Rabu, 09/10/2024 03:16 WIB

Kremlin Sebut Serangan Siber saat Putin Ulang Tahun Dilakukan terhadap Saluran TV Nasional

Kremlin Sebut Serangan Siber saat Putin Ulang Tahun Dilakukan terhadap Saluran TV Nasional

Ilustrasi peretasan ponsel pintar dengan tampilan bendera Rusia dan kode biner di atasnya dibuat pada 23 Februari 2023. REUTERS

MOSKOW - Perusahaan media pemerintah Rusia VGTRK, yang memiliki dan mengoperasikan stasiun TV nasional utama negara itu, menjadi sasaran serangan siber besar-besaran pada hari Senin. Sumber pemerintah Ukraina mengatakan peretas Kyiv telah menyebabkannya.

Situs web VGTRK, Perusahaan Penyiaran Radio dan Televisi Negara Seluruh Rusia, tidak dapat dibuka pada hari Senin pagi dan saluran berita Rossiya-24 yang bersiaran 24 jam tidak tersedia secara daring.

"Layanan 503 Tidak Tersedia. Tidak ada server yang tersedia untuk menangani permintaan ini," bunyi pesan kesalahan saat wartawan Reuters mencoba mengakses siaran langsung.

"Media milik negara kami, salah satu yang terbesar, telah menghadapi serangan peretas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada infrastruktur digitalnya," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, mengatakan VGTRK sedang berupaya mengatasi konsekuensinya.

"Para spesialis sedang berupaya mencari tahu semua keadaan, untuk memahami ke mana jejak yang ditinggalkan oleh mereka yang mengorganisir serangan peretas pada objek infrastruktur penting ini mengarah."

VGTRK, yang mengatakan sebelumnya pada hari Senin bahwa layanan daringnya telah diserang siber dalam semalam dan saluran beritanya menyediakan banyak berita tentang perang di Ukraina kepada banyak warga Rusia, tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar. Sumber pemerintah Ukraina mengatakan peretas Ukraina bertanggung jawab atas insiden tersebut, yang bertepatan dengan ulang tahun ke-72 Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Peretas Ukraina `mengucapkan selamat` kepada Putin atas ulang tahunnya dengan melakukan serangan berskala besar terhadap perusahaan penyiaran radio dan televisi milik negara Rusia," kata sumber tersebut kepada Reuters, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataan tersebut secara independen.

Surat kabar Rusia Gazeta.ru mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa serangan siber tersebut telah menargetkan layanan daring dan internal VGTRK, yang juga memiliki dan mengoperasikan stasiun radio dan banyak saluran TV regional.

"Penyiaran daring dan layanan internal terputus dan bahkan Internet dan telepon tidak berfungsi. Akan butuh waktu lama untuk memperbaikinya," kata sumber tersebut mengutip pernyataan tersebut.

"Saya mendengar mereka (para peretas) menghapus semuanya dari server, termasuk cadangan. Mereka telah bekerja dalam keadaan terkunci sejak pukul enam pagi." Berbicara di Moskow, Maria Zakharova, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, tidak mengatakan siapa yang berada di balik serangan itu tetapi mengatakan kepada wartawan bahwa media Rusia telah lama menjadi target dari apa yang disebutnya "Barat kolektif" dan mengatakan apa yang telah terjadi adalah bagian dari "perang hibrida".

Moskow akan mengangkat serangan siber di semua forum internasional, termasuk di UNESCO, badan PBB yang mempromosikan kebebasan berbicara, kata Zakharova.

KEYWORD :

Peretas Ukraina Siaran Nasional Ulang Tahun Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :