Jum'at, 11/10/2024 05:32 WIB

Berbicara dengan Biden, Netanyahu Tegaskan Balasan Israel ke Iran akan Menyakitkan

Berbicara dengan Biden, Netanyahu Tegaskan Balasan Israel ke Iran akan Menyakitkan

Seorang tentara Israel berdiri di samping sisa-sisa rudal balistik Emad di pangkalan militer Julis, Israel selatan, 9 Oktober 2024. REUTERS

WASHINGTON - Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan panggilan telepon pada hari Rabu di tengah ketegangan dengan Iran, sementara Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berjanji bahwa serangan Israel terhadap Iran akan "mematikan, tepat, dan mengejutkan."

Panggilan telepon selama 30 menit itu merupakan obrolan pertama Biden dan Netanyahu sejak Agustus dan bertepatan dengan meningkatnya konflik Israel dengan Iran dan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran, tetapi belum ada tanda-tanda gencatan senjata untuk mengakhiri konflik dengan Hamas yang didukung Iran di Gaza.

Panggilan telepon itu "langsung dan sangat produktif," kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan, sambil mengakui bahwa kedua pemimpin itu memiliki perbedaan pendapat dan terbuka tentang hal itu.

Timur Tengah telah gelisah menunggu tanggapan Israel terhadap serangan rudal minggu lalu yang dilakukan Teheran sebagai balasan atas eskalasi militer Israel di Lebanon. Serangan Iran itu pada akhirnya tidak menewaskan seorang pun di Israel.

Setelah menggambarkan serangan rudal Iran pada 1 Oktober sebagai kegagalan, Gallant mengatakan dalam sebuah video yang dikeluarkan oleh kantornya setelah panggilan telepon Biden-Netanyahu berakhir: "Siapa pun yang menyerang kita akan terluka dan akan membayar harganya. Serangan kita akan mematikan, tepat dan yang terpenting mengejutkan, mereka tidak akan mengerti apa yang terjadi dan bagaimana itu terjadi, mereka akan melihat hasilnya."

Netanyahu telah berjanji bahwa musuh bebuyutannya Iran akan membayar serangan rudalnya, sementara Teheran mengatakan setiap pembalasan akan ditanggapi dengan kehancuran besar, meningkatkan kekhawatiran akan perang yang lebih luas di wilayah penghasil minyak yang dapat menarik perhatian Amerika Serikat.

Amerika Serikat mengatakan mendukung Israel mengejar target yang didukung Iran seperti Hizbullah dan Hamas tetapi telah mencoba, tidak berhasil, untuk membendung konflik yang meningkat, untuk menengahi gencatan senjata di Gaza dan membujuk Israel untuk mengekang serangan roket di daerah permukiman yang telah menewaskan ribuan orang.

Hubungan antara Biden dan Netanyahu tegang, tegang karena penanganan pemimpin Israel terhadap perang di Gaza dan konflik dengan Hizbullah. Israel mengatakan akan meneruskan operasi militernya hingga warga Israel aman.

Dalam buku "War," yang akan terbit minggu depan, jurnalis Bob Woodward melaporkan bahwa Biden secara teratur menuduh Netanyahu tidak memiliki strategi, dan berteriak "Bibi, apa-apaan ini?" kepadanya pada bulan Juli, setelah serangan Israel di dekat Beirut dan di Iran.

Ketika ditanya tentang buku tersebut, seorang pejabat AS yang mengetahui interaksi kedua pemimpin di masa lalu mengatakan Biden telah menggunakan bahasa yang tajam, langsung, tanpa filter, dan penuh warna baik dengan maupun tentang Netanyahu saat menjabat.

Panggilan telepon hari Rabu adalah "panggilan telepon yang positif, dan kami menghargai dukungan AS," kata Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon kepada wartawan.

"Dan seperti yang kami nyatakan sebelumnya, Israel akan membalas serangan itu... Kami akan memilih lokasinya. Itu akan menyakitkan bagi rezim Iran," kata Danon.

Gallant membatalkan kunjungannya ke Pentagon pada hari Rabu, kata Pentagon. Gallant mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah menunda kunjungan tersebut atas permintaan Netanyahu hingga setelah perdana menteri berbicara dengan Biden.

Ketegangan meningkat dalam beberapa minggu terakhir karena pejabat AS berulang kali dikejutkan oleh tindakan Israel, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Ini termasuk pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah oleh Israel dan peledakan pager dan walkie-talkie yang digunakan oleh anggota Hizbullah di Lebanon yang tidak dikonfirmasi atau disangkal oleh Israel.

Israel juga lambat dalam membagikan rincian rencananya untuk membalas serangan rudal balistik Iran, kata orang tersebut.

Biden mengatakan Jumat lalu bahwa dia akan memikirkan alternatif untuk menyerang ladang minyak Iran jika dia berada di posisi Israel, seraya menambahkan bahwa dia pikir Israel belum menyimpulkan bagaimana menanggapi Iran. Minggu lalu, dia juga mengatakan dia tidak akan mendukung Israel menyerang situs nuklir Iran.

MASALAH PEMILU
Biden telah dilanda kritik tajam dari mitra internasional serta anggota Partai Demokratnya sendiri atas ketidakmampuannya untuk menggunakan pengaruh, termasuk peran AS sebagai pemasok utama senjata Israel, untuk mengekang serangan Netanyahu.

Selain itu, Kamala Harris, wakil presiden Biden Calon presiden dari Partai Demokrat dalam pemilihan umum 5 November, telah ditantang untuk membela kebijakan pemerintah di jalur kampanye. Harris bergabung dalam panggilan tersebut dengan Biden dan Netanyahu, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Beberapa pemilih Arab Amerika di Michigan mendukung kandidat independen Jill Stein, sebuah langkah yang dapat membuat Harris kehilangan negara bagian medan pertempuran dan mungkin Gedung Putih dalam persaingan dengan mantan Presiden Republik Donald Trump yang menurut jajak pendapat sangat ketat.

Harris tertinggal dari Trump di Michigan dengan 47% pemilih dibandingkan 50%, jajak pendapat Universitas Quinnipiac yang baru menunjukkan pada hari Rabu. Dalam jajak pendapat 18 September, Harris memperoleh 50% suara dan Trump 45%.

Israel dan Netanyahu khususnya telah menghadapi kecaman luas atas hampir 42.000 warga Palestina yang tewas dalam perang Gaza, menurut kementerian kesehatan Palestina di Gaza yang diperintah Hamas, dan kematian lebih dari 2.000 orang di Lebanon. Israel mengatakan pihaknya membela diri setelah militan Hamas menyerang Israel selatan pada 7 Oktober 2023, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 250 orang, menurut penghitungan Israel, dan dari serangan militan lain termasuk Hizbullah yang mendukung Hamas.

KEYWORD :

Israel Iran Eskalasi Timur Tengah Biden Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :