwa serangan rudalnya - serangan terbesarnya terhadap Israel - telah berakhir, kecuali jika ada provokasi lebih lanjut, tetapi Israel dan Amerika Serikat berjanji untuk membalas dengan keras.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia tidak akan mendukung serangan Israel terhadap situs nuklir Iran sebagai tanggapan atas serangan rudal balistiknya dan mendesak Israel untuk bertindak "proporsional" terhadap musuh bebuyutannya di kawasan itu.

Biden bergabung dalam panggilan dengan para pemimpin negara-negara besar Kelompok Tujuh lainnya untuk mengoordinasikan tanggapan, termasuk sanksi baru terhadap Teheran, kata Gedung Putih.

Para pemimpin G7 menyuarakan "kekhawatiran yang kuat" atas krisis Timur Tengah tetapi mengatakan solusi diplomatik masih dapat dilaksanakan dan konflik di seluruh kawasan tidak menguntungkan siapa pun, kata sebuah pernyataan.

Tiongkok meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengambil "tindakan mendesak" guna meredakan situasi di Timur Tengah. "Dewan Keamanan memikul tanggung jawab utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional," kata perwakilan tetap Tiongkok untuk PBB, Fu Cong, dalam pengarahan Dewan Keamanan pada hari Rabu, menurut berita Xinhua. Fu mengatakan semua pihak "harus kembali ke jalur solusi politik dan diplomatik".

Negara-negara Barat telah menyusun rencana darurat untuk mengevakuasi warga negara dari Lebanon setelah eskalasi dramatis pada hari Selasa, tetapi belum ada yang meluncurkan evakuasi militer skala besar, meskipun demikian Saya menyewa pesawat karena bandara Beirut tetap buka.

1,2 JUTA WARGA LEBANON TERGULING
Hizbullah mengatakan pihaknya memukul mundur pasukan Israel di dekat beberapa kota perbatasan dan menembakkan roket ke pos-pos militer di Israel.

Pimpinan media kelompok paramiliter Mohammad Afif mengatakan pertempuran itu hanya "babak pertama" dan bahwa Hizbullah memiliki cukup banyak pejuang, senjata, dan amunisi untuk memukul mundur Israel.

Penambahan pasukan infanteri dan lapis baja Israel dari Divisi ke-36, termasuk Brigade Golani, Brigade Lapis Baja ke-188, dan Brigade Infanteri ke-6, menunjukkan bahwa operasi tersebut mungkin meluas melampaui serangan komando terbatas.

Militer mengatakan serangannya sebagian besar ditujukan untuk menghancurkan terowongan dan infrastruktur lain di perbatasan dan tidak ada rencana untuk operasi yang lebih luas yang menargetkan Beirut di utara atau kota-kota besar di selatan.

Meskipun demikian, pemerintah mengeluarkan perintah evakuasi baru untuk sekitar dua lusin kota di sepanjang perbatasan selatan, yang meminta penduduk untuk menuju ke utara Sungai Awali, yang mengalir dari timur ke barat sekitar 60 km (40 mil) di utara perbatasan Israel.

Lebih dari 1.900 orang tewas dan lebih dari 9.000 orang terluka di Lebanon dalam hampir setahun pertempuran lintas perbatasan, dengan sebagian besar kematian terjadi dalam dua minggu terakhir, menurut statistik pemerintah Lebanon.

Perdana Menteri sementara Najib Mikati mengatakan sekitar 1,2 juta warga Lebanon telah mengungsi akibat serangan Israel.

Malika Joumaa, dari Sudan, berlindung di gereja Saint Joseph di Beirut setelah dipaksa meninggalkan rumahnya di dekat Sidon di pesisir selatan Lebanon bersama suami dan dua anaknya.

"Bagus bahwa gereja menawarkan bantuannya," katanya. "Kami akan tetap tinggal di jalanan; ke mana kami akan pergi?" Iran menggambarkan serangan rudal hari Selasa sebagai respons terhadap pembunuhan para pemimpin militan oleh Israel, termasuk Nasrallah, serangan di Lebanon terhadap kelompok tersebut, dan perang Israel terhadap militan Hamas Palestina yang didukung Iran di Gaza. Tidak ada korban jiwa dari serangan rudal di Israel, tetapi satu orang tewas di Tepi Barat yang diduduki Israel.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :