Selasa, 08/10/2024 21:10 WIB

Mindfulness, Cara Sekolah Global Sevilla Cegah Masalah Mental

Sekolah Global Sevilla memberikan kepedulian terhadap kesehatan mental para peserta didik melalui mindfulness

Konferensi Day of Mindfulness di Sekolah Global Sevilla (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Sekolah Global Sevilla memberikan kepedulian terhadap kesehatan mental para peserta didik. Salah satu caranya ialah dengan mengintegrasikan mindfulness dalam kehidupan siswa, guru, dan orang tua.

Superintendent Sekolah Global Sevilla, Michael Thia, mengatakan bahwa mindfulness merupakan sebuah pendekatan yang membantu siswa untuk tetap fokus terhadap di sekitar mereka saat ini, alih-alih terlalu mengkhawatirkan masa depan dan masa lalu.

Dengan menggunakan pendekatan semacam ini, lanjut Michael, maka siswa diharapkan mampu menyeimbangkan antara upaya mencapai prestasi akademik di sekolah serta tetap sehat secara emosional.

"Memang pencapaian akademik penting, tapi karakter dan kesehatan mental juga penting. Ini yang diyakini oleh orang tua siswa, sehingga sekolah dan orang tua dapat bekerja sama," kata Michael dalam konferensi pers HUT ke-22 Sekolah Global Sevilla bertajuk `Day of Mindfulness` di Kampus Puri Indah, Jakarta Barat, pada Senin (7/10).

"Kami juga punya guru yang sangat membantu siswa, sehingga siswa tidak segan ketika menceritakan masalahnya kepada guru," dia menambahkan.

Sejumlah kegiatan mindfulness yang diselenggarakan dalam rangkaian HUT ke-22 Sekolah Global Sevilla antara lain Qi Gong, berkebun mindful, mindful eating, mindful tea drinking, sound healing, hingga mindful colouring.

Michael menambahkan bahwa pendekatan mindfulness juga berguna bagi siswa setelah lulus dari Sekolah Global Sevilla, utamanya ketika mereka nantinya terjun ke dunia kerja.

"Mindfulness ini teknik berpiir. Ketika mereka nantinya hadir di masyarakat, mindfulness berguna untuk memahami orang lain, dan selalu mencari cara untuk tetap memberikan kontribusi positif," ujar Michael.

Kindergarten Principal Sekolah Global Sevilla, Lizbeth, mengatakan pendekatan mindfulness yang diterapkan selama ini sudah memberikan dampak langsung. Di antaranya, siswa menjadi lebih rileks ketika berinteraksi maupun saat sedang melakukan kegiatan pembelajaran.

"Minggu pertama ketika menerima mindfulness mereka biasanya masih lari lari, enerjik, karena energi masih tinggi. Ketika mindfulness sudah diterapkan, cenderung lebih rileks," Lizbeth menjelaskan.

Sementara itu, perwakilan orang tua siswa, Sylvia mengaku senang dengan penerapan mindfulness di Sekolah Global Sevilla. Bahkan, orang tua siswa turut bekerja sama dengan pihak sekolah dalam memantau pembelajaran anak di sekolah.

KEYWORD :

Sekolah Global Sevilla Mindfulness Kesehatan Mental Stres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :