Kamis, 10/10/2024 03:24 WIB

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Ingin Percepat Upayanya Jadi Negara Adikuasa Nuklir

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Ingin Percepat Upayanya Jadi Negara Adikuasa Nuklir

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara saat berkunjung ke Universitas Pertahanan Nasional di Pyongyang, Korea Utara, 7 Oktober 2024. KCNA via REUTERS

SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan negaranya akan mempercepat langkah menuju menjadi negara adikuasa militer dengan senjata nuklir dan tidak akan mengesampingkan kemungkinan menggunakannya jika diserang musuh, kantor berita negara KCNA mengatakan pada hari Selasa.

Kim menyebut nama Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol untuk kedua kalinya dalam seminggu saat mengecam Seoul karena berkolusi dengan Washington untuk mengacaukan kawasan itu demi menutupi fakta bahwa Seoul bahkan tidak memiliki senjata strategis yang memadai.

"Yoon Suk Yeol membuat beberapa komentar yang tidak pantas dan vulgar tentang berakhirnya Republik dalam pidatonya, dan itu menunjukkan bahwa dia benar-benar dikuasai oleh keyakinan butanya pada kekuatan tuannya," KCNA mengutip pernyataan Kim, mengacu pada aliansi Korea Selatan dengan AS.

"Sejujurnya, kami sama sekali tidak berniat menyerang Korea Selatan," katanya dalam pidato di Universitas Pertahanan Nasional Kim Jong Un, tempat pelatihan bagi spesialis militer elit. Iklan · Gulir untuk melanjutkan

"Setiap kali saya menyatakan posisi kami tentang penggunaan kekuatan militer, saya dengan jelas dan konsisten menggunakan kualifikasi `jika`. Jika musuh mencoba menggunakan kekuatan terhadap negara kita, militer Republik akan menggunakan semua kekuatan ofensif tanpa ragu-ragu. Ini tidak menghalangi penggunaan senjata nuklir."

"Langkah kita menuju menjadi negara adikuasa militer dan kekuatan nuklir akan semakin cepat," tambahnya.

Korea Utara telah puluhan tahun menjalankan program senjata nuklir dan diyakini memiliki cukup bahan fisil untuk membuat lusinan senjata. Negara itu telah melakukan enam uji ledakan nuklir bawah tanah.

Minggu lalu, Korea Selatan memperingati hari angkatan bersenjata tahunan dengan parade militer besar yang memamerkan rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak besar dan menampilkan pesawat pengebom strategis AS.

Dalam pidatonya hari itu, Yoon memperingatkan Korea Utara agar tidak menggunakan senjata nuklir. "Hari itu akan menjadi akhir rezim Korea Utara."

Korea Utara mungkin sedang membangun kapal selam baru, kata kementerian pertahanan Korea Selatan mengutip indikasi intelijen dalam sebuah laporan kepada anggota parlemen. Pada bulan Januari, Kim dilaporkan memerintahkan pembangunan kapal selam nuklir.

Pembangunan masih dalam tahap awal dan belum jelas apakah kapal tersebut merupakan kapal selam bertenaga nuklir, kata laporan tersebut.

Korea Utara juga tengah mengerjakan kapal selam tanpa awak yang dapat dikembangkan untuk membawa senjata nuklir, mungkin dengan bantuan Rusia, katanya.

KCNA mengatakan Kim menyampaikan pernyataan "kekuatan militer super" pada hari Senin, hari yang sama ketika Korea Utara mengatakan Majelis Rakyat Tertingginya akan bertemu untuk membahas amandemen konstitusi negara tersebut. Kantor berita tersebut tidak menyebutkan musyawarah majelis tersebut sejak hari Senin.

Sidang tersebut diawasi dengan ketat karena kemungkinan akan menyetujui amandemen konstitusi untuk mencerminkan pernyataan Kim bahwa penyatuan tidak mungkin lagi dan Korea Selatan adalah negara yang terpisah dan "musuh utama."

Langkah seperti itu akan meresmikan pemutusan hubungan Kim dengan tujuan lama yang dianut oleh kedua negara untuk penyatuan nasional dan upaya untuk meningkatkan hubungan, termasuk pertemuan puncak tahun 2018 di mana para pemimpin mereka menyatakan tidak akan ada lagi perang dan era perdamaian baru telah dibuka.

Dalam laporan terpisah, KCNA mengatakan Kim mengirim pesan ulang tahun kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, memanggilnya "Kamerad terdekatnya" dan mengatakan "hubungan strategis dan kooperatif" antara kedua negara akan ditingkatkan ke tingkat yang baru.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Yong-hyun mengatakan "ada kemungkinan besar" Korea Utara dapat mengerahkan pasukan untuk membantu Rusia dalam perang dengan Ukraina.

Kim juga mengatakan kepada parlemen yang mendengar berita bahwa laporan perwira militer Korea Utara telah tewas dalam serangan Ukraina di wilayah yang diduduki Rusia kemungkinan benar.

Kim Jong Un dan Putin pada bulan Juni mengadopsi kemitraan strategis yang komprehensif yang mencakup pakta pertahanan bersama.

Kedua negara telah membantah tuduhan oleh pejabat AS dan Korea Selatan bahwa Korea Utara memasok senjata ke Rusia.

KEYWORD :

Korea Utara Kim Jong Un Adikuasa Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :