Sabtu, 05/10/2024 03:34 WIB

Biden Sebut Perang Habis-habisan dapat Dihindari, Israel Pertimbangkan Balas Serangan Iran

Biden Sebut Perang Habis-habisan dapat Dihindari, Israel Pertimbangkan Balas Serangan Iran

Gambar selebaran yang dirilis pada 3 Oktober 2024 oleh tentara Israel menunjukkan operasi di Lebanon selatan. Handout via REUTERS

WASHINGTON - Presiden AS Joe Biden mengatakan dia tidak yakin akan ada "perang habis-habisan" di Timur Tengah, karena Israel mempertimbangkan opsi untuk membalas setelah serangan terbesar Teheran terhadap musuh bebuyutannya.

Namun, Biden mengatakan lebih banyak yang perlu dilakukan untuk menghindari perang Timur Tengah, karena militer Israel menyerang Beirut dengan serangan udara baru dalam pertempuran melawan kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah.

Ketika ditanya oleh wartawan di Washington pada hari Kamis seberapa yakinnya dia bahwa perang semacam itu dapat dihindari, Biden berkata, "Seberapa yakin Anda bahwa itu tidak akan terjadi? Begini, saya tidak percaya akan ada perang habis-habisan. Saya pikir kita dapat menghindarinya.

"Tetapi masih banyak yang harus dilakukan, masih banyak yang harus dilakukan."

Sementara Amerika Serikat, Uni Eropa, dan sekutu lainnya telah menyerukan gencatan senjata segera selama 21 hari dalam konflik Israel-Lebanon, Biden mengatakan AS sedang berdiskusi dengan Israel mengenai pilihannya untuk menanggapi serangan Teheran, yang termasuk serangan Israel terhadap fasilitas minyak Iran.
"Kami sedang mendiskusikan itu," kata Biden kepada wartawan.

Komentarnya berkontribusi pada lonjakan harga minyak global, dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah membuat para pedagang khawatir tentang potensi gangguan pasokan.

Namun, Biden menambahkan: "Tidak akan terjadi apa-apa hari ini." Ketika ditanya kemudian apakah dia mendesak Israel untuk tidak menyerang fasilitas minyak Iran instalasi, Biden mengatakan dia tidak akan bernegosiasi di depan umum.

Pada hari Rabu, presiden mengatakan dia tidak akan mendukung serangan Israel terhadap situs nuklir Iran.

Pada hari Kamis, duta besar Israel untuk PBB, Danny Danon, mengatakan kepada CNN bahwa negaranya memiliki "banyak pilihan" untuk pembalasan dan akan menunjukkan kekuatannya kepada Teheran "segera".

Seorang pejabat AS mengatakan Washington tidak yakin Israel telah memutuskan bagaimana menanggapi Iran.

Daerah pinggiran selatan Beirut, Dahiye, benteng Hezbollah yang didukung Iran, kembali diserang menjelang tengah malam pada hari Kamis setelah Israel memerintahkan orang-orang untuk meninggalkan rumah mereka di beberapa daerah, kata penduduk dan sumber keamanan.

Serangan udara tersebut menargetkan pejabat Hezbollah Hashem Safieddine, yang dikabarkan sebagai penerus pemimpinnya yang dibunuh Hassan Nasrallah, di sebuah bunker bawah tanah, kata reporter Axios Barak Ravid di X, mengutip tiga pejabat Israel.

Nasib Safieddine tidak jelas, katanya.
Militer Israel menolak berkomentar.

Israel mengatakan Hizbullah meluncurkan sekitar 230 roket dari Lebanon ke Israel pada hari Kamis.

Hizbullah mengatakan pihaknya menargetkan apa yang disebutnya "pangkalan Sakhnin" Israel untuk industri militer di Teluk Haifa di pantai Mediterania di Israel utara dengan salvo roket.

Pada Kamis malam, Hizbullah mengatakan pihaknya juga menargetkan "pangkalan Nesher" Israel di Haifa dengan salvo roket Fadi 2.

G7 MINTA PENGENDALIAN DIRI
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji Iran akan menanggung biaya serangan rudal hari Selasa, dan Washington mengatakan akan bekerja sama dengan sekutu lamanya untuk memastikan Iran menghadapi "konsekuensi yang berat."

Presiden Iran Masoud Pezeshkian, yang berbicara di Doha, mengatakan pada hari Kamis bahwa Teheran akan siap untuk menanggapi.

"Setiap jenis serangan militer, aksi teroris, atau melewati batas merah kami akan ditanggapi dengan tanggapan tegas oleh angkatan bersenjata kami," katanya.

Israel, yang telah memerangi Hamas di wilayah Palestina di Gaza selama hampir setahun, mengirim pasukan ke Lebanon selatan pada hari Selasa setelah dua minggu serangan udara yang intens dalam konflik yang memburuk yang telah melibatkan Iran dan berisiko melibatkan Amerika Serikat.

Negara-negara Kelompok Tujuh, yang meliputi AS, Inggris, dan sekutu, pada hari Kamis mengutuk serangan rudal Iran pada hari Selasa dan menegaskan kembali komitmen mereka terhadap keamanan Israel. Namun kelompok itu juga menyerukan pengekangan diri, gencatan senjata di Gaza dan penghentian permusuhan di Lebanon.

"Siklus serangan dan pembalasan yang berbahaya berisiko memicu eskalasi yang tidak terkendali di Timur Tengah, yang tidak menguntungkan siapa pun," katanya dalam sebuah pernyataan.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani juga mendesak upaya gencatan senjata yang serius untuk menghentikan apa yang disebutnya agresi Israel.

Ketua DPR AS FKomite Urusan Luar Negeri mendesak presiden AS pada hari Kamis untuk mempercepat pengiriman senjata ke Israel, termasuk bom seberat 2.000 pon (907 kg) yang ditahan selama berbulan-bulan karena masalah hak asasi manusia.

Satu bom seberat 2.000 pon dapat merobek beton dan logam tebal, menciptakan radius ledakan yang luas.

Perwakilan Michael McCaul mengatakan dalam sebuah surat yang dikirim ke Biden dan dilihat oleh Reuters bahwa bom sebesar itu diperlukan secara operasional karena Hamas dan Hizbullah menggunakan bunker dan terowongan bawah tanah yang terkubur dalam.

HIZBOLLAH SEBUT MEMBUNUH 17 PASUKAN ISRAEL
Israel mengatakan operasinya di Lebanon bertujuan untuk memungkinkan puluhan ribu warganya kembali ke rumah setelah pemboman Hizbullah selama perang Gaza memaksa mereka mengungsi dari wilayah utara. Lebih dari 1,2 juta warga Lebanon telah mengungsi akibat serangan Israel, dan hampir 2.000 orang telah tewas sejak dimulainya serangan Israel di Lebanon selama setahun terakhir, sebagian besar dari mereka dalam dua minggu terakhir, kata otoritas Lebanon.

Pada hari Jumat pagi, kementerian kesehatan Lebanon mengatakan 27 orang tewas dan 151 orang terluka pada hari sebelumnya.

Hizbullah mengatakan telah menangkis beberapa operasi darat oleh pasukan Israel, dengan tindakan seperti penyergapan dan bentrokan langsung.

Kelompok itu mengatakan telah menewaskan 17 personel militer Israel dalam pertempuran di Lebanon selatan pada hari Kamis, mengutip sumber lapangan dan keamanannya. Pasukan Israel tidak mengomentari klaim tersebut.

Serangan Israel menewaskan sedikitnya 18 orang pada hari Kamis di kamp pengungsi Tulkarm di Tepi Barat yang diduduki, kata kementerian kesehatan Palestina, dan Israel mengatakan telah menewaskan seorang pejabat Hamas di Tulkarm.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :