Senin, 07/10/2024 05:38 WIB

Usai Badai Helene, Beredar Teori Konspirasi Sebut Cuaca Direkayasa oleh Pengusaha Tambang

Usai Badai Helene, Beredar Teori Konspirasi Sebut Cuaca Direkayasa oleh Pengusaha Tambang

Seorang wanita bereaksi di dalam toko yang terkena banjir setelah Badai Helene berlalu, di Old Fort, North Carolina, AS, 4 Oktober 2024. REUTERS

FLORIDA - Setelah kehancuran Badai Helene di Amerika Serikat minggu ini, badai baru muncul di media sosial - rumor palsu tentang bagaimana dana bencana telah digunakan. Bahkan muncul juga klaim bahwa pejabat mengendalikan cuaca.

Pejabat pemerintah daerah dan nasional mengatakan mereka berusaha melawan rumor tersebut, termasuk yang disebarkan oleh calon presiden dari Partai Republik Donald Trump.

Salah satu rumor yang paling tidak masuk akal adalah bahwa Helene adalah badai yang direkayasa untuk memungkinkan perusahaan menambang endapan litium regional. Yang lain menuduh pemerintahan Presiden Joe Biden menggunakan dana bencana federal untuk membantu para migran di negara itu secara ilegal, atau menyatakan bahwa para pejabat sengaja meninggalkan mayat dalam pembersihan.

Anggota Kongres dari Partai Republik Marjorie Taylor Greene memposting di X Kamis malam: "Ya, mereka dapat mengendalikan cuaca. Sungguh konyol bagi siapa pun untuk berbohong dan mengatakan itu tidak dapat dilakukan."

Teori konspirasi muncul pada saat yang penting bagi upaya penyelamatan dan pemulihan setelah badai tersebut, salah satu badai paling mematikan di AS abad ini. Dan pemilihan presiden antara Trump dan Wakil Presiden Kamala Harris tinggal sebulan lagi.

Baik dari Partai Republik maupun Demokrat mengatakan rumor tersebut menimbulkan masalah. "Saya baru saja berbicara dengan seorang Senator yang telah menerima 15 panggilan HARI INI tentang mengapa kita tidak menghentikan ........ `isi titik-titiknya,`" kata Kevin Corbin, seorang Republikan di Senat Carolina Utara - negara bagian yang merupakan salah satu yang paling terdampak oleh Helene. "98% kemungkinan itu tidak benar dan jika itu adalah masalah, seseorang mengetahuinya dan menanganinya," tulisnya di Facebook.

"Saya mulai agak lelah dengan gangguan yang disengaja," tambahnya.

Pejabat Gedung Putih pada hari Jumat menuduh beberapa pemimpin Republik dan media konservatif sengaja menyebarkan rumor untuk memecah belah rakyat Amerika dengan cara yang dapat membahayakan upaya bantuan bencana.

"Disinformasi semacam ini dapat membuat orang enggan mencari bantuan penting saat mereka sangat membutuhkannya," kata memo Gedung Putih. "Sangat penting bagi setiap pemimpin, apa pun keyakinan politik mereka, untuk berhenti menyebarkan racun ini."

Memo tersebut menyoroti klaim Trump selama rapat umum minggu ini bahwa Biden dan Harris telah menggunakan dana darurat federal "untuk orang-orang yang seharusnya tidak berada di negara kita."

"Ini SALAH," kata memo tersebut. "Tidak ada dana bantuan bencana yang digunakan untuk mendukung perumahan dan layanan bagi para migran. Tidak ada. Sama sekali."

Menanggapi permintaan komentar untuk artikel ini, tim kampanye Trump mengulangi tuduhan bahwa dana FEMA telah digunakan untuk menampung para migran di negara tersebut secara ilegal.

Badan Manajemen Darurat Federal memiliki dana untuk tanggapan segera dan upaya pemulihan bagi Helene, menurut memo Gedung Putih, dan telah memberikan jutaan dolar bantuan kepada mereka yang sedang dalam pemulihan.

FEMA telah menjadi sasaran begitu banyak kebohongan sehingga telah membuat halaman tanggapan rumor di situs webnya untuk mencoba meredamnya.

Helene menghantam Florida seminggu yang lalu dan telah menewaskan lebih dari 200 orang serta menghancurkan setengah lusin negara bagian di AS Tenggara.

Beberapa pejabat mencoba memerangi disinformasi itu sendiri di media sosial. Katie Keaotamai, yang bekerja di FEMA tetapi mengatakan bahwa dia berbicara di media sosial dalam kapasitas pribadi, menjelaskan proses tanggapan bencana FEMA dalam beberapa unggahan TikTok yang telah ditonton ribuan kali.

Peristiwa bencana sering kali dipolitisasi, kata Kate Starbird, salah satu pendiri Center for an Informed Public di University of Washington, seraya menambahkan bahwa media sosial menghargai "sensasionalisme dan kemarahan dengan perhatian."

"Memanipulasi proses pembuatan makna (misalnya menyebarkan teori konspirasi dan disinformasi) dan mempolitisasi peristiwa akan mempersulit upaya untuk merespons dan memulihkan keadaan sekarang — dan untuk membuat keputusan yang tepat tentang cara mempersiapkan dan mengurangi dampak bencana berikutnya," kata Starbird.

KEYWORD :

Badai Helene Florida Viginia Teori Konspirasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :