Kamis, 10/10/2024 15:21 WIB

Korupsi Timah, Sandra Dewi Bersaksi dalam Persidangan Harvey Moeis

Sandra Dewi akan bersaksi untuk terdakwa sekaligus suaminya, Harvey Moeis

Sidang kasus dugaan korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah.

Jakarta, Jurnas.com - Sandra Dewi memenuhi panggilan sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015-2022 pada Kamis, 10 Oktober 2024

Sandra Dewi akan bersaksi untuk terdakwa sekaligus suaminya, Harvey Moeis dan kawan-kawan. Sidang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dia terlihat berbusana hitam memasuki ruang sidang Hatta Ali sekitar pukul 10.48 WIB. Sandra Dewi terlihat dikawal sejumlah pegawai kejaksaan dan kepolisian.

Tak ada yang disampaikan Sadra Dewi karena situasi yang ramai di ruang sidang. 

"Kenal Harvey Moeis?" tanya ketua majelis hakim Eko Aryanto kepada Sandra Dewi.

"Kenal Yang Mulia. Suami saya tercinta," jawab Sandra.

"Saudara tetap mau menjadi saksi?" tanya hakim lagi.

"Iya Yang Mulia, saya bersedia," kata Sandra.

Dalam persidangan hari ini, jaksa memanggil total 13 orang saksi untuk memberikan keterangan di hadapan majelis hakim. Para saksi itu sudah tiba semua di PN Jakpus.

Para saksi itu adalah Sandra Dewi, Kartika Dewi (adik Sandra Dewi), Ratih Purnamasari (asisten Sandra Dewi), Mira Moeis (adik Harvey), Helena Lim, Anggraeni (istri Suparta), Imelda, Taufik Hidayat (eks karyawan money changer), Chandra (Kacab Valas), Yuliana.

Selain itu juga ada tiga orang karyawan dari pihak bank yang jadi saksi yakni M Zubaidi, Cicih Oktavia, dan Bunito Wicaksono.

Harvey Moeis bersama sejumlah pihak lain didakwa merugikan keuangan negara sejumlah Rp300,003 triliun terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah IUP di PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Jumlah kerugian negara tersebut berdasarkan Laporan Hasil Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Tata Niaga Komoditas Timah di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk Tahun 2015 sampai dengan Tahun 2022 Nomor: PE.04.03/S-522/D5/03/2024 Tanggal 28 Mei 2024 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI).

Harvey dan crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Helena Lim disebut menerima Rp420 miliar.

Ia didakwa melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Selain itu, Harvey juga didakwa melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) sebagaimana yang diatur dan diancam pidana dalam Pasal 3 atau 4 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP.

Harvey diduga menggunakan uang yang diterimanya untuk membeli tanah, membayar sewa rumah, membeli sejumlah mobil, membeli 88 tas bermerek, membeli perhiasan, hingga untuk keperluan pribadi istrinya Sandra Dewi.

KEYWORD :

Korupsi Timah Kejaksaan Agung PT Timah Harvey Moeis Sandra Dewi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :