Rabu, 09/10/2024 06:29 WIB

Pertempuran dengan Hizbullah Meningkat, Hamas Disebut Israel Tidak Terorganisir

Pertempuran dengan Hizbullah Meningkat, Hamas Disebut Israel Tidak Terorganisir

Asap mengepul di pinggiran selatan Beirut setelah serangan, seperti yang terlihat dari Sin El Fil, Lebanon 7 Oktober 2024. REUTERS

YERUSALEM - Hizbullah menembakkan roket ke kota terbesar ketiga di Israel, Haifa. Sementara Hamas berjanji untuk bangkit lagi saat Israel tampak siap untuk memperluas serangannya ke Lebanon, setahun setelah serangan Hamas yang menghancurkan yang memicu perang Gaza.

Warga Israel mengadakan upacara dan protes pada hari Senin untuk menandai ulang tahun pertama serangan 7 Oktober terhadap Israel oleh kelompok militan Palestina Hamas saat konflik Gaza telah menyebar ke seluruh Timur Tengah dan memicu ketakutan akan perang regional habis-habisan.

Hamas, yang telah melihat wilayah Palestina di Gaza dihancurkan oleh perang Israel, bersumpah untuk bangkit "seperti burung phoenix" dari abu meskipun mengalami kerugian besar selama setahun pertempuran.

Pada hari Senin, Hizbullah yang didukung Iran, sekutu Hamas di Lebanon, mengatakan bahwa mereka menargetkan pangkalan militer di selatan Haifa dengan rudal "Fadi 1" dan melancarkan serangan lain di Tiberias, 65 km (40 mil) jauhnya.

Kelompok bersenjata itu kemudian mengatakan bahwa mereka juga menargetkan wilayah utara Haifa dengan rudal. Militer Israel mengatakan sekitar 190 proyektil memasuki wilayahnya pada hari Senin. Setidaknya ada 12 orang yang terluka.

Militer Israel mengatakan angkatan udara melakukan pengeboman besar-besaran terhadap target-target Hizbullah di Lebanon selatan dan dua tentara Israel tewas, sehingga jumlah korban tewas militer Israel di Lebanon menjadi 11 orang.

Serangan udara Israel telah menyebabkan 1,2 juta orang mengungsi di Lebanon, dan kampanye pengeboman Israel yang intensif telah membuat banyak warga Lebanon khawatir bahwa negara mereka akan mengalami skala kerusakan besar yang dilakukan Israel di Gaza.

Pasukan Israel mengeluarkan peringatan dalam bahasa Arab kepada para pengunjung pantai dan pengguna perahu untuk menghindari bentangan pantai Lebanon, dengan mengatakan bahwa mereka akan segera memulai operasi melawan Hizbullah dari laut.

Kementerian kesehatan Lebanon melaporkan puluhan kematian, termasuk 10 petugas pemadam kebakaran yang tewas dalam serangan udara terhadap sebuah gedung kota di daerah perbatasan. Sekitar 2.000 warga Lebanon telah tewas sejak Hizbullah mulai menembaki Israel setahun yang lalu sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas, sebagian besar tewas dalam beberapa minggu terakhir.

Militer Israel menggambarkan operasi daratnya di Lebanon sebagai "terlokalisasi, terbatas, dan terarah," tetapi skalanya terus meningkat sejak minggu lalu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan tujuannya adalah untuk membersihkan daerah perbatasan tempat para pejuang Hizbullah bersembunyi, tanpa rencana untuk masuk jauh ke Lebanon.

Sekutu negara adidaya Israel, Amerika Serikat, yakin operasi darat Lebanon terus dibatasi, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller pada hari Senin.

Konflik yang meningkat telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Amerika Serikat dan Iran akan terseret ke dalam perang yang lebih luas di wilayah penghasil minyak tersebut.

Iran meluncurkan rentetan rudal ke Israel pada 1 Oktober untuk mendukung Hamas. Israel mengatakan akan membalas dan mempertimbangkan pilihannya. Fasilitas minyak Iran merupakan target yang mungkin.

HAMAS BERJANJI UNTUK `BANGKIT SEPERTI PHOENIX`
Militan Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang ke Gaza pada 7 Oktober tahun lalu, menurut data Israel. Kelalaian keamanan Israel mengakibatkan hari paling mematikan bagi orang Yahudi sejak Holocaust Nazi.

Banyak orang Israel sejak itu mendapatkan kembali kepercayaan pada militer dan intelijen mereka yang telah lama dibanggakan setelah pukulan mematikan dalam beberapa minggu terakhir terhadap struktur komando pasukan proksi Iran, Hizbullah.

"Kami mengubah realitas keamanan di wilayah kami, demi anak-anak kami, demi masa depan kami, untuk memastikan bahwa apa yang terjadi pada 7 Oktober tidak terjadi lagi," Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada rapat kabinet di Yerusalem yang menandai peringatan perang Gaza.

Perang Israel telah menghancurkan Gaza menjadi puing-puing, menewaskan hampir 42.000 orang dan mengungsikan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya, kata otoritas kesehatan Palestina.

Israel mengatakan Hamas tidak lagi ada sebagai struktur militer yang terorganisasi dan telah direduksi menjadi taktik gerilya. Pejuang Hamas bertanggung jawab atas sedikitnya sepertiga dari sekitar 17.000 kematian warga Palestina di Gaza, kata pejabat Israel. Sekitar 350 tentara Israel telah tewas dalam pertempuran di Gaza.

Namun pemimpin Hamas di pengasingan Khaled Meshaal mengatakan kelompok Palestina itu akan bangkit lagi dan terus merekrut pejuang dan memproduksi senjata.

"Sejarah Palestina terbentuk dari siklus "Kami melewati fase-fase di mana kami kehilangan martir (korban) dan kami kehilangan sebagian kemampuan militer kami, tetapi kemudian semangat Palestina bangkit kembali, seperti burung phoenix, terima kasih kepada Tuhan."

Meshaal, yang selamat dari upaya pembunuhan Israel pada tahun 1997 setelah ia disuntik dengan racun dan menjadi pemimpin Hamas secara keseluruhan dari tahun 1996 hingga 2017, mengatakan kelompok militan Islam itu masih mampu melakukan penyergapan terhadap pasukan Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Hamas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :