Jum'at, 04/10/2024 06:20 WIB

Penasihat Harris Bertemu Pemimpin Muslim AS yang Marah Atas Dukungannya terhadap Israel

Penasihat Harris Bertemu Pemimpin Muslim AS yang Marah Atas Dukungannya terhadap Israel

Calon presiden dari Partai Demokrat AS Kamala Harris saat sampaikan pidato dukungannya terhadap Israel di Washington, AS, 1 Oktober 2024. REUTERS

WASHINGTON - Seorang penasihat senior Wakil Presiden Kamala Harris bertemu dengan para pemimpin Muslim dan Arab Amerika pada hari Rabu saat kampanye presiden Harris berupaya untuk memenangkan kembali para pemilih yang marah atas dukungan AS terhadap perang Israel di Gaza dan Lebanon.

Penasihat keamanan nasional Harris, Phil Gordan, memberi tahu para pemimpin masyarakat dalam pertemuan virtual tersebut bahwa pemerintah mendukung gencatan senjata di Gaza, diplomasi di Lebanon, dan stabilitas di Tepi Barat yang diduduki Israel, kata kantor wakil presiden.

Ali Dagher, seorang pengacara dan pemimpin masyarakat Lebanon-Amerika, mengatakan bahwa upaya penjangkauan dari kantor Harris tidaklah cukup. "Terlalu sedikit, terlalu terlambat," kata Dagher, yang tidak berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Harris, seorang Demokrat, akan menghadapi mantan Presiden Republik Donald Trump pada tanggal 5 November dalam apa yang menurut jajak pendapat merupakan pemilihan presiden yang ketat.

Presiden Joe Biden memenangkan sebagian besar suara Muslim dan Arab tahun 2020, tetapi dukungan mereka terhadap Demokrat telah menurun tajam selama hampir setahun Israel memerangi Hamas di Gaza. Aktivis mengatakan Biden dan Harris telah berbuat terlalu sedikit untuk menghentikan kampanye militer Israel di daerah kantong Palestina tersebut.

Otoritas kesehatan Palestina mengatakan bahwa serangan militer Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 41.000 warga Palestina. Israel menanggapi serangan pada 7 Oktober 2023 oleh orang-orang bersenjata Hamas, yang menurut Israel telah menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik sekitar 250 sandera. Gaza telah menderita krisis kemanusiaan dengan hampir seluruh 2 juta penduduknya mengungsi dan kelaparan yang meluas di daerah kantong tersebut.

Di Lebanon, lebih dari 1.900 orang telah tewas dan 9.000 lainnya terluka selama hampir setahun pertempuran lintas batas antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran, dengan sebagian besar kematian terjadi dalam dua minggu terakhir, menurut statistik pemerintah Lebanon.

Emgage, sebuah kelompok advokasi Muslim Amerika, baru-baru ini mendukung Harris, sementara yang lain telah mendesak para pendukungnya untuk menjauhinya. Meskipun mereka tidak mendukung Trump, pilihan mereka untuk tidak memilih atau memilih kandidat pihak ketiga dapat merugikan Harris, kata para analis.

Dukungan AS untuk Israel telah menyebabkan protes besar, terutama di negara bagian yang diperebutkan dengan sengit seperti Michigan yang dapat menentukan hasil pemilu. Harris tidak menawarkan perbedaan kebijakan substantif tentang Israel dari Biden, yang mengundurkan diri sebagai kandidat presiden pada bulan Juli.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Dukungan Muslim Arab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :