Kamis, 10/10/2024 09:29 WIB

Penggemar Joker 2019 Terkejut dengan Ending Kontroversial di Sekuelnya Joker: Folie a Deux

Penggemar Joker 2019 Terkejut dengan Ending Kontroversial di Sekuelnya Joker: Folie a Deux

Joker: Folie a Deux yang dibintangi Lady Gaga dan Joaquin Phoenix. (FOTO: WARNER BROS.)

JAKARTA - Penggemar Joker tahun 2019 memiliki pendapat kuat tentang sekuel barunya.

Joker: Folie à Deux, film lanjutan yang sangat dinanti dari kisah asal-usul Batman yang terinspirasi dari DC Comics, telah mendapatkan tinjauan kritis yang beragam dan perolehan CinemaScore dan box office yang sangat rendah sejak dirilis pada 4 Oktober.

Film asli garapan sutradara Todd Phillips, sebagai perbandingan, meraup lebih dari $1 miliar secara global dan membuat aktor utamanya Joaquin Phoenix meraih Oscar untuk perannya sebagai Arthur Fleck alias Joker.

Joker: Folie a Deux, yang juga dibintangi Lady Gaga sebagai Harleen "Lee" Quinzel alias Harley Quinn, adalah film musikal dan drama ruang sidang yang menampilkan lebih sedikit kekerasan dan perubahan tematik yang signifikan dari Joker.

Namun, penggemar daring sebagian besar mempermasalahkan akhir yang mengejutkan dari sekuel tersebut, dengan beberapa menyatakan pujian dan yang lainnya kecewa — atau bahkan berteori bahwa itu adalah komentar meta pada film aslinya.

Pengguna X (dulunya Twitter) @KurzedZuko merangkum reaksi banyak penonton dengan memposting bahwa mereka adalah "pelawak sejati setelah meluangkan waktu di akhir pekan untuk menonton joker 2 dan melihat akhir film itu."

Pengguna lain, @captaincupkicks, menyebut film itu " benar-benar membuang-buang waktu ."

Bertentangan dengan akhir yang mengejutkan dari Joker: Folie a Deux, para penonton mencatat bagaimana hal itu dapat ditafsirkan sebagai komentar meta atas penerimaan film pertama.

Dikutip dari People, tentang film Joker yang asli menyebutnya sebagai "potret Incel psikotik yang menemukan pelepasan — validasi yang mengerikan — dengan menjadi penjahat yang senang membunuh."

Todd Phillips (53) telah menanggapi pertanyaan tentang apakah Joker tahun 2019 dapat menginspirasi kekerasan di dunia nyata dan menyatakan keterkejutannya atas kontroversi seputar penggambaran senjata api dalam film tersebut.

Pada tahun 2019, Joaquin Phoenix (49), meninggalkan sebuah wawancara ketika diminta untuk mempertimbangkan bagaimana penggambaran Arthur dalam film tersebut dapat menginspirasi pria-pria yang berpikiran sama.

Banyak penonton Joker: Folie a Deux menggunakan media sosial untuk membedah akhir cerita dalam konteks tersebut.

Peringatan spoiler: adegan terakhir menggambarkan pembunuhan Arthur di tangan seorang narapidana lain yang tidak disebutkan namanya di Rumah Sakit Arkham State.

Pembunuhnya tampak mengukir wajahnya sendiri menjadi senyuman yang mengerikan (mirip seperti Joker yang diperankan Heath Ledger dalam film laris Christopher Nolan tahun 2012 The Dark Knight ), yang menunjukkan bahwa dialah Joker yang secara kanonik menjadi musuh bebuyutan Batman.

Bagi pengguna X @punkscavenger, Joker: Folie a Deux “ benar-benar menghancurkan fantasi yang diciptakan film pertama,” sebuah tujuan yang “tepat seperti yang diinginkan Todd & para pemain.”

Dengan mengungkap Arthur hanya sebagai “seorang pria yang berjuang melawan masalah kesehatan mental,” mereka menambahkan, “dia tidak pernah menjadi pelawak, publik yang membuatnya menjadi pelawak.”

"Lelucon ini ditujukan kepada Anda dan seluruh masyarakat yang haus darah, yang mengharapkan pembunuhan, ledakan, kebakaran, dan gairah," tulis pengguna @iamixmael, yang menggemakan sentimen bahwa prioritas utama Todd Phillips dan rekan penulis Scott Silver adalah menggambarkan kesehatan mental.

Mengutip salah satu nomor musikal sekuel tersebut, mereka menambahkan, "Itulah Hiburan."

Pengguna Reddit AlanWakeUpNow menafsirkannya lebih jauh, menyebut sekuelnya sebagai " umpan kemarahan incel yang hebat " dan menulis, "Jika para incel tidak cukup marah sebelumnya, sekarang mereka akan sangat marah."

Pengguna X @TheDrStockdale setuju: "Film ini dirancang untuk mengganggu penggemar film pertama... ini adalah karya metafiksi."

Apa yang dimaksudkan tim Joker: Folie a Deux dengan menempatkan karakter seperti Joker di akhir cerita Arthur?

"Saya tidak suka memberikan definisi yang terlalu rinci tentang sebuah film sebelum film itu dirilis, karena Anda tidak ingin memberi tahu orang-orang apa yang harus dipikirkan," kata Todd Phillips secara eksklusif.

"Namun, orang-orang pasti akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan itu. Anda ingin film itu mencoba dan memiliki kehidupannya sendiri."

Berbicara kepada Variety pada bulan Agustus tentang kemungkinan Joker 3, pembuat film tersebut berkata, "Sangat menyenangkan bermain dalam kotak pasir semacam ini untuk dua film, tetapi saya pikir kami telah mengatakan apa yang ingin kami katakan di dunia ini."

Joker: Folie a Deux kini tayang di bioskop. (*)

 

 

 

KEYWORD :

Seputar Film Joker: Folie a Deux Joaquin Phoenix Gaga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :