Jum'at, 04/10/2024 04:26 WIB

Produksi Senjata Ukraina Tiga Kali Lipat dari Tahun Lalu, Berkembang selama Perang

Produksi Senjata Ukraina Tiga Kali Lipat dari Tahun Lalu, Berkembang selama Perang

Angkatan bersenjata Ukraina menembakkan sistem senjata peluru kendali antitank MILAN di wilayah Donetsk, Ukraina, 13 Juni 2024. REUTERS

KYIV - Ukraina dapat memproduksi empat juta drone per tahun dan dengan cepat meningkatkan produksi senjata lainnya, Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan dalam komentar yang diizinkan untuk dipublikasikan pada hari Rabu.

Berbicara pada hari Selasa kepada para eksekutif dari puluhan produsen senjata asing di Kyiv, Zelenskiy mengatakan Ukraina telah membuat kontrak untuk memproduksi 1,5 juta drone tahun ini.

Produksi drone hampir tidak ada di Ukraina sebelum invasi Rusia pada bulan Februari 2022.

"Dalam kondisi yang sangat sulit dari perang skala penuh di bawah serangan Rusia yang terus-menerus, Ukraina mampu membangun industri pertahanan yang hampir baru," kata Zelenskiy.

Ukraina melipatgandakan keseluruhan produksi senjata dalam negerinya pada tahun 2023 dan kemudian menggandakan volume itu lagi hanya dalam delapan bulan pertama tahun ini, Perdana Menteri Denys Shmyhal mengatakan pada pertemuan yang sama. Pejabat Ukraina tidak memberikan angka absolut.

Lebih dari 31 bulan berperang dengan pasukan Rusia yang menyerang, dan tanpa akhir yang terlihat, Ukraina sekarang menghabiskan sekitar setengah dari anggaran negaranya - atau sekitar $40 miliar - untuk pertahanan. Ukraina juga menerima sejumlah besar dukungan militer dan keuangan dari sekutu-sekutu Baratnya.

Rusia, yang jauh lebih besar dan lebih kaya daripada tetangganya di selatan, diperkirakan akan menaikkan anggaran militernya sendiri sebesar 25% tahun depan dari levelnya pada tahun 2024, menjadi sekitar $145 miliar.

PENINGKATAN PRODUKSI DALAM NEGERI
Pejabat Ukraina mengatakan mereka memperkirakan pendanaan asing akan terus berkurang sementara kebutuhan pertahanannya terus membengkak. Kyiv semakin fokus untuk memproduksi sebanyak mungkin di dalam negeri.

Shmyhal mengatakan pemerintah berencana untuk meningkatkan anggaran guna membantu meningkatkan pertumbuhan produksi senjata dalam negeri pada tahun 2025.

"Anggaran tahun depan memperkirakan peningkatan dana sebesar 65% untuk pembelian senjata. Ini merupakan peningkatan hampir $7 miliar," kata Shmyhal kepada forum tersebut.

Ia mengatakan tugas strategis Ukraina adalah meningkatkan kemampuan jarak jauh dalam negerinya dan menciptakan kondisi untuk memiliki keunggulan teknologi atas pasukan Rusia.

Pasukan Moskow telah terus maju di wilayah Donetsk timur Ukraina dan pada hari Rabu mengklaim kendali penuh atas kota pertambangan kecil Vuhledar.

Kemampuan untuk menyerang jauh di dalam Rusia merupakan prioritas bagi Ukraina. Zelenskiy telah meminta izin untuk menggunakan rudal jarak jauh Barat untuk melakukan serangan di dalam Rusia, sejauh ini tanpa kesepakatan apa pun.

"Di antara tugas strategis kami adalah memperkuat kemampuan jarak jauh senjata Ukraina, sehingga tidak ada tempat yang aman di wilayah Eropa Rusia yang tidak dapat dijangkau oleh "puing-puing" pesawat nirawak dan rudal kami," kata Shmyhal.

Selama acara hari Selasa, beberapa perjanjian ditandatangani antara perusahaan Ukraina dan asing untuk memproduksi amunisi, berbagai jenis pesawat nirawak, dan juga untuk memperbaiki peralatan Barat di Ukraina.

Kelompok pertahanan Prancis-Jerman KNDS, yang memproduksi kendaraan beroda dan beroda lapis baja berat, mengumumkan telah membuka anak perusahaan di Kyiv.

KEYWORD :

Ukraina Tingkatkan Produksi Senjata Drone




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :