Jum'at, 04/10/2024 07:16 WIB

Usai Pembunuhan Nasrallah, 43 Persen Warga Beri Nilai Baik terhadap Netanyahu

Usai Pembunuhan Nasrallah, 43 Persen Warga Beri Nilai Baik terhadap Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato di Majelis Umum PBB ke-79 di markas besar PBB di New York, AS, 27 September 2024. REUTERS

YERUSALEM - Bagi Israel, pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah menjadi momen yang patut dikenang. Hal itu dianggap membangkitkan semangat bangsa yang masih bergulat dengan trauma serangan Hamas pada 7 Oktober dan perang selama setahun, serta menyemangati Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang pernah berjuang melawan krisis.

Setelah kematian Nasrallah dalam serangan udara Israel di Beirut dikonfirmasi pada hari Sabtu, Netanyahu menyampaikan pernyataan di televisi, yang mengatakan pembunuhan itu merupakan "titik balik" dalam perang.

"Setahun kemudian, pukulan demi pukulan ... harapan mereka telah pupus. Israel memiliki momentum, kami menang," katanya.

Pada hari Selasa, militer mengumumkan bahwa setelah berminggu-minggu mengintensifkan serangan udara, pasukan komando telah menyeberang ke Lebanon untuk melakukan serangan terarah di daerah-daerah yang dekat dengan perbatasan. Beberapa jam kemudian, dikonfirmasi bahwa unit pasukan khusus telah beroperasi di Lebanon selama berbulan-bulan.

Sebuah survei untuk Institut Demokrasi Israel yang diterbitkan pada hari Selasa menemukan bahwa 80% orang Israel, termasuk 90% orang Israel Yahudi, mendukung keputusan untuk memulai serangan terhadap Hizbullah bahkan ketika perang terus berlanjut di Gaza.

Netanyahu, yang telah berangsur-angsur pulih sejak dimulainya perang ketika ia secara luas disalahkan atas kegagalan keamanan yang memungkinkan terjadinya serangan 7 Oktober, mungkin juga akan mendapat manfaat darinya.

Diangkat oleh keberhasilan serangan terhadap Nasrallah dan pembunuhan beberapa minggu sebelumnya terhadap pemimpin Hamas saat itu Ismail Haniyeh, ia telah memperkuat cengkeramannya pada koalisinya yang terkadang retak dengan membawa mantan sekutu yang berubah menjadi saingannya Gideon Saar ke dalam pemerintahannya, meningkatkan mayoritasnya menjadi 68 kursi yang nyaman di Knesset yang beranggotakan 120 orang.

"Klaim Netanyahu selalu menjadi `Tuan Keamanan` dan sekarang akhirnya, setelah 7 Oktober, ia berhasil mendapatkan kembali gelar tersebut dengan operasi-operasi ini di utara," kata Aviv Bushinsky, seorang komentator politik dan mantan ajudan Netanyahu.

Sebuah survei yang diterbitkan pada hari Minggu oleh N12 News Israel menunjukkan tren berkelanjutan dari partai Likud Netanyahu yang perlahan pulih dalam jajak pendapat, meskipun masih kalah dalam pemilihan. Ketika ditanya bagaimana mereka menilai perilaku Netanyahu dalam perang, 43% responden mengatakan `baik`, naik dari 35% dalam jajak pendapat terakhir, 10 hari sebelumnya.

Jajak pendapat Channel 12 menunjukkan Likud masih kurang dari margin kemenangan tetapi dengan 25 kursi, partai itu akan menjadi partai terbesar di parlemen yang beranggotakan 120 orang, jauh lebih tinggi dari posisi sebelumnya dalam perang, ketika survei secara teratur memberikannya tidak lebih dari 16-18 kursi.

Orang Israel hancur oleh serangan 7 Oktober dan kredensial keamanan Netanyahu hancur. Kelompok militan Islam Palestina Hamas mempermalukan salah satu militer paling kuat di Timur Tengah, ketika intelijen Israel gagal memperingatkan tentang serangan yang akan segera terjadi dan pasukan lambat untuk menangkisnya.

KEYAKINAN MILITER
Hasilnya adalah hari paling mematikan dalam sejarah Israel dan kegagalan keamanan terburuk sejak perang Yom Kippur, hampir 50 tahun setelahnya, dengan 1.200 orang tewas dan lebih dari 250 sandera disandera, banyak dari mereka warga sipil yang ditawan dari rumah mereka.

Di Israel utara, puluhan ribu orang telah mengungsi dari rumah mereka sejak Oktober, ketika Hizbullah mulai menembakkan roket untuk mendukung Hamas.

Hampir setahun kemudian, Israel masih melancarkan perangnya melawan Hamas dan Netanyahu belum menyatakan kemenangan, dengan 101 sandera masih berada di Gaza dan Hamas, meskipun melemah, masih berdiri.

Namun, kampanye melawan Hizbullah berbeda. Nasrallah telah memimpin kelompok tersebut untuk menjadi kekuatan regional, dan dipandang oleh Israel sebagai ancaman yang jauh lebih serius, lebih terorganisasi dan jauh lebih bersenjata daripada sekutunya, Hamas.

Kini Israel telah digempur habis-habisan, sebagian besar pemimpin seniornya telah tewas dan sebagian besar persenjataan misilnya telah hancur dalam dua minggu pemboman hebat yang telah memulihkan kesadaran Israel akan potensi militernya sendiri. Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pager dan walkie-talkie Hizbullah, meskipun tidak dikonfirmasi oleh Israel, secara umum telah dikaitkan dengan dinas intelijen Mossad.

Pejabat Israel mengatakan mereka yakin kematian Nasrallah tidak akan menciptakan masalah diplomatik yang berkepanjangan yang disebabkan oleh perang di Gaza, di mana tujuan Netanyahu yang sering diulang-ulang untuk "kemenangan total" atas Hamas terbukti sangat sulit dicapai.

Sebaliknya, Israel menggunakan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa 1701 sebagai tolok ukurnya, yang menegaskan bahwa pasukan Hizbullah di Lebanon selatan harus dipukul mundur melewati Sungai Litani, sekitar 30 km (18 mil) dari perbatasan.

KELEGAAN
"Israel kini memiliki pengaruh diplomatik yang lebih besar, yang memungkinkannya untuk memperjuangkan kepentingannya dalam perjanjian apa pun, daripada menerima status quo yang diusulkan oleh Amerika dan Prancis," kata Orna Mizrahi, seorang peneliti di lembaga pemikir INSS di Tel Aviv.

Dia mengatakan akan ada sedikit kesempatan bagi Israel untuk terus maju dengan kampanyenya melawan Hizbullah sebelum korban sipil dari kampanye tersebut menarik tekanan internasional untuk mengakhiri operasinya.

Di jalan-jalan Nahariya, di Israel utara, rasa aman agak pulih.

"Saya sangat senang bahwa Israel membunuh Hassan Nasrallah. Saya merasa lega. Saya berharap sekarang akan lebih baik, di sini di Israel. Kami harus melakukannya sebelumnya, dan kami memiliki tentara terbaik di dunia," kata Ofra Elbaz, seorang guru.

Namun, warga Israel mungkin akan bangkit dari suasana kegembiraan mereka saat peringatan pertama serangan 7 Oktober tiba minggu depan, kata komentator politik Bushinsky. Arsitek serangan itu, pemimpin Hamas Yahya Sinwar masih sulit ditemukan, para sandera masih berada di Gaza, dan meskipun ada serangan spektakuler terhadap Hizbullah, puluhan ribu penduduk yang dievakuasi dari utara selama berbulan-bulan akibat tembakan lintas batas, masih belum kembali ke rumah.

"Kami sangat tertarik dengan dua minggu terakhir, operasi beeper dan walkie-talkie, hingga menjatuhkan semua pimpinan senior Hizbullah. Namun, saya pikir minggu depan, kita akan kembali menyadari kenyataan," kata Bushinsky. "Dan orang-orang akan mulai bertanya, "Oke, apa yang terjadi sekarang? Kapan ini berakhir?"

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Pemimpin Nasrallah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :