Minggu, 06/10/2024 16:19 WIB

Perluas Operasi Menyasar Pengganti Pemimpin Hizbullah, Serangan Hebat Guncang Beirut

Perluas Operasi Menyasar Pengganti Pemimpin Hizbullah, Serangan Hebat Guncang Beirut

Asap mengepul di pinggiran selatan Beirut setelah serangan, di tengah permusuhan Hizbullah dan pasukan Israel, 6 Oktober 2024. REUTERS

BEIRUT - Serangan beruntun besar-besaran menghantam pinggiran selatan Beirut mulai Sabtu malam hingga Minggu, kata saksi mata Reuters, mengirimkan ledakan ke seluruh kota dan memicu kilatan warna merah dan putih selama hampir 30 menit yang terlihat dari beberapa kilometer jauhnya.

Serangan itu terjadi setelah Israel melakukan pemboman selama berhari-hari di pinggiran kota Beirut yang dianggap sebagai benteng kelompok bersenjata Hizbullah yang didukung Iran, menewaskan pemimpinnya Sayyed Hassan Nasrallah, dan mungkin calon penggantinya.

Sumber keamanan Lebanon mengatakan pada hari Sabtu bahwa Hashem Safieddine, calon penggantinya, telah hilang kontak sejak hari Jumat, setelah serangan udara Israel di dekat bandara internasional kota itu yang dilaporkan telah menargetkannya.

Militer Israel mengatakan telah melenyapkan Nasrallah dalam serangan di markas komando pusat kelompok itu di Beirut pada tanggal 27 September. Hizbullah mengonfirmasi bahwa ia telah terbunuh.

Sumber keamanan Lebanon mengatakan serangan Israel sejak hari Jumat di Dahiyeh, daerah permukiman dan benteng Hizbullah di selatan pusat kota Beirut, telah membuat petugas penyelamat tidak dapat menyisir lokasi serangan pada Kamis malam.

Hizbullah belum memberikan komentar sejauh ini tentang Safieddine. Kehilangannya akan menjadi pukulan lain bagi kelompok itu dan pelindungnya, Iran. Serangan Israel di seluruh wilayah itu tahun lalu, yang meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir, telah menghancurkan kepemimpinan Hizbullah.

Israel telah memperluas aksinya di Lebanon. Pada hari Sabtu, Israel melakukan serangan pertamanya di kota Tripoli di utara, kata seorang pejabat keamanan Lebanon, dan pasukan Israel melancarkan serangan di selatan.

Setidaknya delapan serangan mengguncang pinggiran selatan Beirut Sabtu malam termasuk di dekat bandara, menurut saksi mata Reuters, setelah militer Israel memperingatkan beberapa penduduk untuk mengungsi.

Sebelum peningkatan baru-baru ini, baku tembak antara Israel dan Hizbullah sebagian besar terbatas pada wilayah perbatasan Israel-Lebanon, bersamaan dengan perang Israel selama setahun di Gaza melawan kelompok Palestina Hamas.

Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan pada hari Sabtu bahwa Israel telah menewaskan 440 pejuang Hizbullah dalam operasi daratnya di Lebanon selatan dan menghancurkan 2.000 target Hizbullah. Hizbullah belum merilis jumlah korban tewas. Israel mengatakan pihaknya meningkatkan serangannya terhadap Hizbullah untuk memungkinkan puluhan ribu warga kembali ke rumah-rumah mereka di Israel utara, yang dibombardir oleh kelompok itu sejak 8 Oktober lalu.

Pihak berwenang Israel mengatakan pada hari Sabtu bahwa sembilan tentara Israel telah tewas di Lebanon selatan sejauh ini.

KEMATIAN WARGA SIPIL, PENGUNGSI
Serangan Israel juga telah menewaskan ratusan warga Lebanon biasa, kata pejabat Lebanon, dan memaksa 1,2 juta orang - hampir seperempat dari populasi - meninggalkan rumah mereka.

Pejabat keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa serangan hari Sabtu di sebuah kamp pengungsi Palestina di Tripoli menewaskan seorang anggota Hamas, istrinya, dan dua anaknya. Media yang berafiliasi dengan kelompok Palestina mengatakan serangan itu menewaskan seorang pemimpin sayap bersenjatanya, yang menyebut namanya sebagai Saeed Atallah.

Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menewaskan dua anggota Hamas yang beroperasi di Lebanon, tetapi tidak mengatakan apakah mereka berada di Tripoli, kota pelabuhan mayoritas Muslim Sunni yang juga menjadi sasaran selama perang tahun 2006 dengan Hizbullah

Tidak ada komentar langsung dari Hamas.
Di Israel utara, sirene serangan udara pada hari Sabtu membuat orang-orang berlarian mencari tempat berlindung di tengah tembakan roket dari Lebanon.

Hizbullah mengatakan telah menembakkan rudal ke apa yang disebutnya "perusahaan ATA untuk industri militer di dekat pangkalan Sakhnin," dekat Haifa. Tidak segera jelas apa yang dimaksud Hizbullah.

Tentara Israel mengatakan dua proyektil telah melintas dari Lebanon, salah satunya dicegat sementara yang lain mendarat tetapi tidak menimbulkan kerusakan.

PERINGATAN 7 OKTOBER
Kekerasan itu terjadi menjelang peringatan serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, di mana 1.200 orang tewas dan sekitar 250 orang disandera, menurut penghitungan Israel. Serangan Israel berikutnya terhadap Gaza telah menewaskan hampir 42.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza, dan membuat hampir seluruh penduduk daerah kantong itu yang berjumlah 2,3 juta orang mengungsi.

Dampaknya terhadap warga sipil telah memicu protes yang meluas di seluruh dunia. Ribuan demonstran turun ke jalan di kota-kota besar di seluruh dunia pada hari Sabtu menjelang peringatan tersebut.

Iran, yang mendukung Hizbullah dan Hamas, dan yang telah kehilangan komandan utamanya Korps Garda Revolusi yang elit untuk serangan udara Israel tahun ini, meluncurkan rudal balistik ke Israel pada hari Selasa. Serangan itu tidak menimbulkan banyak kerusakan.
Israel telah mempertimbangkan berbagai pilihan untuk tanggapannya.

Harga minyak telah naik karena kemungkinan serangan Israel terhadap fasilitas minyak Iran. Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat mendesak Israel untuk mempertimbangkan alternatif selain menyerang infrastruktur minyak Iran.

Jenderal tertinggi AS untuk wilayah tersebut, Jenderal Angkatan Darat Michael "Eric" Kurilla, sedang melakukan perjalanan ke Timur Tengah, kata seorang pejabat pertahanan AS pada hari Sabtu, menolak untuk menyebutkan negara mana atau untuk mengonfirmasi laporan media Israel bahwa ia telah tiba di Israel untuk berkonsultasi dengan pejabat militer Israel.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :